PDA

View Full Version : lampu indikator accu nyala terus


Rahmat
01-18-2011, 04:41 PM
minta infonya dong kymco trend saya lampu indikator acu nyala terus kan biasanya kalau mesin nyala indikatornya mati ini terjadi sudah dua minggu ini kira-kira penyebabnya di mana yach....pusing saya udah otak tik tetap aja begitu tapi setrum masuk setater tokcer send hidup dll ok.......mohon pencerahaannya yach ....thx....

ranggasantika
01-18-2011, 04:48 PM
kalo saya tidak salah sih, pengisian nya yang bermasalah..

silahkan suhu2 memberikan jawabannya.

Riza
01-18-2011, 05:11 PM
Secara umum lampu indikator itu menyatakan ada kegagalan kiprok.
Kiprok yg mati bisa putus total, tidak ada pengisian, aki pasti tekor.
Kedua, justru overcharge, pengisian lebih dari cukup alias tidak terkendali, lihat segera aki, jika akinya meler-meler atau panas saat sehabis jalan maka sebaiknya jangan jalankan mesin, ganti kiproknya, sebelum akinya ikut rusak.
Ke tempat penjual aki biasanya ada tester kesehatan pengisian sekaligus akinya.
Tentu diagnosa tepat harus dilihat langsung.
Semoga membantu.

adji alex
01-18-2011, 06:42 PM
Kiprok tuh. Sy ada ori 250rb

luki46
01-18-2011, 07:48 PM
Atw kabel indikator accu-nya kena masa...
he..he..he..

icank
02-22-2011, 08:47 PM
Secara umum lampu indikator itu menyatakan ada kegagalan kiprok.
Kiprok yg mati bisa putus total, tidak ada pengisian, aki pasti tekor.
Kedua, justru overcharge, pengisian lebih dari cukup alias tidak terkendali, lihat segera aki, jika akinya meler-meler atau panas saat sehabis jalan maka sebaiknya jangan jalankan mesin, ganti kiproknya, sebelum akinya ikut rusak.
Ke tempat penjual aki biasanya ada tester kesehatan pengisian sekaligus akinya.
Tentu diagnosa tepat harus dilihat langsung.
Semoga membantu.

kasusnya sama kayak saya nih... tapi kiprok baru lho, ngambil di Om Alex. :p masa' iya tekor aki'e?

Riza
02-22-2011, 09:21 PM
kasusnya sama kayak saya nih... tapi kiprok baru lho, ngambil di Om Alex. :p masa' iya tekor aki'e?
Kok ga diperiksa spull nya juga terlebih dahulu :confused:
Sebenarnya di buku manual servis semuanya ada cara testingnya masing-2. Harusnya semua mekanik melakukan ini sebelum mengganti parts, mengingat partsnya tidak murah dan sulit didapet.
Bukunya bisa didapet di sini.
Jika spullnya yg kebakar bisa dilihat dengan mata, ga usah test-test.
Dispull ulang pasti juga bisa dilakukan oleh tukang spull.
Good luck.

abanganton
02-22-2011, 09:31 PM
saya pernah ngalami...
ternyata komponen nggak ada yang masalah...masalahnya ada di perkabelan aja...
sambungan kabel di kiprok amburadul, ada yang telanjang, karat, dll...
saran: check perkabelan lebih dulu... pastikan sambungan rapih dan baik/bersih... tidak ada kabel telanjang yang bikin korslet...
tambahan : termasuk sekring atau konektor kabel dari Kiprok ke Aki untuk pengisian... kalo kendor, nggak rapet, sering menyebabkan indikator merah nyala terus...

semoga bener lagi...

icank
02-22-2011, 10:35 PM
Kok ga diperiksa spull nya juga terlebih dahulu :confused:
Sebenarnya di buku manual servis semuanya ada cara testingnya masing-2. Harusnya semua mekanik melakukan ini sebelum mengganti parts, mengingat partsnya tidak murah dan sulit didapet.
Bukunya bisa didapet di sini.
Jika spullnya yg kebakar bisa dilihat dengan mata, ga usah test-test.
Dispull ulang pasti juga bisa dilakukan oleh tukang spull.
Good luck.

spull ya, Om? wokeee... besok saya cek lagi. matur nuwun. :)

icank
02-22-2011, 10:42 PM
saya pernah ngalami...
ternyata komponen nggak ada yang masalah...masalahnya ada di perkabelan aja...
sambungan kabel di kiprok amburadul, ada yang telanjang, karat, dll...
saran: check perkabelan lebih dulu... pastikan sambungan rapih dan baik/bersih... tidak ada kabel telanjang yang bikin korslet...
tambahan : termasuk sekring atau konektor kabel dari Kiprok ke Aki untuk pengisian... kalo kendor, nggak rapet, sering menyebabkan indikator merah nyala terus...

semoga bener lagi...

hmmm... sip2. bongkar lagi besok nih. makasi banyak, Om. :)

adji alex
02-22-2011, 11:02 PM
Ketimbang digulungkan,beli yg 2nd ex metica tak mutilasi wae.
Barang ori.
Bukan abal2...

R. Yatno
02-22-2011, 11:18 PM
saya pernah menangani masalah seperti ini 2x, dan ternyata keduanya bermasalah di socket sambungan sekering, caranya dibersihkan pakai amplas atau contact cleaner baik socket maupun sekeringnya. kalo ternyata masih nyala berarti ya kiprok atau sepulnya lemah. periksa perkabelan dulu bro.

Riza
02-23-2011, 07:55 AM
Benar, sebaiknya diperiksa dulu dari yg mudah, siapa tahu hanya socket/kabelnya yg bermasalah.
Jika kabel udah amburadul bisa cari mutilasinya spt Pak Alex :D

icank
02-23-2011, 04:18 PM
barusan mbongkar kiprok, kabel2 di sekitar situ, aki, sekering, sampe ke kabel2 di bawah tangki bensin, nggak ada yang putus, telanjang dan sebagainya. normal2 aja. sudah dites dengan nyalain motor plus lampu besar (pengen liat lampu indikatornya nyala apa nggak), digas tinggi, lampu indikator sama sekali nggak nyala. tapi belum saya coba jalan beneran.

Riza
02-23-2011, 04:53 PM
barusan mbongkar kiprok, kabel2 di sekitar situ, aki, sekering, sampe ke kabel2 di bawah tangki bensin, nggak ada yang putus, telanjang dan sebagainya. normal2 aja. sudah dites dengan nyalain motor plus lampu besar (pengen liat lampu indikatornya nyala apa nggak), digas tinggi, lampu indikator sama sekali nggak nyala. tapi belum saya coba jalan beneran.
Selamat berbahagia, sesuai dengan topik di sini kalau nyala = sedih, kalau ga nyala = bahagia... hore :cool:

abanganton
02-23-2011, 05:50 PM
Selamat berbahagia, sesuai dengan topik di sini kalau nyala = sedih, kalau ga nyala = bahagia... hore :cool:

:)
benar, seneng kalo masalah nggak ada...
tapi siap-siap cemas kalo2 tiba2 masalah tsb muncul lagi... ;)

saran, ganti sekering yang di deket aki, dari tipe silinder, menjadi tipe "tancep".
lebih "perawan" ngejepitnya ;)

icank
02-23-2011, 06:35 PM
@Om Abanganton sekering gepeng yang warna-warni kayak di mobil itu ya, Om?
@Om Riza belum berbahagia, Om. baru sebatas mbleyer2 aja. besok saya coba pake jalan. malam ini istirahat dulu, mo liat Timnas tercinta main. Indonesia... prek prek prek prek prek!!!

adji alex
02-23-2011, 08:32 PM
ngurut kabel gak gampang cank,aq dw ora sanggup. lumrah nek motor tuwo kabel2e mulai bermasalah,apalagi mekanik yg pegang motormu mbok pilih sing jago abal2,yo gak kaget... aq yakin kabel bodi motormu wis koyok bakmi diorat arit... itu sama dgn sing ngrusak motor itu pemiliknya sndr. kamu cari murah tp apa yg didapat? gak ada namanya merawat motor itu murah. bandingkan aja hrg genuine part fast moving mobil2 komersil ama genuine part motor,kampas rem dpn zebra,ama kampas rem dpn honda,anggaplah sama hrg,mobil dpt sepasang kanan kiri. lha motor? harga shock ori katana sm supra fit,lak larangan pny supra. jgn cm pinter nulis disini aja,pintero juga di dunia nyata...

Riza
02-23-2011, 09:20 PM
@Om Riza belum berbahagia, Om. baru sebatas mbleyer2 aja. besok saya coba pake jalan. malam ini istirahat dulu, mo liat Timnas tercinta main. Indonesia... prek prek prek prek prek!!!
Sebenernya dengan bleyer-bleyer bisa juga kok test pengisian, terbaik text book dan alat-alat yg di sarankan di buku.
Ga ada buku ga ada alat sebenernya juga bisa, dengan perasaan, pastikan aku fully charged, jika pengisian bagus dibleyer lampu tambah terang (dikit). Jika tambah terang banget namanya overcharge, jika motor dipakai lampu bisa putus, tentu ini lebih baik jika yg putus CDInya, misalnya. Jika dibleyer lampu pancet ae tidak tambah terang = pengisian mungkin kurang bagus => bisa tekor.
Jika baru tahu di atas ini sebaiknya dimulai dengan yg baik dengan cara order bukunya, trus dibaca-baca sambil (sebaiknya sebelumnya baca dulu) betulin.

icank
02-24-2011, 01:31 PM
Ketimbang digulungkan,beli yg 2nd ex metica tak mutilasi wae.
Barang ori.
Bukan abal2...

sik sik, Om. harga'e piro?

icank
02-24-2011, 01:34 PM
:)
benar, seneng kalo masalah nggak ada...
tapi siap-siap cemas kalo2 tiba2 masalah tsb muncul lagi... ;)

saran, ganti sekering yang di deket aki, dari tipe silinder, menjadi tipe "tancep".
lebih "perawan" ngejepitnya ;)

oiya, Om, kalo sekering model gitu saya tau bentuk'e, tapi lobang'e (bingung apa istilah'e) dijual di bengkel2 ya?

adji alex
02-24-2011, 10:40 PM
oiya, Om, kalo sekering model gitu saya tau bentuk'e, tapi lobang'e (bingung apa istilah'e) dijual di bengkel2 ya?

Cari di toko part mobil.
Lobane namae temp...at/rumah sikring.
Tukuo sikring sak omahe lak wis Cank.
Angele.

icank
02-24-2011, 11:26 PM
Cari di toko part mobil.
Lobane namae temp...at/rumah sikring.
Tukuo sikring sak omahe lak wis Cank.
Angele.

he he... :p maap maap. tiba-tiba jadi nggak nyandak. matur nuwun infonya... :)

Riza
02-25-2011, 09:04 AM
he he... :p maap maap. tiba-tiba jadi nggak nyandak. matur nuwun infonya... :)
Cak Alex & Icank kan bertetangga, diskusi offline kayake akan sangat bermanfaat buatmu, Cank :p

icank
02-25-2011, 10:41 AM
Cak Alex & Icank kan bertetangga, diskusi offline kayake akan sangat bermanfaat buatmu, Cank :p

he he... :p betul betul. siap, Om...

yasar
02-25-2011, 01:19 PM
saya pernah ngalami...
ternyata komponen nggak ada yang masalah...masalahnya ada di perkabelan aja...
sambungan kabel di kiprok amburadul, ada yang telanjang, karat, dll...
saran: check perkabelan lebih dulu... pastikan sambungan rapih dan baik/bersih... tidak ada kabel telanjang yang bikin korslet...
tambahan : termasuk sekring atau konektor kabel dari Kiprok ke Aki untuk pengisian... kalo kendor, nggak rapet, sering menyebabkan indikator merah nyala terus...

semoga bener lagi...

mirip juga dengan trend saya, tapi dah 2 mggu ini normal lagi(lampu indikator aki hidup saat mesin nyala). dulu awalnya ada masalah sama kunci kontak. kuncinya agak logor jadi kalo jalan saya cabut....eh indikatornya nyala. cek ke bengkel katanya dari kunci(mungkin aus/dah hampir 10 tahun). sekarang bikin kunci lagi. indikator aki normal.
wah nuhun juga nih saya jg harus cek kabel sama kiprok

adji alex
02-25-2011, 01:22 PM
Cak Alex & Icank kan bertetangga, diskusi offline kayake akan sangat bermanfaat buatmu, Cank :p

Icank anti kesini kalo gak kepepet bos.
Beda aliran mekanik maupun tehnik...
Kalo ke SKG takut pulangnya terserang penyakit kulit,gatel2 piye gt.

Riza
02-25-2011, 03:26 PM
Icank anti kesini kalo gak kepepet bos.
Beda aliran mekanik maupun tehnik...
Kalo ke SKG takut pulangnya terserang penyakit kulit,gatel2 piye gt.
Ini justru mulai menarik, kita tunggu apa yg terjadi kemudian, Oom :rolleyes:

icank
02-26-2011, 06:56 AM
Icank anti kesini kalo gak kepepet bos.
Beda aliran mekanik maupun tehnik...
Kalo ke SKG takut pulangnya terserang penyakit kulit,gatel2 piye gt.

hadoooh~ nggak gitu juga kali, Om. :p saya sih males ke bengkel kalo masih bisa dibenerin sendiri. ya itung2 learning by doing sih. kalo emang akibatnya ada yang rusak, ya mau gimana lagi. namanya juga masih belajar. piss... (^.^)v ato lebih tepatnya, nggak kuat menahan godaan pas liat Supereight warna ijo itu. :p

icank
02-26-2011, 07:00 AM
mirip juga dengan trend saya, tapi dah 2 mggu ini normal lagi(lampu indikator aki hidup saat mesin nyala). dulu awalnya ada masalah sama kunci kontak. kuncinya agak logor jadi kalo jalan saya cabut....eh indikatornya nyala. cek ke bengkel katanya dari kunci(mungkin aus/dah hampir 10 tahun). sekarang bikin kunci lagi. indikator aki normal.
wah nuhun juga nih saya jg harus cek kabel sama kiprok

wah... baru tau saya kalo kunci kontak yang longgar bisa ngaruh juga. beneran nih, Om? kunci kontak saya juga longgar sih sekarang. dah 10 taun juga umurnya. butuh peremajaan kembali sepertinya. mohon pencerahan dari Om-Om lainnya. trims.

Riza
02-26-2011, 07:26 AM
hadoooh~ nggak gitu juga kali, Om. :p saya sih males ke bengkel kalo masih bisa dibenerin sendiri. ya itung2 learning by doing sih. kalo emang akibatnya ada yang rusak, ya mau gimana lagi. namanya juga masih belajar. piss... (^.^)v ato lebih tepatnya, nggak kuat menahan godaan pas liat Supereight warna ijo itu. :p
Sekali lagi jika mau belajar sendiri tentang kelistrikannya sebaiknya diawali dengan berdasar skema asli bawaan motor :rolleyes:

yasar
02-26-2011, 10:22 PM
wah... baru tau saya kalo kunci kontak yang longgar bisa ngaruh juga. beneran nih, Om? kunci kontak saya juga longgar sih sekarang. dah 10 taun juga umurnya. butuh peremajaan kembali sepertinya. mohon pencerahan dari Om-Om lainnya. trims.

iya, inisich dugaan saya yg awam. waktu kunci logor akhirnya saya cabut setelah start(dari pada jatuh di jalan). nah kebetulan medan jalan ke tempat biasa saya nganter anak jalanannya agak rusak, banyak lubang. selama saya msh pake jalan rusak itu indikator selalu nyala, bahkan suatu sore saat semua lampu nyala, indikator aki di dushboard juga nyala. akibatnya batre tekor. saya diamkan satu hari akhirnya bisa start lagi normal.
setelah itu saya usahakan hati-hati milih jalan yang mulus saja dan ganti anak kunci. alhamdulillah normal lagi sampe sekarang. indikator aki normal, alias mati setelah stater hidup. tapi tetep kayaknya memang harus periksa komponen laennya. takut-takut ini cuma temporer dan ada hal laen juga yg rusak

s1n4n0
12-26-2011, 07:05 PM
sekedar share...ane jg ngalamin hal yg sama di T2K ane,lampu aki nyala redup nanti mati lagi,sein =,lampu jd kedap-kedip.d periksa aki,kabel2 terpasang baik & rapih.d coba semprot lobang kunci kontak pake cairan penetran pelumas(wd-4**)...coba stater lg nyala normal,indikator aki mati,coba pake jalan dah normal.Alhamdulillahl

bejosby
12-27-2011, 08:18 AM
sekalian mo nanya apa sih isinya kiprok ama ccu pada t2k ?
mungkin bos riza bisa memberikan data skema keduanya....
supaya kita tidak langsung menuduh keduanya sebagai biang kerok dari permasalahan.
sebetulnya kita harus menjunjung azas praduga tak bersalah
sebelum kita bisa mengumpulkan bukti buktinya trims

Riza
12-27-2011, 08:40 AM
Skema kelistrikan Trend2000:

http://img42.imagevenue.com/loc496/th_44227_Diag_kelist_Trend2000_122_496lo.JPG (http://img42.imagevenue.com/img.php?image=44227_Diag_kelist_Trend2000_122_496l o.JPG)

Kok bisa sih aku menemukan skema di atas.
Sejarahnya:
Aku buka www.google.com lalu pada search bar aku ketik:
site:kymco.or.id skema kelistrikan
Lalu aku klik Image atau Gambar pada hasil search google.com.

Demikian juga gambar itu pernah didiskusiken di sini:
http://www.kymco.or.id/showthread.php?t=5956

Tentang CCU dan kiprok bahasa Inggrisnya Regulator Rectifier disingkat Reg/Rec.
CCU fungsinya hanya sebagai indikator kesehatan pengisian, jadi hanya bertugas menyalakan dan mematikan lampu CHG yg berwarna merah.
Jika lampu nyala manga pengisian ada gangguan, artinya sistem pengisian kelistrikan tidak bekerja dengan baik, ada 2 macam gangguan:
1. sistem tidak mampu mengisi aki => hasilnya aki tekor
2. sistem tidak mampu mengatur tegangan => hasilnya aki overcharge, aki akan panas dan meleleh-leleh elektrolitnya.

Reg/Reg => Regulator artinya mengatur tegangan, sedangkan Rectifier menyearahkan arus (lihat: http://en.wikipedia.org/wiki/Rectifier).

Selamat membaca-baca yg lain, biar bisa mendiagnosa masalah ini.

zaenal
12-27-2011, 12:32 PM
sekedar share...ane jg ngalamin hal yg sama di T2K ane,lampu aki nyala redup nanti mati lagi,sein =,lampu jd kedap-kedip.d periksa aki,kabel2 terpasang baik & rapih.d coba semprot lobang kunci kontak pake cairan penetran pelumas(wd-4**)...coba stater lg nyala normal,indikator aki mati,coba pake jalan dah normal.Alhamdulillahl

saya pernah mengalami hal demikian, ternyata masalahnya ada di sekring untuk pengisian yang agak longgar (kadang nyambung-kadang putus), setelah dibetulkan tempat sekeringnya, tidak lagi nyala indikator accunya, semoga membantu ....

zaenal
korlap

soe
12-27-2011, 02:53 PM
saya pernah mengalami hal demikian, ternyata masalahnya ada di sekring untuk pengisian yang agak longgar (kadang nyambung-kadang putus), setelah dibetulkan tempat sekeringnya, tidak lagi nyala indikator accunya, semoga membantu ....

zaenal
korlap

betu betul betul