PDA

View Full Version : Daftar Nama Motor dan bearing roda yg dipakai


luki46
10-18-2011, 04:18 PM
Mencoba berbagi info
dari trit sebelah
tentang
daftar nama motor dan bearing yang dipakai

mudah-mudahan bermanfaat.
untuk yang mau ganti/ beli

Sumber; motorplus-online.
------------------------------

KODE BEARING RODA DEPAN

BEBEK
6301 Generasi Astrea Grand, Supra X, dan Legenda, Suzuki Satria CW 120 dan Satria F-150)
6201 Supra Fit sampai Karisma 125)
6300 Dipakai di satu sisi generasi Suzuki Tornado, Shogun 110-125, Satria 120R dan S, Smash, Generasi Yamaha F1-Z, JupiterZ Jupiter MX 135LC, Vega, Kawasaki Kaze, Blitz, dan ZX130
6200 Dipakai di satu sisi generasi Suzuki Tornado, Shogun 110- 125, Satria 120S dan 120R

SKUBEK
6201 Kymco (cmiww-tambahan dr sy)
..................(juka ada yang mau menambahkan)
6201 Honda Vario
6300 Suzuki Spin, Yamaha Mio, Nouvo

MOTOR SPORT
6301-RS1 Honda GL Max, GL100, GL-Pro, GL Pro Neo Tech, Mega Pro, GL Max Neo Tech, NSR150, TIGER 2000, Honda Win, Suzuki Thunder 125
6301-2RS1 Honda TIGER C/W
6301-Z Yamaha YT115
6300-Z Suzuki A100
6300-RS1 Suzuki RGR150
6201-RS1 Suzuki TS125 (sebelah kiri)
6201-Z Suzuki TS125 (sebelah kanan)
6302-Z Suzuki Thunder 250
6202 Yamaha RX-King, RX-Z, RZ-R, Kawasaki Ninja, Ninja R C/W,
6202-Z Yamaha RX-S

Ket:
1. RS = Rubber shield (bearing ditutup sil atau karet
2. Z = Bearing ditutup pelat

BEARING RODA BELAKANG

Kymco
6004 -easy hub
.................(jika ada yg mau menambahkan)

BEBEK
6201-RS1 Honda Supra Fit, Karisma, Kirana, Supra X 125
6201 (sebelah kiri dalam) Suzuki Bravo, Shogun 110, Shogun 125, Satria R, Smash (full chain case), Tornado, Satria F-150
6201-Z (bagian kiri luar) Suzuki Bravo, Shogun 110, Shogun 125, Satria R, Smash, Tornado GS, Satria F-150, Kawasaki ZX130
6300-Z (bagian kiri luar), Tornado GX
6301-Z (bagian kanan), Suzuki Bravo, Shogun 110, Shogun 125, Satria R, Smash, Tornado GS atau GX, Satria F-150, Kawasaki ZX130
6301-RS1 Honda Supra Fit, Astrea Grand, Astrea Star, Karisma, Kirana, Legenda, Supra, Supra X, Supra X 125, Yamaha F1-Z atau ZR, Sigma, Crypton, Vega, Jupiter-Z, Jupiter MX 135 LC
6301-Z Yamaha F1-Z atau ZR, Sigma, Crypton, Vega, Jupiter-Z, Jupiter MX 135
6202-Z Generasi Kaze dan Blitz
6302-Z Generasi Kaze dan Blitz

MOTOR SPORT

6302-RS1/MT Honda GL-Max dan GL- Max Neo Tech, GL100, GL-Pro dan Pro Neo Tech, Mega Pro
6202-RS1/MT Honda GL-Max dan GL-Max Neo Tech GL-Pro dan Pro Neo Tech
6203-RS1/MT Honda NSR150 dan TIGER 2000, Yamaha RX-125,
6301-RS1/MT Honda Win, Yamaha RX-King
6201-Z/C3MT (kiri) Suzuki A100 6202-Z/C3MT (kiri) RGR150, TS1256202-RS1/C3MT (kiri) Suzuki Thunder 2506302-Z/C3MT (kiri-kanan) Thunder 1256301-Z/C3MT (kanan) Suzuki A1006302-RS1/C3MT (kanan) RGR150, TS125, Thunder 2506202-RS1/MT Yamaha Scorpio6202/MT Yamaha YT115, RX-King, RX-Z, RZ-R
6202-Z/MT Yamaha YT115, RX-Z, RZ-R
6202/C3MT Kawasaki Ninja, Ninja R/CW
6302-Z/MT Kawasaki Ninja, Ninja R/CW
sumber : http://koster.indonesianforum.net/t9...depan-bbg-moto

Ado
10-18-2011, 04:28 PM
Info yg sangat bermanfaat, tetapi sebelum terlanjur harus ganti Bearing baik depan ataupun blk, adakah cara merawat Bearing2 ini secara rutin(jg buat yg sering "berenang"), per berapa lama/berapa km & diapain, apa boleh di semprot WD40 atau oles tambahan grease atau semacamnya ?

adji alex
10-19-2011, 02:43 AM
Untuk Kymco recommended 6201 dgn penutup.
Debu gak mudah masuk,grease tdk lari kemana2...

Bening
10-19-2011, 09:14 AM
Info yg sangat bermanfaat, tetapi sebelum terlanjur harus ganti Bearing baik depan ataupun blk, adakah cara merawat Bearing2 ini secara rutin(jg buat yg sering "berenang"), per berapa lama/berapa km & diapain, apa boleh di semprot WD40 atau oles tambahan grease atau semacamnya ?

spt anjuran boss AA....gunakan bearing yang ada penutupnya...usahakan pake yang penutupnya sejenis karet....jadi aman saat dipake renang....juga gampang saat kita regrease.....hindari bearing yang tutup plat....biasanya kodenya ZZ...karena saat kita buka....pasti cacat ( shg tidak bisa menutup sempurna....
note: boleh disemprot WD 40...saat tutup bearing dibuka....untuk menghilangkan kotoran...setelah itu cuci pake bensin...setelah kering olesi pake grease...."jangan terlalu banyak....70 % saja.....lalu tutup kembali....

Ado
10-19-2011, 09:29 AM
spt anjuran boss AA....gunakan bearing yang ada penutupnya...usahakan pake yang penutupnya sejenis karet....jadi aman saat dipake renang....juga gampang saat kita regrease.....hindari bearing yang tutup plat....biasanya kodenya ZZ...karena saat kita buka....pasti cacat ( shg tidak bisa menutup sempurna....
note: boleh disemprot WD 40...saat tutup bearing dibuka....untuk menghilangkan kotoran...setelah itu cuci pake bensin...setelah kering olesi pake grease...."jangan terlalu banyak....70 % saja.....lalu tutup kembali....

Sip high valuable info...tks om

Jadi inget tempo hari bongkar Wallfan Panasonic yg mulai berisik, pantas saja lebih mahal vs Cosmos/Maspion dkk krn bagian depan & belakang dalem dinamonya pake Bearing kecil kode ZZ, bukan cuma pake selongsong mirip roller spt pada merk2 Fan dibawahnya yg sering macet & bikin ngebul kumparannya....

Erwin zwardy
10-19-2011, 10:07 AM
Nice inf0 kang Luki. :-D

S0al maintenance, setuju dg 0pini diatas. Hanya saja buat bearing yg mudah djangkau spt r0da dpan. Kalau bearing yg relativ sulit trjangkau dan pd tempat yg relativ panas idealnya yg ber seal Baja.
S0al pemberian grease jg musti dperhatikan kualitas grease nya.
Beberapa bearing Spt Fag schaeffler malah tdk dianjurkan memakai atau mencampur grease yg ori Fag dg grease lain tipe. Pengalaman Ane sendiri pnh menc0ba menambahkan/mix grease pada Fag bearing malah tdk tahan lama lifetime bearing tsb ktimbang tanpa memberikan grease tambahan yg beda spek pastinya.

Kembali ke kreativitas s0al maintenance bearing. Terus terang, ane ga pnh treatment grease s0al bearing yg dpake(taunya siksa bearing d0ang h3). pake sampe 2 thn 0blak ya ganti. Karna memang uda lifetime ball bearingnya yg aus krna pemakaian aktiv. :-D

luki46
10-19-2011, 08:40 PM
Info yg sangat bermanfaat, tetapi sebelum terlanjur harus ganti Bearing baik depan ataupun blk, adakah cara merawat Bearing2 ini secara rutin(jg buat yg sering "berenang"), per berapa lama/berapa km & diapain, apa boleh di semprot WD40 atau oles tambahan grease atau semacamnya ?

Kang Ado...

untuk perawatan versi sy (user)
jangan membawa beban berat, mis:
-bawa 3bh aqua galon sekaligus
-boncengan hingga ber-4 sekaligus
-hoby ngerem mendadak
-jalannya nikuung terus...
*apa itu termasuk perawatan yak?! :p

tapi ada lagi pendapat Mas Momod kita bhw:
setelah motor di cuci....
jangan langsung disimpan...
Wajib dipakai sejauh 5km-10km


spt anjuran boss AA....gunakan bearing yang ada penutupnya...usahakan pake yang penutupnya sejenis karet....jadi aman saat dipake renang....juga gampang saat kita regrease.....hindari bearing yang tutup plat....biasanya kodenya ZZ...karena saat kita buka....pasti cacat ( shg tidak bisa menutup sempurna....
note: boleh disemprot WD 40...saat tutup bearing dibuka....untuk menghilangkan kotoran...setelah itu cuci pake bensin...setelah kering olesi pake grease...."jangan terlalu banyak....70 % saja.....lalu tutup kembali....

Kang Ben, Mas Adji...
memang jgn 70%
kayanya harus di oles 8 kali aja... he..he..he..he..

Kang Erwin...
iya nih... ntar klo dapet jr, mo pake fag, spy maintenen free :D :D

Erwin zwardy
10-19-2011, 08:51 PM
Pengalaman pake tsr dan jr. Bearing 0riginal cuma tahan staun buat disiksa harian+t0uring aktiv. Fag bisa lbh 2taun kang Luki. Itu n0 maintenance pdhl.:-D kalau buat kang Bening, mungkin bs 4thn karna rajin re-grease ha.a.a

luki46
10-19-2011, 08:55 PM
iya nih Kang Erwin...

Secara easy sy jelajahnya cuma dalkot...
jarang jauh2x... jadi pakai yang standar beres...
yang depan
ya itu tahan 1.5 tahun


yang belakang malah belum pernah ganti...
lokasinya anget mungkin deket sama drum rem sama oc
he..he..he..he..

Erwin zwardy
10-19-2011, 09:01 PM
Iya, bearing yg dpan memang lbh cepat aus(blakang malah tahan lama). K0ntras dgn ban dpan yg awettt. Tanya Knapaaa??

luki46
10-20-2011, 10:52 AM
Kang Win...

Mungkin iri/dengki...
liat ban belakang nggak pernah di belokin... :p

Tambahan sebab laher roda tidak awet,
dari trit sebelah juga:
**untuk mobil... tapi mungkin ada kesamaan dengan mongtor...
-------------------


PENYEBAB LAHER RODA/BEARING RODA MOBIL CEPAT RUSAK


http://3.bp.blogspot.com/_KGwriRdiUl4/TVHXU4TKoXI/AAAAAAAAAaU/UBqSMDDMtqI/s320/BEARING.jpg

CIRI CIRI LAHER RODA MOBIL/BEARING RODA MOBIL RUSAK :
Terdengar suara "ngaung" disekitar roda mobil.

Beberapa Penyebab Laher Roda Cepat Rusak:

- Sering Ketemu dengan air ( Banjir atau genangan)

- Seal laher luar dalam rusak sehingga gemuk/pelumas laher keluar/ laher roda menjadi kering

- Dudukan laher/Nap Roda sudah mulai rusak (laher menjadi longgar)

- Tempat duduk laher di Knukle mulai rusak ( diameter membesar) laher duduknya tidak kuat.

- Spicer laher tidak terpasang atau memang spicer laher mulai rusak

- Cara waktu pemasangan laher, sebaiknya di Press jangan di gedor/dipukul

- Tidak pernah memberi gemuk (pemeliharaan rutin)

- Ban/velg mobil diameternya terlalu besar ( Standar Yang membuat laher jadi awet )

- Memasang mur as roda sangat-sangat/terlalu kuat/kencang.

- Sebaiknya Qualitas laher roda minimal Qualitas/Produk JPN

sumber (http://azmot.blogspot.com/2011/02/penyebab-laher-rodabearing-roda-mobil.html)

Erwin zwardy
10-20-2011, 11:57 AM
Kang Win...

Mungkin iri/dengki...
liat ban belakang nggak pernah di belokin... :p

Tambahan sebab laher roda tidak awet,
dari trit sebelah juga:
**untuk mobil... tapi mungkin ada kesamaan dengan mongtor...
-------------------


PENYEBAB LAHER RODA/BEARING RODA MOBIL CEPAT RUSAK


http://3.bp.blogspot.com/_KGwriRdiUl4/TVHXU4TKoXI/AAAAAAAAAaU/UBqSMDDMtqI/s320/BEARING.jpg

CIRI CIRI LAHER RODA MOBIL/BEARING RODA MOBIL RUSAK :
Terdengar suara "ngaung" disekitar roda mobil.

Beberapa Penyebab Laher Roda Cepat Rusak:

- Sering Ketemu dengan air ( Banjir atau genangan)

- Seal laher luar dalam rusak sehingga gemuk/pelumas laher keluar/ laher roda menjadi kering

- Dudukan laher/Nap Roda sudah mulai rusak (laher menjadi longgar)

- Tempat duduk laher di Knukle mulai rusak ( diameter membesar) laher duduknya tidak kuat.

- Spicer laher tidak terpasang atau memang spicer laher mulai rusak

- Cara waktu pemasangan laher, sebaiknya di Press jangan di gedor/dipukul

- Tidak pernah memberi gemuk (pemeliharaan rutin)

- Ban/velg mobil diameternya terlalu besar ( Standar Yang membuat laher jadi awet )

- Memasang mur as roda sangat-sangat/terlalu kuat/kencang.

- Sebaiknya Qualitas laher roda minimal Qualitas/Produk JPN

sumber (http://azmot.blogspot.com/2011/02/penyebab-laher-rodabearing-roda-mobil.html)

Setubuh kan Luky..

Kembali ke media jalan yg ditempuh jg sgt menentukan kelangsungan fungsi bearing tsb.
Menurut Penelitian Schaeffler gr0up jerman(Fag bearing). Jalur berkelok-kelok bahkan bisa memangkas lifetime bearing sampe 60-70% ketimbang jalur lurus.
Mereka meng klaim bhw Fag bearingnya tahan sampe 1 juta km pada trek lurus. Kalau trek 0val 300rb km buat lifetime bearingnya.