PDA

View Full Version : Menyoal ACCU KERING


Djolodot
03-10-2012, 06:23 PM
Seperti kita tahu, KYMCO kita mayoritas menggunakan BATTERY MINTENANCE FREE/ AKI KERING.

Selama ini setahu saya, setiap ada masalah dengan aki kering, solusinya adalah GANTI AKI (dengan aki baru).

Pertanyaan : apakah aki kering tidak bisa/tidak boleh, di RE-CHARGE (stroom ulang) seperti AKI BIASA ?

Atau bagaimana?

Mohon pencerahan para suhu, para pakar di sini.

nb :
mohon maaf kalau hal ini mungkin pernah dibahas.

Riza
03-10-2012, 09:05 PM
Justru jika sudah ngedrop (misalnya karena lupa matiin kunci kontak) harus direcharge ulang selama 4 jam, pakai charger yg sesuai, slow charging lebih diutamakan.
Menurut pengalamanku selama 12 tahun terakhir pakai aki kering di Kymco, aki kering yg sudah ngedrop tidak bisa full kembali dengan hanya menjalankannya untuk sehari-hari (rata-rata kita jalan kan paling 30 menit lalu berhenti). Mungkin kalau dipakai touring 4 jam nonstop mungkin bisa full charged, tapi saya belum pernah touring 4 jam nonstop hanya untuk recharge aki yg ngedrop.

Bahkan, toko aki menyarankan tiap bulan direcharge selama 4 jam, ini jg blm pernah iseng aku lakukan.

Khusus aki yg sudah mau mati, setelah ga kuat starter electricnya (misalnya di pagi hari) direcharge dulu sebelum diganti, biasanya akan bertahan seminggu-duaminggu, setelah berulang-ulang semakin cepat minta recharge, akhirnya minta recharge lagi tiap hari, di titik ini sebaiknya diganti => memperpanjang usia aki, khususnya aki kering.

Aki apapun periksalah setiap ganti oli kekencangan kabelnya, lebih baik dilepas/dikendori lagi dikencangkan lagi scr properly lebih baik lagi dilumasi/dilapisi dengan grease.

Djolodot
03-11-2012, 06:50 AM
terima kasih mas RIZA, jadi rodo jelas sekarang.

Pertanyaan diatas muncul. ketika aki yang drop dibawa ke tukang charge, ditolak,
mereka tidak berani nge cas, takut "meledak" katanya.

Mungkin karena mereka nge cas aki secara berjamaah, atau karena mereka malas memperlakukan aki kering ini secara khusus (slow charge).
Kalau kita melakukan cas sendiri dirumah, apa ada charger khusus yang bisa di beli, atau bisa menggunakan charger portable (biasanya berfungsi juga sebagai adaptor).
Bila bisa, bagaimana kita bisa ngecas dengan aman ?

Saya pernah juga lihat, ada bengkel motor yang nge cas aki kering manggunakan adaptor laptop, dengan melepas resistor (yang menthol di tengah2 kabel).
Dikatakan, dengan "alat" itu cukup 2jam untuk menyegarkan aki. (???)

Kalau berkenan mohon pencerahannya lagi, maklum saya awam surawam.
Terima ksih sebelumnya.

Riza
03-11-2012, 09:26 AM
Adaptor laptop berapa volt? Tidak bisa sembarangan pakai itu, biasanya 20V lebih lho, ini jelas merusak aki, makanya mungkin lantas ga berani lama-lama.
Jadi pakai adaptor laptop itu tidak hanya quick charging lagi, tapi pemerkosaan. Tidak usah dicoba pasti rusak :D
Langsung meluncur ke toko elektronik terdekat, tanya-tanya saja di sana.
Chargerku dulu beli sekitar 25rb, tapi ya ini jaman bapakku lho, mungkin 30 tahun lalu, saya masih SMP, masih bisa digunakan sampai sekarang meski full berkarat.
Itupun jadi seperti piala bergilir Kymco-er deket rumah, lha dipinjam kesana-kemari :D
Kalau mau pinjam silaken mampir MGH ;)

Di luar negeri setruman aki itu terkenal dengan nama battery tender. Aneh mmg di Indonesia ga ada yg jual, atau mungkin saya yg ga tahu :rolleyes:

pandupradana
03-11-2012, 09:37 AM
numpang duduk manis di trit yg penting ini ya mas..

sekalian nanya..td adaptornya kalo boleh tau merk nya apa ya?trus kira2 sembarang toko eletronik ada ga?
makasih..

Riza
03-11-2012, 09:42 AM
Punyaku kayaknya ga ada merknya, hanya rakitan lokal saja kayake, mungkin dulu yg merakit toko elektronikanya.
Toko elektronika itu yg jual parts elektronika semacam resistor, transistor, LED, capasitor dll. itu lho. Pasti di deket rumah Anda semua ada, yakin ga sampai 2km.

Kalau yg tidak dikasih box mungkin kayak gini ini:
http://img534.imageshack.us/img534/9302/19022010165.jpg
Tapi jauhkan dari jangkauan anak-anak, PASTI NYETRUM!!!

Nah ketemu nih yg mirip punyaku 5 amperes dan ada ampere meternya:
http://www.jakartalantern.com/components/com_virtuemart/shop_image/product/Charger_Aki_Moto_4d0f2e03c7ee9.jpg
Hrg sekarang 350rb belum ongkos kirim kalau beli online, hrg nya sudah 14 kali lipat :(

jeffry
03-11-2012, 11:05 AM
nice info uum riza...besok senin muter aaahh...masa di seputaran kantor nggak ada...secara orang yg di daerah aja banyak yg ke daerah kantor saia buat belanja...pan kantore ning glodok deketnya uum RJ...ooo ia uum kmarin saia dah ngerasain kopi joss yg di depan hotel tugu...samping rel kereta,tapi dah jam 2 pagi mo balik jakarta dari solo...jadi nggak mampir...secara naik si trend 2000 ngejar waktu ke jakarta lewat purworejo...

pandupradana
03-11-2012, 11:15 AM
nice info uum riza...besok senin muter aaahh...masa di seputaran kantor nggak ada...secara orang yg di daerah aja banyak yg ke daerah kantor saia buat belanja...pan kantore ning glodok deketnya uum RJ...ooo ia uum kmarin saia dah ngerasain kopi joss yg di depan hotel tugu...samping rel kereta,tapi dah jam 2 pagi mo balik jakarta dari solo...jadi nggak mampir...secara naik si trend 2000 ngejar waktu ke jakarta lewat purworejo...

dah um jeff...sekalian aja reseller...siapa tau bisa jual di sinih....
:D

bwt mas riza,tx inpohnya...tak nyari juga ah...

renzpie
03-11-2012, 11:22 AM
Sudah diulas secara panjang dan lebar oleh mas Riza.

Tambahan dari saya, kalau kondisi fisik accu sudah menggelembung, berarti sudah saatnya ganti.

Dan mungkin bukan accu kering kali, yach?

Accu kering setau saya benerean kering alias tidak menggunakan cairan, kaya batere UPS atau yang sekarang ada pakai gel seperti motobatt.

Yang terakhir, harganya larang tenan.

Untuk charger, saya pakai krisbow, beli di Ac* Hardware. 200k-an 3 tahun yang lalu.

Ado
03-11-2012, 12:08 PM
Ikut nambahin :

Umumnya Accu kering umurnya tergantung dari 2 variable :
1.Temperatur saat idle & saat bekerja, semakin dingin semakin lama lifetime nya
2.Banyaknya Charging(Cycle), semakin sering di charge semakin pendek umurnya

Untuk mengoptimalka point 1, bisa dipasang alumunium foil di sekeliling casing/tempat Accu biar Accu lebih adem dari udara luar casing atau casing/tempat Accunya diberi ventilasi yg banyak plus "airscope" agar saat motor berjalan si Accu dapat angin segar. Juga hindari parkir di tempat2 yg Hot/no roof pd siang hari....

Utuk point2 bisa diakalin dgn menjadwalkan Slowcharge saat motor gak digunakan, misal 1Minggu 1x, karena saat kondisi Accu sudah penuh, ketika mesin menyala Kiprox akan otomatis me cut off proses charging ke Accu, jadi Accu akan lebih jarang dicharge oleh mesin melalui Kiprox/Regulator krn Kiprox dapet report Accu "already full"... Untuk keperluan ini sebaiknya dipasang Car Lighter seperti pada Like, sehingga saat mo nge cas tinggal colok saja, gak usah bongkar Accu nya....

Adapun Slowcharge adl arus max 10% dari kapasitas Accu, misal utk Accu 10A cukup dicharge dengan Adaptor 2A saja (sangat murah kok), itupun yg digunakan hanya 1A agar Adaptor tidak panas(krn hanya bekerja 50% max current) .....

jeffry
03-11-2012, 12:13 PM
Sudah diulas secara panjang dan lebar oleh mas Riza.

Tambahan dari saya, kalau kondisi fisik accu sudah menggelembung, berarti sudah saatnya ganti.

Dan mungkin bukan accu kering kali, yach?

Accu kering setau saya benerean kering alias tidak menggunakan cairan, kaya batere UPS atau yang sekarang ada pakai gel seperti motobatt.

Yang terakhir, harganya larang tenan.

Untuk charger, saya pakai krisbow, beli di Ac* Hardware. 200k-an 3 tahun yang lalu.

siaap meneer renzpie...brarti grup nya kawan lama sejahtera juga tokonyah...brarti ada di kantor sayah itu mah...

Djolodot
03-11-2012, 12:16 PM
genah tenan mpun mas RIZA,

- pertanyaan ku yang satu sudah di wakili mas Pandupradana, dan jawaban sudah jelas juga.

- yang banyak dijual ya CHARGER/ADAPTOR mas, rakitan atau bikinan (pasar genteng, surabaya) biasane dengan merk jepang2 an.

- iya mas, terima kasih, karena memang perlu, jadi sebaiknya kita punya, tak ke pasar genteng.

@mas renzpie, @mas ADO terima ksih tambahan nya.

"kymco selalu dihati"

pandupradana
03-11-2012, 12:30 PM
Ikut nambahin :

Umumnya Accu kering umurnya tergantung dari 2 variable :
1.Temperatur saat idle & saat bekerja, semakin dingin semakin lama lifetime nya
2.Banyaknya Charging(Cycle), semakin sering di charge semakin pendek umurnya

Untuk mengoptimalka point 1, bisa dipasang alumunium foil di sekeliling casing/tempat Accu biar Accu lebih adem dari udara luar casing atau casing/tempat Accunya diberi ventilasi yg banyak plus "airscope" agar saat motor berjalan si Accu dapat angin segar. Juga hindari parkir di tempat2 yg Hot/no roof pd siang hari....

Utuk point2 bisa diakalin dgn menjadwalkan Slowcharge saat motor gak digunakan, misal 1Minggu 1x, karena saat kondisi Accu sudah penuh, ketika mesin menyala Kiprox akan otomatis me cut off proses charging ke Accu, jadi Accu akan lebih jarang dicharge oleh mesin melalui Kiprox/Regulator krn Kiprox dapet report Accu "already full"... Untuk keperluan ini sebaiknya dipasang Car Lighter seperti pada Like, sehingga saat mo nge cas tinggal colok saja, gak usah bongkar Accu nya....

Adapun Slowcharge adl arus max 10% dari kapasitas Accu, misal utk Accu 10A cukup dicharge dengan Adaptor 2A saja (sangat murah kok), itupun yg digunakan hanya 1A agar Adaptor tidak panas(krn hanya bekerja 50% max current) .....

mas..maaf nanya...
untuk yg point 1...kalo di kasi alumunium foil ga malah jd tambah panas???
maaf ane ga mudeng...
ky free EX ane kan tpt aki di dek tuh...nglekeb geto...ga ada ventilasi blas...
makasih mas...

Ado
03-11-2012, 12:40 PM
genah tenan mpun mas RIZA,

- pertanyaan ku yang satu sudah di wakili mas Pandupradana, dan jawaban sudah jelas juga.

- yang banyak dijual ya CHARGER/ADAPTOR mas, rakitan atau bikinan (pasar genteng, surabaya) biasane dengan merk jepang2 an.

- iya mas, terima kasih, karena memang perlu, jadi sebaiknya kita punya, tak ke pasar genteng.

@mas renzpie, @mas ADO terima ksih tambahan nya.

"kymco selalu dihati"

Nambahin satu lagi, idealnya untuk charger dipilih Adaptor/Regulator yang Vout nya bisa diatur(Adjustable) 0-20VDC dan ada Amp meternya(jarum/digital) atau saat ngecas dipasang Amp meter(AVO meter yg ada Amp nya) sehingga kita dapat selalu memonitor & mengatur sendiri arus pengisian(bisa di set very slow charge 0.5A=Accu lebih awet atau fast charging 3A=lagi buru2) dengan menyetel Vout Charger, toh dengan hukum Ohm si Accu akan menstabilkan tegangan di 12-13VDC & arus pengisian akan berubah saat kita mainkan Vout Charger/Adjastable adaptor diatas 12VDC....

Nantinya Adjustable PSU ini bisa dipake buat ngecas Rechargeble Battere apapun(AA,AAA,SLA ,etc) dengan menyesuaikan Vout nya saja....

Ado
03-11-2012, 12:43 PM
mas..maaf nanya...
untuk yg point 1...kalo di kasi alumunium foil ga malah jd tambah panas???
maaf ane ga mudeng...
ky free EX ane kan tpt aki di dek tuh...nglekeb geto...ga ada ventilasi blas...
makasih mas...

Yg ini utk Accu yg posisinya di area panas(deket mesin) agar panas mesin gak langsung menyerang Accu, kalo yg jauh dr mesin malah pilih di ventilasiin aja hehehe....

Djolodot
03-11-2012, 01:27 PM
Nambahin satu lagi, idealnya untuk charger dipilih Adaptor/Regulator yang Vout nya bisa diatur(Adjustable) 0-20VDC dan ada Amp meternya(jarum/digital) atau saat ngecas dipasang Amp meter(AVO meter yg ada Amp nya) sehingga kita dapat selalu memonitor & mengatur sendiri arus pengisian(bisa di set very slow charge 0.5A=Accu lebih awet atau fast charging 3A=lagi buru2) dengan menyetel Vout Charger, toh dengan hukum Ohm si Accu akan menstabilkan tegangan di 12-13VDC & arus pengisian akan berubah saat kita mainkan Vout Charger/Adjastable adaptor diatas 12VDC....

Nantinya Adjustable PSU ini bisa dipake buat ngecas Rechargeble Battere apapun(AA,AAA,SLA ,etc) dengan menyesuaikan Vout nya saja....

yes mas ADO, terima kasih ,

ini tambahan ilmu untuk bekal berangkat ke pasar genteng (glodok nya surabaya), buat blanja charger

pandupradana
03-16-2012, 12:57 PM
Nambahin dikit dri forum sebelah...
bukan ane yg jualan si....
boleh link aja kan???
http://www.kaskus.us/showthread.php?t=13474950

Erwin zwardy
03-16-2012, 02:36 PM
Ane ada plan mau pergi lama, pastinya m0t0r dtinggal. Ada rencana mau charge akiDg charger p0rtable via timer st0p k0ntak(bisa seting waktu st0p k0ntak 0n-0ff running tiap hr). Jd tiap hr di seting charge aki ckup 0.5 jam (mati 0t0matis).
Uda ada yg c0bakah dg trik charging aki diatas? Ckup 0.5 jam charging tiap hari terus selama 2 mggu.

Jack
03-16-2012, 02:47 PM
Kalau untuk motor yg ditinggal lama/atau tidak dipakai sama sekali dlm jangka waktu lama, saya biasa lepas kabelnya dari aki...

pandupradana
03-16-2012, 02:48 PM
Ane ada plan mau pergi lama, pastinya m0t0r dtinggal. Ada rencana mau charge aki p0rtable via timer st0p k0ntak(bisa seting waktu st0p k0ntak 0n-0ff running tiap hr). Jd tiap hr di seting charge aki ckup 0.5 jam dst(mati 0t0matis).
Uda ada yg c0bakah dg trik charging aki diatas? Ckup 0.5 jam charging tiap hari.

mas erwin,nanya...
itu motornya berarti di modif jd bisa idup mati sendiri mesin nya gitu ya mas???
biar ngecas??
cara modifnya gimana mas??
:confused:

Erwin zwardy
03-16-2012, 03:02 PM
Jack@ maunya bgtu, tp biasanya tetap drop bila lepas aki tanpa charge selama seminggu lbh.

Pandu@via alat timer st0pk0ntak yg bnyk djual bro. Jd cukup lepas aki, trus charge dg alatnya via timer ini,

http://img264.imagevenue.com/loc459/th_80353_a.timer_122_459lo.jpg (http://img264.imagevenue.com/img.php?image=80353_a.timer_122_459lo.jpg)

pandupradana
03-16-2012, 03:18 PM
^^
oh....
baru mudeng....
bener juga ya mas....

phedot
03-16-2012, 04:53 PM
Jack@ maunya bgtu, tp biasanya tetap drop bila lepas aki tanpa charge selama seminggu lbh.

Pandu@via alat timer st0pk0ntak yg bnyk djual bro. Jd cukup lepas aki, trus charge dg alatnya via timer ini,

http://img264.imagevenue.com/loc459/th_80353_a.timer_122_459lo.jpg (http://img264.imagevenue.com/img.php?image=80353_a.timer_122_459lo.jpg)

Kayak nya ya Um EZ... lebih mahal stop kontak timer di banding alat charge yg di tunjukin ma Um Panduprana deh. Ane punya alat ntu, emang seh praktis, n kayak nya emang bisa seperti yg Um EZ bilang sblom nya deh.....

Erwin zwardy
03-16-2012, 05:23 PM
Cuma 30rb harga timer tsb bro phed0t...

abanganton
03-16-2012, 05:28 PM
meng ngemeng soal aki kering, ada yg mau jual aki kering (mf) baru tapi second nggak?
punya sy yg kepasang di si kodok ijo, beli second tapi barang baru dari bro rosyadibad 4 taon lalu... mulai letoy setrumnya...
kali aja... ;)

LutFi
03-16-2012, 07:06 PM
Ane ada plan mau pergi lama, pastinya m0t0r dtinggal. Ada rencana mau charge akiDg charger p0rtable via timer st0p k0ntak(bisa seting waktu st0p k0ntak 0n-0ff running tiap hr). Jd tiap hr di seting charge aki ckup 0.5 jam (mati 0t0matis).
Uda ada yg c0bakah dg trik charging aki diatas? Ckup 0.5 jam charging tiap hari terus selama 2 mggu.

Om EZ, boleh kasih masukan,
kalau dirumah ada orang yg jaga, boleh dicoba trik diatas.
Kalo rumah juga ikut ditinggal kosong, baik na jangan, untuk mencegah overcharge / meledak / kebakaran.
Meskipun alat charger kita bisa otomatis off kalau terisi penuh, tapi kondisi dlm batre/accu tidak bisa dilihat mata telanjang.
Ane pernah ngalamin batre pas dicharge meledak keluar asap.

Erwin zwardy
03-16-2012, 07:31 PM
Om EZ, boleh kasih masukan,
kalau dirumah ada orang yg jaga, boleh dicoba trik diatas.
Kalo rumah juga ikut ditinggal kosong, baik na jangan, untuk mencegah overcharge / meledak / kebakaran.
Meskipun alat charger kita bisa otomatis off kalau terisi penuh, tapi kondisi dlm batre/accu tidak bisa dilihat mata telanjang.
Ane pernah ngalamin batre pas dicharge meledak keluar asap.

Iya bro Lutfi, mangkanya td ane k0nfirmasi apa uda ada yg melakuken hal yg sama tp menggunakan Timer(aut0matis switch 0ff-0n harian).
Dgn asumsi charging slow selama 30 menit, pd malam hari(charges nya). ane asumsikan riding 30menit (20km) buat charge aki keknya cukup loading arus akinya buat harian...

Rudianto
03-17-2012, 10:41 AM
Maap, mohon informasinya barangkali diantara rekan2 sekalian ada yg tau dimana bisa beli accu kering merk motobatt...
Dulu pernah beli dr Om Vian, awet gak pernah ada masalah..
matur suwun sebelumnya..

keke
03-17-2012, 11:00 AM
Maap, mohon informasinya barangkali diantara rekan2 sekalian ada yg tau dimana bisa beli accu kering merk motobatt...
Dulu pernah beli dr Om Vian, awet gak pernah ada masalah..
matur suwun sebelumnya..

mantap om di merk ....saya pakai dah satu tahun.....is ok tanpa kendala saya dulu beli nitip om vian....saya pakai yang Unlead om kl nggak salah dulu harga normanya 750k....tapi saya dapat diskon gede he he he monggo di cari ke beliu

Erwin zwardy
03-17-2012, 11:10 AM
Mot0batt ane pake uda 15 bln, msh t0kcer so far. Harga 245k. Beli via bro ary juragan aki di jatiasih bkasi. Dia aktif jg di milis kym. Coba aja ms Rudy wtb dsna. Ntar jg n0ngol juragannya. Maaf ane tdk keep no hpnya.

Rudianto
03-17-2012, 11:18 AM
Mot0batt ane pake uda 15 bln, msh t0kcer so far. Harga 245k. Beli via bro ary juragan aki di jatiasih bkasi. Dia aktif jg di milis kym. Coba aja ms Rudy wtb dsna. Ntar jg n0ngol juragannya. Maaf ane tdk keep no hpnya.

Om EZ, matur suwun atas infonya..
Blm perlu skr sih cm persiapan aja, abis doraemonnya udah pensiun pake kantong ajaib jd kl mo tanya/beli apa2 bingung mo kemana.. hehehe... pisss ah Om doraemon... :rolleyes:

Djolodot
03-17-2012, 02:32 PM
mohon pecerahan tentang nge CAS aki,

saat cas berlangsung, kabel aki yang terhubung dengan kelistrikan motor/mobil (kutub MERAH dan HITAM) HARUS dilepas salah satu atau TIDAK USAH DILEPAS ?

Riza
03-17-2012, 05:31 PM
mohon pecerahan tentang nge CAS aki,

saat cas berlangsung, kabel aki yang terhubung dengan kelistrikan motor/mobil (kutub MERAH dan HITAM) HARUS dilepas salah satu atau TIDAK USAH DILEPAS ?

Kalau aku tidak aku lepas sama sekali kabel aki yg ke arah kelistrikan internal kendaraan.
Pengalaman ini aku peroleh saat perlu recharge aki mobil pakai ECU, aku lepas semua, aku turunkan akinya, walah,,,, jadi ribet dan harus mendatangkan ahlinya dari BERES mobil ybs, lantaran ECU reset all :(
Ternyata jika memang mau reset ECU akinya dilepas bbrp menit, di toko aki saat mengganti pun harus ditempelin (paralel) aki sementara, baru pasang aki yg baru dan dicatu lagi secara paralel aki sementara dan baru, lantas setelah stabil dilepas aki sementara dan bayar lalu good bye.
Selama ini aku terapkan di Kymco sama sekali tidak masalah.
Tentu sangat dilarang memakai charger laptop yg tegangannya di atas 14,5V jika mau langsung tempel, wajib sesuai spek voltasenya http://www.kymco.or.id/images/icons/icon4.gif

Djolodot
03-17-2012, 06:39 PM
Kalau aku tidak aku lepas sama sekali kabel aki yg ke arah kelistrikan internal kendaraan.
Pengalaman ini aku peroleh saat perlu recharge aki mobil pakai ECU, aku lepas semua, aku turunkan akinya, walah,,,, jadi ribet dan harus mendatangkan ahlinya dari BERES mobil ybs, lantaran ECU reset all :(
Ternyata jika memang mau reset ECU akinya dilepas bbrp menit, di toko aki saat mengganti pun harus ditempelin (paralel) aki sementara, baru pasang aki yg baru dan dicatu lagi secara paralel aki sementara dan baru, lantas setelah stabil dilepas aki sementara dan bayar lalu good bye.
Selama ini aku terapkan di Kymco sama sekali tidak masalah.
Tentu sangat dilarang memakai charger laptop yg tegangannya di atas 14,5V jika mau langsung tempel, wajib sesuai spek voltasenya http://www.kymco.or.id/images/icons/icon4.gif

sip mas Riza, matur nuwun