PDA

View Full Version : knalpot free ex berasap putih dikit saat digas.


agung
04-22-2010, 08:42 AM
mohon bantuan..
free ex saya kok kalo mesin on tapi standby knalpot ga berasap tapi saat di gas ada keluar asap tipis putih kenapa ya?...apa harus bongkar mesin dan ganti secher atau cuma ringnya aja...berapa bviayanya ya kira2...kalo sechernya bisa subsitusi dengan apa ya?? thx semua yang uda bantu..

tuxpandu
04-22-2010, 09:10 AM
Bisa jadi itu cuma baut klep buang aja yg udah longgar, tinggal ganti baut harganya 8 ribu rupiah kalo buat TSR. Cirinya adalah, kalo abis stel klep lalu baru 200 km pemakaian klep udah balik lagi jadi gak enak.

Bila baut toh masih bagus (kalo posisi di jkt coba bawa ke Kinal di Cahaya Matic - minta dia cek-kan), cek di mulut knalpot ketika mesin mati. Apakah ada basah2, bila iya, berarti oli konstan terbakar, pun ketika idle (meski asap kurang terlihat). Kalo hal ini terjadi maka kemungkinan besar ring piston (ring oli yg paling atas) bermasalah ato boring ada baret. Mesti buka (turun) mesin lalu diperiksa lebih seksama masalahnya apa.

Kalo ini tunggangan satu2nya, siap2 cari pinjaman tunggangan / tebengan.

Parts pengganti gak tahu apa, tapi coba dulu usahakan parts ori kymco ke seller2 di forum ini. Harganya sangat bagus kok sebanding ama ke-ori-annya & ketahanannya.

Rgds,

parjo
04-22-2010, 09:31 AM
Biasanya kasus seperti itu sih yg paling sering rusak Ring Piston nya, harganya kurang dr 100 rb, kalo belom tahu lokasi bengkel2 kymco, ini aku ada catatannya, silahkan dipilih mana yg paling deket ama ente.

AREA JAKARTA TIMUR, UTARA DAN BEKASI

1. Kymco Service Station LARASATI
Jl. Raya Pondok Gede, Jati Asih No. 80 - lokasi sebelum SPBU Nasio Jakarta Timur, hub : Pakde Suwito No. 021-8499-6446, 021-32596957
2. Kymco Service Station HARAPAN INDAH
da. Komp. Ruko Harapan Indah Jlk. Cakung, Pondok Ungu - Bekasi HUb , Pa Harry, belum adatelp
3. Kymco Service Station "SO MATIC" - mekanik eks beres Kranji & Sawahbesar
Jl. Jati Mulya, Bekasi - Tol Timur, Bekasi hub : Mas Bilal dan Mas Fuad di No. 021-9926-3691
4. Bengkel Lukas Motor eks Mekanik BERES Sawah Besar (Adon dan Iwan)
Jl. Kayumanis VI, Gang Kapuk I No. 59 Jakarta Timur 021 - 96235545, Menerima panggilan rumah
(Masuk dr Jl Tegalan, sebrang Gramedia Matraman, Lurus lewati Rel kereta belok kanan +- 50m lokasi sbelah kiri)
5. MATIC FAMILY , Mekanik: Ahmad (ex. bekasi) : 0858 809 15928, Salim (ex. Otista) : 0818 0692 3942 Owner : Pak Arief : 021 - 23701930 / 944 49472.
Jl. PUSDIKLAT DEPNAKER No. 36 Halim, Jakarta Timur. Telp: 0818-06423942

AREA JAKARTA SELATAN, PUSAT DAN JAKARTA BARAT

1. Lautan Motor
Jl. Raya Ciledug No. Jakarta, Telp : 021-7345-5067 - hub Mekanik : Mas sutar & Krishna
Jl. raya Panjang Pondok Indah, Jakarta Telp : 0856-9349-6645 - hub Mekanik: Mas sutar
2. Kymco Service Station Cahaya Matic Bungur
lokasi setelah pertigaan bungur sebelah kiri arah pasar kebayoran lama depan KIA Motor buka 1 April 2009. Telp Mas Ronny 021-9630-0804
3. JAB MATIC - PURWO eks Mekanik Cemput
JL SERDANG BARU RT04/05 NO 11 (Belakang Kecamatan) Kemayoran JakPus (021-93570252)

AREA TANGERANG

1. Kymco Service Ciputat - rekan2 mekanik eks Beres Cimone
yang lokasinya di Jl. Masjid Darussalam (Perintis) RT 05/RW 01 Ciputat digagas oleh mas Neo , telp : 0813-1053-1365
2. Kymco Serpong
Jl. Raya Serpong Km.7 No.89 Serpong Telp.021-5312 1980 Fax 021- 5312 1981 Mekanik Dedi, Ari dan Pak Asep.

AREA DEPOK, CINERE DAN SAWANGAN

1. Motomatic Service Station
Jl. Rambutan Raya No. 3 (seberang SMU Bintaro - jl raya depok sawangan) depan Kantor Pos & Giro Depok I Hub : mekanik Mas Ray di 021 - 9323 5897
2. KYSS mas Mul eks beres depok
Bengkel di Depok dekat UI (dari Lenteng Agung ke arah UI). Posisi bengkel sebelah kiri, 20 meter setelah bengkel "Effendi". Info lebih lanjut silahkan hubungi Mas Mulyono = 93698033.
3. Service Matic Station (SMS)
Mekanik : Mas Parman (Exs Beres Depok) Buka : Hari Senin - Minggu (kecuali Jumat) Jumat Libur
Waktu : Pukul 08.00 - 15.00 wib
Alamat : Jl. M. Yusuf Raya - Depok (Belakang Perumahan. Pesona Khayangan)
Tlp. 32596957, 98621560 Hp. 08129993916

*Denah lokasi dari Jalan Juanda persis setelah jembatan Ambil kiri ke arah Depok II, lurus adanya di sebelah kanan, terpasang Spanduk SMS (Service Matic Station) berlogo Kymco Honda, Yamaha, Suzuki (logo Kymco yang paling besar jadi terlihat jelas). sampingnya isi ulang pulsa, sampingnya lagi Apotik Anisa. saya kemarin kamis 26 Maret 2009 sudah service kesitu. bagi rekan-rekan silahkan yang mau mampir.*kalau dari Beres lama Depok Lampu merah ke kiri setelah jembatan ke 2 cari putaran balik ketemu jembatan langsung ambil kiri arah depok dua lurus aja posisi adanya di sebelah kanan Samping isi ulang pulsa, Apotik Anisa.
4. DR. MATIC (all matics bike service station)
Mekanik Mr HENDRA LAI (Ex Beres DEPOK)
JL TOLE ISKANDAR - DEPOK TIMUR (DEPAN AHRS BANGETS)
(Kalo dari arah Lenteng setelah Beres DEPOK Jl Margonda Mentok, belok kiri ikutin jalan)
CP Hendra/Lai : 021-93588318 / 081384764623

AREA BOGOR & CIANJUR

1. Lokasi " Bogor " Hub Pak Nur 081912182700/0812-196-9961 (ex tehnisi Tajur), Irwan 08161146340 (kymco club bogor)

AREA CIKARANG

1. Kymco Service Station DUTA RIZKA MATIC - mekanik eks beres Cikarang,
Lokasi di Jl. Kp. Rukun RT 11/RW 06 Desa Ciantra, Kec. Cikarang Selatan hub : Bp Halm, Bp Iwab, Bp Anwar di No. 0856-5952-6659 atau 021-9931-6772
2. Kymco Service Station BENGKEL TOLE
Perum Mega Regency Blok I 8 No. 52 Cikarang Selatan hub di No. 0852-8721-0831 atau 0815-8514-3180

AREA SURABAYA

1. Martin : 085655135342 , Wandi : 08155179747

AREA SOLO

1. Kymco Center Solo : Jl. Slamet Riyadi 344 (sebelah RM Adem Ayem), Telp 0271-718820, 725991
2. KYSS Sahabat Terang : Jl. Jend Sudirman 130C, Sukoharjo, Telp 592607
3. KYSS Karunia Motor : Perum Gedangan Permai Blok A9, Solo Baru.
4. KYSS Bumi Motor : Jl. Raya Sukowati 346, Sragen, Telp 892527
5. KYSS Kondang Jaya Motor : Jl. Rajawali No.1, Boyolali, Telp 3339343

AREA MATARAM - NTB

1. Kadek = 081339739305
2. Abdurrab = 08312987997

Alamat / no tlp mungkin dah ada yg berubah, biasalah di dunia ini kan, yg abadi cuma perubahan itu.

Riza
04-22-2010, 09:32 AM
Alt parts kan tinggal klik:
http://www.kymco.or.id/showthread.php?t=2314
Jangan lupa setelah pakai alt parts bisa gampang masangnya nggak?
Ditunggu reportnya ;)

Mau bantuan, asl plz :D
Yang penting loc nya, U di Jkt, sy di Yk, mana bisa bantu langsung :rolleyes:

By You
04-22-2010, 09:48 AM
Sekarang ini pake oli nya apa ? Kalo belum pake oli encer coba ganti oli encer dulu. Bro Tuxpandu siap antar tuh kayaknya.

dawami
04-22-2010, 02:25 PM
mohon bantuan..
free ex saya kok kalo mesin on tapi standby knalpot ga berasap tapi saat di gas ada keluar asap tipis putih kenapa ya?...apa harus bongkar mesin dan ganti secher atau cuma ringnya aja...berapa bviayanya ya kira2...kalo sechernya bisa subsitusi dengan apa ya?? thx semua yang uda bantu..

ada beberapa penyebab bro,
- paling ringan, cek dulu saringan udaranya apa sudah kotor/mampet sehingga karburator agak banjir bisa juga menimbulkan sedikit asap.
- ringan, jika saringan udara bagus/baru, cek stelan klep
- agak berat, apa oli berkurang drastis, jika ya, skir klep n ganti seal klep
- berat, kalo ketiga diatas masih juga berasap, ganti ring piston.

ongkos service tuk yang berat bisa mencape 70rb-an. secher n ringnya bisa substitusi sama karis**, lebih baik bawa blok-nya cari yang masih standar (inget, secher karisma harus dipapras bagian bawahnya krn karis** khan 125cc, sedang free ex 100cc blok n stang secher lebih pendek).

ini pengalaman di easy100, secher n ringnya dah pake karis**

silakan ditimpali.

tuxpandu
04-22-2010, 02:42 PM
Sekarang ini pake oli nya apa ? Kalo belum pake oli encer coba ganti oli encer dulu. Bro Tuxpandu siap antar tuh kayaknya.Sebenernya oli kekentalan 20w-50 (sering disebut "oli kental") ato oli kekentalan 10w-40 / 15w-40 (sering disebut "oli encer") itu perlu diluruskan juga.....

'Kan keduanya oli multigrade, yakni bisa menyesuaikan kekentalan sesuai perubahan suhu mesin. Kalo mesinnya panas dia mengental, dingin mengencer. Jadi "oli encer" pun akan mengental kalo panas dan sebaliknya "oli kental" pun akan mengencer sewaktu dingin.

Nah mengenai mana yang mampu lebih responsif mengencer & mengental itu tergantung indeks kinematic viscosity-nya (KV), makin tinggi tentu makin baik.

Umumnya oli bisa memiliki indeks KV yg bagus karena aditifnya bagus, dan umumnya itu oli full synthetic, sangat sulit oli mineral mencapai indeks KV yang bagus. Jadi oli ber-KV bagus itu akan lebih responsif perubahan kekentalannya dari oli yg ber-KV lebih rendah. Jadi kalau kita tetap pakai terminologi "oli encer" dan "oli kental", maka bisa terjadi "oli kental" (yang notabene biasanya adalah oli2 mineral) lebih lama mengentalnya daripada si "oli encer" dan sebaliknya, jadi mislead kan....

Rgds,

agung
04-23-2010, 07:48 PM
luar biasa...saya terharu dengan respons para ahli kymcoers...terima kasih yg tak terhingga atas konsultasi n informasinya untuk semuanya....forum ini benar-benar mantap.....hidup kymco..

eazycomeneazygo
04-24-2010, 12:40 AM
^ lho hasilnya gimana Mas Agung ?
masalah & solusinya sudah ditemukan atau belum?
Silahkan diupdate disini untuk berbagi pengalamannya, & pastinya akan berguna buat pembaca yang lain.... ditunggu ya Mas http://www.kymco.or.id/images/icons/icon12.gif

asep dani
05-24-2010, 08:04 PM
Maaf, main nyelonong aja...serupa tapi tak sama:
Trend 2000 saya juga berasap putih....malah kadang tebal tuh asapnya..
tapi berasap kalo pagi aja, atau cuaca dingin, pas awal nyalain motor...sudah itu ngilang...kira2 penyebabnya apa ya...??? knalpot kering ga ada tanda2 oli kebakar....

Riza
05-24-2010, 08:56 PM
Maaf, main nyelonong aja...serupa tapi tak sama:
Trend 2000 saya juga berasap putih....malah kadang tebal tuh asapnya..
tapi berasap kalo pagi aja, atau cuaca dingin, pas awal nyalain motor...sudah itu ngilang...kira2 penyebabnya apa ya...??? knalpot kering ga ada tanda2 oli kebakar....
Coba kalau pas ada asapnya itu pakai cermin kaca ditaruh depan moncong knalpot, jika ada embun menempel di cermin kaca itu sebenarnya kondisi Kymconya adalah sempurna.
Hasil pembakaran yg bagus adalah H2O yg tiap hari wajib kita minum :cool:

abanganton
05-24-2010, 09:02 PM
Coba kalau pas ada asapnya itu pakai cermin kaca ditaruh depan moncong knalpot, jika ada embun menempel di cermin kaca itu sebenarnya kondisi Kymconya adalah sempurna.
Hasil pembakaran yg bagus adalah H2O yg tiap hari wajib kita minum :cool:

wah... tadi pagi nyoba... tapi pake botol plastik bening...tujuannya sih mau kringkan bagian dalem botol, tapi malah berembun...
Horee... pencernaan si Kodok Ijo sempurnaa... :D

kang_aip
01-20-2012, 11:06 AM
waduh.. baru tw kl pas nyalain motor pagi2/udara dingin keluar asep putih berarti motor sehat..?
bukanya ada yg bocor ring sehernya or bared bagian cilindernya?
berarti liberoku jd sehat dong setelah setting karbu+skir klep+ganti busi, soalnya dah 2 pagi ini keluar asep putih tebel kl pas baru nyala... hehehe

mohon bantuannya...

keke
01-20-2012, 04:01 PM
waduh.. baru tw kl pas nyalain motor pagi2/udara dingin keluar asep putih berarti motor sehat..?
bukanya ada yg bocor ring sehernya or bared bagian cilindernya?
berarti liberoku jd sehat dong setelah setting karbu+skir klep+ganti busi, soalnya dah 2 pagi ini keluar asep putih tebel kl pas baru nyala... hehehe

mohon bantuannya...

ikut tersenyum aja om.........

Riza
01-20-2012, 04:08 PM
waduh.. baru tw kl pas nyalain motor pagi2/udara dingin keluar asep putih berarti motor sehat..?
bukanya ada yg bocor ring sehernya or bared bagian cilindernya?
berarti liberoku jd sehat dong setelah setting karbu+skir klep+ganti busi, soalnya dah 2 pagi ini keluar asep putih tebel kl pas baru nyala... hehehe

mohon bantuannya...
Kalau di desa saya udara jarang dingin, jadi jarang ada uap airnya.
Coba Mei dibawa, biar bisa test, jika udara panas tetep keluar asap, berarti ngisi olinya kelewat banyak :D

kang_aip
01-20-2012, 04:37 PM
silahakan mas bro keke...semoga menghibur,,,
Masa seh mas Riz dsana ga pernah dingin, minggu kmaren ksana perasaan dingin bgt,(bukan k rumahnya situ ya..) daerah bantul...

aku khawatir aja mas bro liberoku olinya naik k pembakaran, mana baru jatuh cinta neh sm kymco.....
skr kl tau penjelasannya kan jd tenang... makin dielus2 tu si kymber..
berarti yg bikin asep putih itu uap air yg kbakar apa kpanasan ya? msh ga ngerti :confused:
nyari ilmu dl biar ga sesat.......

keke
01-21-2012, 12:44 AM
silahakan mas bro keke...semoga menghibur,,,
Masa seh mas Riz dsana ga pernah dingin, minggu kmaren ksana perasaan dingin bgt,(bukan k rumahnya situ ya..) daerah bantul...

aku khawatir aja mas bro liberoku olinya naik k pembakaran, mana baru jatuh cinta neh sm kymco.....
skr kl tau penjelasannya kan jd tenang... makin dielus2 tu si kymber..
berarti yg bikin asep putih itu uap air yg kbakar apa kpanasan ya? msh ga ngerti :confused:
nyari ilmu dl biar ga sesat.......

wah om kl ngebul putih,pengalaman di SR saya ternyata banyak faktor....he he he
silahkan di check ke makanik yang ahli di bidanya om he he he

Riza
01-21-2012, 08:54 AM
Jogja dingin itu akhir Juni sampai awal September. Itu dah kontrak alam di Jogja. Kalau pada bulan-bulan itu ngebul lha trus turun mesin getoo :confused:
Yg tahu pasti itu adalah orang yg paling dekat dengan Kymconya, jadi jika dirimu sendiri yg dekat maka tanyalah pada dirimusendiri.
Bau asap putih jelas bisa terdeteksi, semua orang tahu lah :rolleyes:
Jika dicermati asap oli itu putih kebiru-biruan, pasti baunya oli terbakar, ga mungkin bau durian hehehe :)
Mau lebih pasti lagi ganti oli mesin dengan yg mengandung pewangi, jika bau pewanginya itu tercium maka sebenarnya ada oli yg terbakar, kalau ga salah produksi Federal Oil atau mungkin Penzoil. Dulu pernah untuk test motor tua ku :cool:
Jadi pasti terdeteksi asapnya itu asap oli atau uap air hasil pembakaran.
Uap air hanya berasap di seputaran ujung sampai kira-kira 15cm, semakin menjauh dari ujung knalpot asap akan lenyap, kalau asap oli bisa memenuhi ruangan spt garasi.
Sekali lagi kalau tanya aku tidak mungkin tahu to :p
Lha wong adoh, mongtore wae raketok :D

sambangdalan
01-21-2012, 09:34 PM
Coba kalau pas ada asapnya itu pakai cermin kaca ditaruh depan moncong knalpot, jika ada embun menempel di cermin kaca itu sebenarnya kondisi Kymconya adalah sempurna.
Hasil pembakaran yg bagus adalah H2O yg tiap hari wajib kita minum :cool:

wah om kl ngebul putih,pengalaman di SR saya ternyata banyak faktor....he he he
silahkan di check ke makanik yang ahli di bidanya om he he he

ikut nimbrung aahhhh, sekedar sharing pengalaman..
tentang keluar asap putih, sangat banyak faktornya... positive thinkingnya, kondisi mesin sangat bagus, seperti yang disampaikan mas Riza, hal ini kalau di mesin mobil, biasanya diikuti dengan sedikit tetesan air di ujung knalpot yang berasal dari embun2 di saluran2 mesin yang muncul saat warming up..tapi juga tidak selamanya demikian, di kasus yang lain, ada gejala air pendingin merembes ke ruang bakar..seperti yang saia alami baru2 ini, diagnosa bisa dilakukan dengan melihat kondisi busi, knalpot dan mengintip ruang bakar (bila memungkinkan)..
pada motor, seperti disampaikan mas Riza juga, saya jarang menemuinya di kampung saia, karena udara relatif kurang dingin,,tentang kemungkinan ada parts mesin yang amsiong, sependapat dengan bro keke, banyak faktor, coba dirunut satu persatu..
- dari seal klep yang (mungkin) longgar/sudah kurang elastis, sehingga oli merembes melalui batang klep, masuk ke ruang bakar lalu ikut kebakar (seandainya yg bermasalah seal klep inlet) bisa diliat dari busi yg aga basah beraroma oli..seandainya yg bermasalah seal klep exhaust, kondisi ruang bakar bersih, karena rembesan oli langsung terdorong gas buang, biasanya asap putih semakin tebal saat mesin panas..
- seandainya bos klep yg amsiong, gejala serupa dgn yg disebabkan seal klep rusak, dikarenakan lobang bosklep aus, longgar, jalannya batang klep aga goyang dombret, otomatis seal klep ikut longgar, agak lebih parah ngasapnya..kalo faktor ini kadang diikuti kekacauan kompresi karena kadang payung klep tidak kembali duduk sempurna
- kemungkinan lain dari ring piston oli (yg ketiga) sudah kurang elastis, jadi ada rembesan oli dari bawah, cipratan dari kruk as yg ikut naek ke ruang bakar..seandainya piston dan liner masih bagus, kompresi tidak begitu terganggu.. seandainya piston&liner aus, menyebabkan gap ring piston longgar,.noda oli di busi lebih banyak, u\ kondisi yg sangat parah, ngasap terus, bahkan diikuti oli yg sampe ke knalpot..
- kemungkinan laen, dari kompresi yang kurang bagus karena kerak di payung klep, menyebabkan pembakaran kurang seempurna
- bisa jadi dari faktor karbu, baik dari setelan atau kondisi karbu, kalo faktor ini, biasanya asap berbau menyengat hidung, pedih di hidung atau mata..

agak susah memang kalau tidak melihat kondisi langsung..
maaf bila terlalu banyak mendongeng, mohon koreksi bila salah..

Riza
01-21-2012, 11:25 PM
Yups baca aja capek, apalagi nulisnya :rolleyes:
Jika bisa lihat langsung seperti yg punya, tentu segalanya mudah :cool:
Semoga tidak capek baca artikel Bro Sambangdalan di atas :cool:

sambangdalan
01-21-2012, 11:37 PM
hehehe...betul.betul.betul..saia baru nyadar juga mas, berhubung mata aga riyep2, mata mesti berakomodasi penuh..cape juga..
mohon maaf semuanya, moga laen kali bisa sharing lebih baik..

Riza
01-21-2012, 11:40 PM
Hahah,,,, aku aja hanya baca 2 baris kalimat terakhirmu.
Sipp sharingnya :cool:http://www.kymco.or.id/images/icons/icon14.gif

kang_aip
01-22-2012, 03:33 PM
baru OL Lg neh,tnyata dah bertambah lg ilmu neh... makasih banyak for all, sy pribadi senang baca2 sperti ini jd sedikit banyak bs langsung paraktek..malah sy betah bacanya mas riz,jd ga cp lah untuk sbuah ilmu mah..kl dah mentok tools baru deh kbengkel trs qt tinggal supervisi,bukan bgt? tq mas sambangdalan..nice share...

kang_aip
01-22-2012, 04:20 PM
smoga aja yg nulis ilmunya ga bosen,krn ilmu yg manfaat dpt pahala lho..hehehe (biar smangat) si kimber td pg msh kluar asep tp tifis n sbentar krg dr 1mnt pas mo dfoto asepnya kburu ilang,kl misal seal ma klep n area sktr itu mslh kynya ngga deh,soalnya br skir klep+ganti seal (ori lho),asep pun ga bau mnyengat or bau oli kbakar..n kl plg kerja stlh parkir slama 9jaman mtr dnyalain ga berasap (jd cm pagi to)..brsmbung...

kang_aip
01-22-2012, 04:29 PM
sambungan.. kl misalkan area ring ma piston bermasalah,motor ga ngebul kl dah langsam or dgeber smp 100km/j pun enteng n ga ngebul..kemaren dsinyalir los kompresi jg tnyata ngga deh soalnya stlah stel karbu+gap busi motor jd gmpang nyala mski dtowel (konsul di hlm lain ma om riza jg ttg kickstater ga nyangkut)...jd mkn si kymber lg dlm keadaan smpurna skr ya.. thanks all for sharing ilmunya...

sambangdalan
01-23-2012, 11:12 AM
...... si kimber td pg msh kluar asep tp tifis n sbentar krg dr 1mnt pas mo dfoto asepnya kburu ilang,kl misal seal ma klep n area sktr itu mslh kynya ngga deh,soalnya br skir klep+ganti seal (ori lho),asep pun ga bau mnyengat or bau oli kbakar..n kl plg kerja stlh parkir slama 9jaman mtr dnyalain ga berasap (jd cm pagi to)..brsmbung...

turut senang masbro.. berarti mesin anda sehat tuh..

baidewai... masbro TS kemana yah, koq belum muncul2 lagi..

eazycomeneazygo
01-23-2012, 11:36 AM
baidewai... masbro TS kemana yah, koq belum muncul2 lagi..

TSnya mungkin dah gak punya Kymco, lha wong TS posting tgl 22 April 2010 2 tahun lalu.

sambangdalan
01-23-2012, 02:15 PM
TSnya mungkin dah gak punya Kymco, lha wong TS posting tgl 22 April 2010 2 tahun lalu.

hadewh turut prihatin jikalau memang benar demikian.. padahal cobaan-cobaan saat menggauli suatu tunggangan itu sesuatu yang mengasyikkan..

kang_aip
01-26-2012, 08:01 PM
Iya ya TS nya ga balik maning..... (tongak-tengok....):confused:

jeffry
01-26-2012, 09:21 PM
Iya ya TS nya ga balik maning..... (tongak-tengok....):confused:

Pegimanah kalo kang aip besok malem kumpul di surga baiker sama kymcoer nyang dari bintaro...deket kok dari polsek sukmajaya...cuman kurleb 300 m sajah...pan bisa ngalor ngidul ngobror nyah...

kang_aip
01-27-2012, 11:09 AM
Terimakasih banyak om jeffry atas undangannya, jd terharu..
pengen bgt bisa kumpul2 ama om bro kymcoers smuah...tp maaf beribu maaf, u/ nt malem blom bisa om krna ada suatu hal n lain2....mudah2an lain waktu bisa ya om bro....

masbro
01-30-2012, 09:50 PM
Punten Senior2 kymco,,,
banyak pencerahan nih baca2 di forum ini,,, saya super junior alias masih newbie banget ( baru 1 menit lalu daftar)

saya punya masalah yang krg lebihsama kaya TS....
Motor saya Trend 2000 sedikit banyak di page 2 ud di jelasin tp mau share lagi (karena gak banyak tahu masalah mesin motor)

1. Knalpot saya berasap banget,apalagi pas di gas kenceng setelah berhenti...jadi kagak enak sama pengendara motor lain, kalo lagi macet di jalanan Bandung...saya tarik gas...asapnya nutupin pengendara di belakang saya :(

2. Oli jadi sering cepet habis... saua pake PRIM*-XP 20-50W... kira2 2 minggu pasti udah habis. jadi dalam sebulan saya musti 2x ganti oli...kejadian ini ud mulai dr november 2011

3.di ujung knalpot basah,,seperti oli nya muncrat2 gitu..pas pagi2 dinyalain asap gak terlalu tebal tapi sesudah jalan Kondisi nomor 1 mulai beraksi

- Mohon pencerahan dari kakak2 senior semua,,dan kalo ada yang tahu di Bandung bengkel kymco itu dimana aja y?

- terima kasih banyak
-salam masbro-

Riza
01-30-2012, 10:31 PM
Wah kalau itu perlu diteliti lebih jauh, kalau performancenya masih bagus, misalnya masih bisa lari 90km/jam maka kemungkinan hanya seal olinya.
Daftar bengkel ada di sini:
http://www.kymco.or.id/forumdisplay.php?f=79
Silaken pilih.
Semoga tidak mahal biayanya.

masbro
01-31-2012, 10:55 AM
Performa masih kenceng...meskipun gak sekenceng yg sudah2 mas Riza.
terima kasih infonya..:p

kang_aip
01-31-2012, 11:18 AM
Cepet2 cek up mas bro... takutnya nge-jem (apa iki) di jalan,,bisa putusin vbelt nt.. hii angker,,,,

masbro
01-31-2012, 11:18 PM
pernah cek up...kata montirnya suruh bongkar mesin....krn waktu itu oli 1 bulan sekali pasti habis...

(udah kebayang duit yang mesti dikeluarin) ra kuat tenan masbro.... dgr dari nyang pny bgkl kira2 1.5juta.........

modiarrrr.... lha kepriband... duit segitu buat kantong pelajar,gmn tuh...mikir2 dulu..

pada akhirnya skrg terjadi bbrp masalah sm trend ane,, semoga smpe lulus kuliah masih bisa berjaya di jalanan...saksi hidup perantau banget motor ane gan <<<< malah curhat :-(

Riza
02-01-2012, 07:16 AM
Performa masih kenceng...meskipun gak sekenceng yg sudah2 mas Riza.
terima kasih infonya..:p
Jika ngebul dan performa menurun, kayaknya mmg bagian-bagian vitalnya yg kena.
Jika sekarang masih halus suara mesinnya pertahankan oli jangan sampai habis, tiap hari diperiksa ketinggian permukaan olinya. Jalan langsam-langsam dulu ajah.
Jika sampai suaranya jadi ga karu-karuan, biaya pasti nambah dari titik sekarang.
Setuju dengan Kang_aip http://www.kymco.or.id/images/icons/icon14.gif

mtaufik
02-01-2012, 08:03 AM
Kalau sampai berasap kayak mesin 2 tax, bisa dipastikan ring sehernya sdh aus.
saran saya cepat saja diperiksa, mudah mudahan hanya ring sehernya yg aus belum merembet ke yang lainnya.

Riza
02-01-2012, 09:32 AM
@Masbro, tidak ada jeleknya Anda tanya langsung ke Mas Taufik untuk bengkelnya, meski skr blm ada dananya, nanti-nanti kan ada juga, toh Kymco itu ngrejekeni kok asal dirawat dengan baik.

mbah gundul
02-01-2012, 10:46 AM
pernah cek up...kata montirnya suruh bongkar mesin....krn waktu itu oli 1 bulan sekali pasti habis...

(udah kebayang duit yang mesti dikeluarin) ra kuat tenan masbro.... dgr dari nyang pny bgkl kira2 1.5juta.........

modiarrrr.... lha kepriband... duit segitu buat kantong pelajar,gmn tuh...mikir2 dulu..

pada akhirnya skrg terjadi bbrp masalah sm trend ane,, semoga smpe lulus kuliah masih bisa berjaya di jalanan...saksi hidup perantau banget motor ane gan <<<< malah curhat :-(
klo ngebul diipastikan ada oli yg masuk ke ruang bakar
penyebabnya kmungkinan berkutat di booring, per seher, seal klep, bushing klep
ganti booring paling mahal 250rb, seher 1 set 300an, seal klep ga mahal, bushing jg ga terlalu mahal
ganti semua itu totalnya ga sampe 1,5 include ongkos bongkar pasang
CMIIW

mtaufik
02-01-2012, 11:22 AM
Kalau cuma ganti ring seher saja paling sekitar 500rb-an
Tapi kalau sampai borring sekitar 1jt-an
Montirnya Cari aja Mang Aso di CKP jl. Moh. Toha 101

masbro
02-01-2012, 04:56 PM
Kalau cuma ganti ring seher saja paling sekitar 500rb-an
Tapi kalau sampai borring sekitar 1jt-an
Montirnya Cari aja Mang Aso di CKP jl. Moh. Toha 101

ok mas taufik.... makasih banyak infonya..
semoga cepet ngumpul duitnya hehe... ud kepengen tancap gas seperti dulu...

masbro
02-01-2012, 04:58 PM
@Masbro, tidak ada jeleknya Anda tanya langsung ke Mas Taufik untuk bengkelnya, meski skr blm ada dananya, nanti-nanti kan ada juga, toh Kymco itu ngrejekeni kok asal dirawat dengan baik.

bener mas Riza...
adoh2 dari magelang tekan bandung.... ud jadi tongkrongan slma d bdg,,ga ada si hitam kuliah gak lancar.. hehehe