Kymco Community  

Go Back   Kymco Community > Seputar Masalah Teknis > Bengkel Online > Seputar kelistrikan

Reply
 
Thread Tools Display Modes
  #1  
Old 07-16-2011, 02:09 PM
ugo slav ugo slav is offline
Member
First Attack
 
Join Date: Jul 2011
Location: bekasi
Posts: 34
Default Aki sering bgt abis stroom

motor trend2k ane ga punya engkol.. jadi sangat mengandalkan electric starter,, dalam 1 bulan ini sudah sangat menyusahkan pada masalah kelistrikan.. 3x ganti aki,3x ganti bendik (relay),1x ganti CDI, sekarang udah pake aki standar n beli bendik ori udah mendingan c.. tapi kok aki cepet bgt tekor ya?? apa karena sistem headlamp nya ya??
Reply With Quote
  #2  
Old 07-16-2011, 03:00 PM
Djolodot's Avatar
Djolodot Djolodot is offline
Senior Member
Virus Lovers
 
Join Date: May 2011
Location: Wisma Penjaringansari, Surabaya
Posts: 933
Post

Quote:
Originally Posted by ugo slav View Post
motor trend2k ane ga punya engkol.. jadi sangat mengandalkan electric starter,, dalam 1 bulan ini sudah sangat menyusahkan pada masalah kelistrikan.. 3x ganti aki,3x ganti bendik (relay),1x ganti CDI, sekarang udah pake aki standar n beli bendik ori udah mendingan c.. tapi kok aki cepet bgt tekor ya?? apa karena sistem headlamp nya ya??
maap,saya tidak ahli hal permotoran, tapi untuk aki yang sering drop, penaggulangan darurat nya :

- pasang swich, bila motor parkir dgn waktu yg lama / malam hari lagi motor ga dipakai di OFF kan, saat motor mau distarter di ON kan.(jadi hanya membuat putus/sambung kabel ke accu).

Cara ini jelas bukan solusi permanen, hanya darurat, krn hampir pasti ada korsleting/atau apalah yg menyebabkan strom terbuang (sdh kaya ahlinya aja ngomong ni ye),

Cara ini meniru metica teman yg accu habis dalam semalam, dgn cara darurat tadi sementara solved, sambil cari kesempatan harus ngurut semua wirring di kelistrikan motor

Solusi terbaaik, ya harus ke ahlinya.

Mohon maaf bila tidak berkenan/salah.


bro AA, dan suhu2 lain, bantuin dong
__________________
w a s s a l a m , ......
- pamudjo, surabaya
Reply With Quote
  #3  
Old 07-16-2011, 03:19 PM
Bening's Avatar
Bening Bening is offline
Senior Member
Virus Doctor
 
Join Date: Oct 2009
Location: Serang Baru,Bekasi
Posts: 2,846
Default

Quote:
Originally Posted by ugo slav View Post
motor trend2k ane ga punya engkol.. jadi sangat mengandalkan electric starter,, dalam 1 bulan ini sudah sangat menyusahkan pada masalah kelistrikan.. 3x ganti aki,3x ganti bendik (relay),1x ganti CDI, sekarang udah pake aki standar n beli bendik ori udah mendingan c.. tapi kok aki cepet bgt tekor ya?? apa karena sistem headlamp nya ya??
coba cek pengisiannya normal apa tidak....pake multitester.....pengisian normal di range 12,8 s/d 14,5 volt DC cemiwiw....
btw...memang sistem headlampnya gimana ..? pake yang berapa Watt..? kl menurut ane dalam 1 bulan bisa 3 kali ganti aki ,3 kali ganti relay...mah dah parah banget......cek dulu sumber permasalahan....dalam hal ini pengisian tentunya.....spulkah, kiprok kah atau sistem perkabelannya yang sudah gak normal......nanti pasti ada solusi dari para suhu......
__________________
Ningrat
Pinky
Tebe
Marmut
GenDruwo
Reply With Quote
  #4  
Old 07-16-2011, 05:00 PM
Riza's Avatar
Riza Riza is offline
Super Moderator
Imunnized
 
Join Date: Feb 2007
Location: Yogyakarta
Posts: 13,031
Send a message via Yahoo to Riza
Default

Jawaban Pak Bro Djolodot dan Mas Bro Bening sudah bagus.
Penyebab rusaknya kiprok:
1. kena air, lantaran nyucinya terlalu mantabf, saking mantabnya lepas semua body, semprot kabel-kabelnya dengan air, hasilnya langsung bisa dirasaken. Yg terakhir karena bencana alam, force majeur. Sebenarnya ada juga yg rusak tanpa sebab, ini kata Mas Bro AA dapet jackpot
2. aki kendor, shg saat jalan ngepong shg malah overcharge (kalau lepas sih malah ga ngisi langsung terlihat masalahnya), aki jadi sempoyongan + kiprok kerja keras, penyebabnya jarang dirawat, asal pakai motor, pastikan tiap ganti oli lepas aki, pasang lagi dengan properly, lumasi dengan vet, guna menghindari korosi/keluar putih-putihnya.

Tanpa perawatan itu siap-siap dana ganti aki, ganti kiprok dan ganti parts kelistrikan lainnya, spt CDI, lampu-lampu dll.
Hehehe... jadi sebenarnya yg ga mau merawat itu pasti lebih mapan ekonominya, kalau ada part rusak ganti baru
Maaf hanya bisa ngomong thok, soalnya yg hrs merawat adalah yg punya.

Salam sukses bagi semuanya, semoga tabungannya segera menumpuk untuk bisa upgrade BPKBnya baik yg Kymco lebih seger atau bahkan Kymco yg tahun 2011
__________________

Ride a Legend !!! Ride Safe and Live Free !!!!!!!

Last edited by Riza; 07-16-2011 at 05:02 PM.
Reply With Quote
  #5  
Old 07-16-2011, 06:00 PM
Ado's Avatar
Ado Ado is offline
Senior Member
Virus Lovers
 
Join Date: Oct 2008
Posts: 652
Default

Tambahan utk solusi sementara kalo Accu gampang drop, pasang/tarik 1bh kabel merah Plus dari Accu(paralel) keluar body secukupnya & ujungnya dibungkus yg aman/solatip/socket, tiap malem sambil kita tidur itu Accu dicas pake adaptor 12V(13-14V) yg kecil aja 1A-3A plusnya ke kabel yg baru ditarik tadi ,minusnya ke body logam T2K ....
Reply With Quote
  #6  
Old 07-16-2011, 11:55 PM
ugo slav ugo slav is offline
Member
First Attack
 
Join Date: Jul 2011
Location: bekasi
Posts: 34
Talking

tengkyu buat pencerahannya.. memang sepertinya permasalahan dari kiprok.. bulan lalu memang sempet motor di cuci sama adik sampe semprot bagian dalam cover depan.. insyaallah besok mau maen ke bengkel larasati nyembuhin semua penyakitnya..
Reply With Quote
  #7  
Old 07-17-2011, 12:41 AM
adji alex's Avatar
adji alex adji alex is offline
Senior Member
Living Virus
 
Join Date: Jun 2009
Location: s0eRabaJa
Posts: 3,730
Default

Quote:
Originally Posted by ugo slav View Post
tengkyu buat pencerahannya.. memang sepertinya permasalahan dari kiprok.. bulan lalu memang sempet motor di cuci sama adik sampe semprot bagian dalam cover depan.. insyaallah besok mau maen ke bengkel larasati nyembuhin semua penyakitnya..
Pastikan kiprok yg dibeli adlh ori taiwan,bukan ori cikarang.
Part ini ibarat berdiri di tengah arah mata angin.
Dia bisa mukul kemana2 jika konslet.
Mau ke CDI n koil bisa,mau ke kabel bodi dan panel2 bs,mau mukul spul juga bs,ke aki dan dinamo dah tahu sndr kan? Mau ke semua arah juga bs.
Be wise n careful before u buy it...
__________________
Pembelian/pemesanan KYMCO GENUINE PART, service maupun modifikasi mesin
call/SMS 087851567373.

Surabaya Kymco Garage,The Art of Tuning itself...

Agak gila,RSJ...
Setengah gila,juga RSJ...
Enak jd Anjing Gila,keluyuran kemana mana...
Reply With Quote
  #8  
Old 07-23-2011, 02:34 AM
ugo slav ugo slav is offline
Member
First Attack
 
Join Date: Jul 2011
Location: bekasi
Posts: 34
Default

Quote:
Originally Posted by Ado View Post
Tambahan utk solusi sementara kalo Accu gampang drop, pasang/tarik 1bh kabel merah Plus dari Accu(paralel) keluar body secukupnya & ujungnya dibungkus yg aman/solatip/socket, tiap malem sambil kita tidur itu Accu dicas pake adaptor 12V(13-14V) yg kecil aja 1A-3A plusnya ke kabel yg baru ditarik tadi ,minusnya ke body logam T2K ....
thx om saya udah praktekan buat saklar..lumayan mengatasi n membantu
Reply With Quote
  #9  
Old 07-23-2011, 07:10 AM
abanganton's Avatar
abanganton abanganton is offline
Senior Member
Virus Doctor
 
Join Date: Jan 2008
Location: Bintaro Permai II/2
Posts: 2,266
Default

tambahin aja, sekadar sharing pengalaman walau saya nubie soal perlistrikan motor...

beberapa hari lalu si Kodok Ijo ku aki nya melemah, ditandai dengan tidak kuatnya start jempol, klakson, lampu sen redup, dan tidak terangnya lampu utama/headlamp.

curiga sama akinya yang dibeli dari masbro Rosyadibad, yang sudah 3 tahun 2 bulan lalu dipasang sudah mulai melemah...

aki seperti tidak ngisi saat mesin hidup, jadi aki spt habis terkuras setrumnya perlahan-lahan... (motor pake siang doang). Sayang tidak punya multitester...

cek semua sekering dan koneksi kabel dekat aki. oke semua....
inget pernah utak atik konektor dari sepul/pembangkit, cek di sana, dan soketnya sangat longgar...!
ungkit dikit konektornya supaya jepitannya perawan lagi, lalu test hidupkan mesin. 15 menit kemudian matikan masin, dan restart jempol... hasilnya jreengg... maknyuss...

ternyata penyebabnya memang konektor sumber listrik dari pembangkit itu yang longgar...
sudah 3 hari belakangan normal lagi deh... ternyata accu yang sudah aki-aki (3 tahun 2 bulan) masih tokcer...

semoga berguna...
__________________
email me to :
fanthony@kymco.or.id
abanganton@gmail.com
Penunggang Si Kodok Ijo & si Aat
Reply With Quote
  #10  
Old 07-23-2011, 10:00 AM
D 1 0's Avatar
D 1 0 D 1 0 is offline
Senior Member
Virus Addicted
 
Join Date: Feb 2011
Location: Jakarta Timur
Posts: 436
Send a message via Yahoo to D 1 0
Default

Mending lanjut cek ke bengkel bro, kalo udah listrik rembet kemana2 bahaya, .... bukan bahaya kebakaran tapi bahaya kantong jebol, belon repot mo pergi tiba2 mendadak ga bisa stater gitu, hayah ribet
Mending ganti kabel2 body semua kalo motor lawas mah, biasanya udah pada keras tuh kabel body
Masih pake sikring ga bro, apa udah di cabut ???
__________________
nyaman, tenang & irit ....... pokoke mantabh
Reply With Quote
Reply

Thread Tools
Display Modes

Posting Rules
You may not post new threads
You may not post replies
You may not post attachments
You may not edit your posts

BB code is On
Smilies are On
[IMG] code is On
HTML code is Off

Forum Jump


All times are GMT +8. The time now is 06:21 AM.


Powered by vBulletin® Version 3.8.4
Copyright ©2000 - 2014, Jelsoft Enterprises Ltd.
Kymco Indonesia Community