PDA

View Full Version : brp ukuran tekanan angin ideal?


lim.suyanto74
08-07-2011, 11:16 PM
met malem agan2 sekalian

nubie numpang tanya nih, ada yg tau gak brp ukuran tekanan angin yg ideal utk kymco tren sr ane, ukuran ban nya 100/90-10 depan dan belakang sama. selama ini sih,ngisi anginnya nebak2 aja, depan 25, belakang 30.

mohon pencerahannya....

adji alex
08-07-2011, 11:21 PM
met malem agan2 sekalian

nubie numpang tanya nih, ada yg tau gak brp ukuran tekanan angin yg ideal utk kymco tren sr ane, ukuran ban nya 100/90-10 depan dan belakang sama. selama ini sih,ngisi anginnya nebak2 aja, depan 25, belakang 30.

mohon pencerahannya....

depan 30,belakang 32 bos...
Better agak keras biar velg gak hancur kehajar lobang,benang ban juga aman...

Amsoy
08-07-2011, 11:40 PM
depan 30, belakang 32
standartnya bukan um???
klw dpn 28, belakang 30 ga apa2 kan??? soalnya biasa di isi segitu.
thx infonya

kymo
08-07-2011, 11:51 PM
depan 30,belakang 32 bos...
Better agak keras biar velg gak hancur kehajar lobang,benang ban juga aman...
toko ban langganan juga segitu rekomendasinya,
buat ban kymco 100/90-10

adji alex
08-07-2011, 11:56 PM
depan 30, belakang 32
standartnya bukan um???
klw dpn 28, belakang 30 ga apa2 kan??? soalnya biasa di isi segitu.
thx infonya

gpp kalo solo ride tanpa beban

rendy
08-08-2011, 01:16 AM
ane pakenya juga 28 dpn dan belakang 30 buat ban 120/80 bgm tuh?

benar nga ya? krn suka juga berduan nae motornya...

Djolodot
08-08-2011, 06:12 AM
Nambahin saja, tekanan BAN menurut BUKU PANDUAN PEMILIK (KYMCO EASY) halaman 15 tertulis :
- Roda depan : 1,75 kg/cm2
- Roda belakang : 2,00 kg/cm2 (1penumpang)
........................ 2,25kg/cm2 (2 penumpang)

Ado
08-08-2011, 08:27 AM
depan 30,belakang 32 bos...
Better agak keras biar velg gak hancur kehajar lobang,benang ban juga aman...

Om kalo diisi Nitro tetep segitu atau ditambah dikit psi nya, krn ada rumor kalo Nitro lebih lembek benarkah ?

Riza
08-08-2011, 11:19 AM
Semakin keras pompa ban, semakin efisien => irit bensin + performa semakin liar :cool:
Nah, berbanding terbalik terhadap kenyamanan. Semakin keras ada yg berpendapat tidak nyaman.
=> terjadi juga pada kasus-kasus shock breker.
Compound ban juga mempengaruhi kenyamanan pada suatu tekanan.
Compound keras => diisi 25 aja udah keras. Terjadi pada ban-ban impor yg sdh agak kadaluwarsa.
Compound lembut => diisi 35 belum keras-keras amat.
Menurutku tekanan ban idelanya di tekanan tertinggi tetapi kenyamanannya masih kita dapet.
Dengan demikian efisiensi dapet sekaligus kenyamannya.
Tiap orang punya selera masing-masing, apalagi compound ban beda-beda satu sama lain.
Alhasil sebenarnya find for your own best convenient.

Ttg Nitro: bagus buat ban belakang, terutama yg ring 10.

Ado
08-08-2011, 11:30 AM
Semakin keras pompa ban, semakin efisien => irit bensin + performa semakin liar :cool:
Nah, berbanding terbalik terhadap kenyamanan. Semakin keras ada yg berpendapat tidak nyaman.
=> terjadi juga pada kasus-kasus shock breker.
Compound ban juga mempengaruhi kenyamanan pada suatu tekanan.
Compound keras => diisi 25 aja udah keras. Terjadi pada ban-ban impor yg sdh agak kadaluwarsa.
Compound lembut => diisi 35 belum keras-keras amat.
Menurutku tekanan ban idelanya di tekanan tertinggi tetapi kenyamanannya masih kita dapet.
Dengan demikian efisiensi dapet sekaligus kenyamannya.
Tiap orang punya selera masing-masing, apalagi compound ban beda-beda satu sama lain.
Alhasil sebenarnya find for your own best convenient.

Ttg Nitro: bagus buat ban belakang, terutama yg ring 10.

Yup kl saya pada akhirnya "feeling" yg dipake jadi isi ban agak keras dulu terus kurangin sampe sesuai selera, setelah ketemu selera kita baru diukur & dicatat utk pengisian selanjutnya....

Motor yg satu & yg lain bisa beda2 psi-nya walau yg make orangnya sama hehehe....

paulsomo
08-08-2011, 02:52 PM
Nambahin saja, tekanan BAN menurut BUKU PANDUAN PEMILIK (KYMCO EASY) halaman 15 tertulis :
- Roda depan : 1,75 kg/cm2
- Roda belakang : 2,00 kg/cm2 (1penumpang)
........................ 2,25kg/cm2 (2 penumpang)

kl di convert ke psi:
- Roda depan : 24,9 or 25 psi
- Roda belakang : 28,4 psi (1penumpang)
: 32 psi

source:
http://www.engineeringtoolbox.com/pressure-units-converter-d_569.html

paulsomo
08-08-2011, 02:53 PM
Nambahin saja, tekanan BAN menurut BUKU PANDUAN PEMILIK (KYMCO EASY) halaman 15 tertulis :
- Roda depan : 1,75 kg/cm2
- Roda belakang : 2,00 kg/cm2 (1penumpang)
........................ 2,25kg/cm2 (2 penumpang)

kl di convert ke psi:
- Roda depan : 24,9 or 25 psi
- Roda belakang : 28,4 psi ( 1penumpang)
: 32 psi (2 penumpang)

source:
http://www.engineeringtoolbox.com/pressure-units-converter-d_569.html

faris2304
08-08-2011, 03:04 PM
Ban depan 100/90(M11)
Ban belakang 120/90 (Irc)

Berat badan 45kg B-)
Nitrogen depan 28 belakang 30
Menurut saya ideal saya segini hehe
Karena sering solo rider...

luki46
08-08-2011, 03:33 PM
Semakin keras pompa ban, semakin efisien => irit bensin + performa semakin liar :cool:
Nah, berbanding terbalik terhadap kenyamanan. Semakin keras ada yg berpendapat tidak nyaman.
=> terjadi juga pada kasus-kasus shock breker.
Compound ban juga mempengaruhi kenyamanan pada suatu tekanan.
Compound keras => diisi 25 aja udah keras. Terjadi pada ban-ban impor yg sdh agak kadaluwarsa.
Compound lembut => diisi 35 belum keras-keras amat.
Menurutku tekanan ban idelanya di tekanan tertinggi tetapi kenyamanannya masih kita dapet.
Dengan demikian efisiensi dapet sekaligus kenyamannya.
Tiap orang punya selera masing-masing, apalagi compound ban beda-beda satu sama lain.
Alhasil sebenarnya find for your own best convenient.

Ttg Nitro: bagus buat ban belakang, terutama yg ring 10.


Kang Iiim....
Setuju ama Mas Kita ini nyang dari Jogja nih...

untuk patokan
28 psi untuk depan
30 psi untuk belakang
32 psi untuk belakang berbonceng

selanjutnya pakai perasaan...
tergantung dari umur ban, ketebalan, jenis konpon ban
sama keadaan body...

secara klo body sdh pada renggang
klo terlalu keras tekanan angin
akan lebih keras terdengar suara bodinyah..

he..he..he..he..

Erwin zwardy
08-08-2011, 04:02 PM
Ane tergantung medan t0uring. Kalau trek aspal pastinya keras scukupnya ala single rider, trek berpasir/lumpur agak sdikit kempes pastinya,. :-D

Riza
08-08-2011, 05:22 PM
Sedihnya, sebenarnya di luar sana, banyak yg tak perduli atas kondisi tekanan ban. Tekanan ban di bawah 20 aja masih tetep dipakai.
Handling jadi ga karuan, tenaga juga kurang, bensin boros, tentu mesin lekas rusak (akhirnya jg sebagian akan mengeluhkan di sini).
Maaf ngelantur saja.
Inflate your tire memang sangat dahsyat efek penghematan jangka pendek maupun jangka panjang :rolleyes:

lim.suyanto74
08-08-2011, 07:54 PM
terima kasih banyak atas pencerahannya agan2 sekalian,betul sekali kriteria masing2 orang beda2,juga sangat disesuaikan dgn kondisi ban jg motornya. jadi harus coba2 sendiri berbagai ukuran tekanan angin.

wasalam