PDA

View Full Version : Masalah Listrik-Indikator Accu sering hidup mati sendiri...


abanganton
06-25-2008, 08:52 PM
hiiiy... ada penunggunya kah ? :shock:
nggak kok.. Masalahnya hanya, saat berjalan, lampu indikator accu yang merah itu kadang menyala.. kadang mati lagi.. kadang menyala terang sekali..kadang menyala redup... dan itu semua terjadi saat mesin masih hidup/motor berjalan.
Soal accu nggak baik diketahui sejak Accu sudah nggak bener tegangan keluarannya. Tapi ketimbang ganti Accu, saya kuras saja, ganti dengan air zuur baru. Dan hasilnya masih oke, starter tiap pagi masih tokcer, walaupun tegangan keluaran masih rendah (sekitar 10V lebih). Arus nggak diukur. Itu sudah 6 bulan yang lalu.
Sejak sekitar sebulanan lalu aplikasi percobaan Hydroxy Booster , yang menambah beban ke Accu, Accu tekor beberapa kali selagi jalan, dan mesin mati. Hal ini terlihat dari tidak mampunya mesin dihidupkan pake start jempol saat itu.
Suatu saat, seminggu yang lalu, dimana hydrogen Booster dilepas, terjadilah kejadian spt alinea pertama di atas...
Pertanyaannya, apakah memang spt itu tanda-tandanya kalau accu sudah mulai tekor/nggak bener/harus di-lem biru ?
Tapi kenapa start jempol pagi2 masih mampu..?
Saya sudah cek kabel di tebeng depan, dan sepertinya nggak ada masalah.. nggak ada yang short atau apa lah...
Kalo lagi kambuh (lampu indikator nyala) saat motor jalan, lampu jadi redup, lampu sen iramanya jadi melambat... tapi kalo motor diberhentikan dan mesin dimatikan, kemudian dihidupkan lagi, hilang masalah tsb, walau untuk sementara. 15 menit kemudian biasanya terulang...
bingung... :roll:
Kalo pengamatan saya nggak keliru, kejadian tsb muncul setelah saya buka gas full throttle alias gas bejek abis, putaran mesin tinggi...
Mohon pencerahannya bapak-bapak, mas-mas sekalian...
Oh ya, motornya Trend 2000. Kelistrikan bisa dibilang masih standar... kecuali penambahan lampu sen belakang kiri-kanan yang perbuahnya cuma 5Watt, dan pemasangan klakson 10 tipe bunyi nggak tau makan berapa watt (lagipula klakson jarang sekali dibunyikan...)

Salam,
Anton

Riza
06-25-2008, 09:09 PM
Umur akinya berapa tahun?
Coba dicharge minimal 4 jam untuk mengembalikan staminanya.

abanganton
06-25-2008, 09:17 PM
good question... berapa tahun yah... :roll: kudu tanya ke si empunya dulu... :? kayaknya sih memang udah lama.
BTW, sebenarnya pengen tahu saja, apakah memang spt itu perilakunya kalau aki udah drop?
Saya cuma pengen menghidari deja vu, udah ganti aki baru, tapi kejadian terulang kembali... :P yang artinya masalahnya bukan pada aki.
Saya coba deh charge dulu sabtu besok... thanks inputnya, mas Mods..

Riza
06-25-2008, 09:20 PM
Saya sudah ganti aki YTX9-BS umurnya selalu 3 tahun-an, sudah 2 kali, yang terakhir sudah berumur 2 tahun, direncanakan tahun 2009 ganti baru, meski demikian ada rekan yang 3,5 tahun belum ganti aki.

wisnu
06-25-2008, 10:02 PM
trakhir pake Keijie n abis umur nya dan sekarang pake Gexin (dua2 nya China product) n mirip bgt sama YTX9-BS mudah2 an aman2 saja sampai 2011 heu heu heu...perlakukan aki dan cek pas mau bersih karburator sekalian kencangkan apabila ada yang longgar jangan lupa cek sikring nya juga...thx..............................

Riza
06-25-2008, 10:21 PM
Tips nya top :cool:
Ada 1 lagi varian Kaijie yaitu: Hi-Jie saudara sepupunya kali :lol:
Yang saya pakai sekarang Kaijie (Trend2000) dan Hi-Jie (Dink) bukan hanya mirip tetapi typenya memang benar-benar YTX9-BS, merk lain bisa Yuasa, Rocket dll.
Masalahnya ketika beli aki buat replace harganya tidak naik, tapi ganti harga :lol:

muafan
06-26-2008, 10:37 AM
klo lampu indikator aki nyala sewaktu mesin hidup. setahu saya ada masalah di pengisian aki. bisa kiprok atau malah hal sepele sikring yg deket aki putus.

saia pernah nemu yg pernah mengalaminya di trend2000, saat mtr mau jalan lampu indikator aki menyala tp saat iddle lampu indikator mati. setelah 2 hari seperti itu, akhirnya klakson sember malah ga bunyi, lampu depan akhirnya redup, dan semua lampu2 mati, dan mesin pun akhirnya mati. start elektrik ga bisa, tp di engkol mesin masih hidup. setelah aki di charge, cuma bertahan 2 hari, indikator akipun menyala kembali. dan akhirnya tersangkanya adalah kiprok, ditebus seharga 200 sekian ribu rupiah. dan semuanya kembali normal.

btw, ternyata bajaj pulsar 180 punya spek yg sama dgn aki trend2000 12v-9A, tp dimensi akinya ga tau deh sama atau ngga.

abanganton
06-26-2008, 10:49 AM
pada Trend2000, dekat aki ada 2 sekering. Yang satu meleleh karena panas, yang satunya sudah menunjukkan tanda2 kepanasan, hampir meleleh. Sudah saya ganti keduanya. Tapi indikator aki masih suka hidup mati.
Minggu lalu Kinal montir di Beres Bintaro bilang kalo kiprok yang terpasang di kymco saya bukan orisinil kymco. Nggak tau ambil dari merek apa, karena bengkel pinggir jalan yang gantiin, sebelum saya tahu Beres Bintaro (sebelum gabung di forum :wink: )
Kinal bilang bisa aja nggak bener kiproknya. Harus test ganti yang baru dulu untuk liat apakah kiprok lama memang ngaco.
Apa nggak ada cara lain ngetes kiprok yang terpasang ?

asmaraku
06-26-2008, 02:28 PM
ikut nimbrung kasi comment, karena ini saya alami sendiri sama Trend2000 saya. setahun terakhir starter di jempol (electrik) udah ga bisa!!!
cuma bisa di engkol dan mesin masih bisa nyala, tp lama2 engkol terus ya cape bosss....
di cobalah beberapa test dan hasilnya:

1. test di ganti aki baru krn ada kemungkinan aki lama sudah tekor/lemah-- hasilnya tetap tidak bisa nyala

2. di test ganti kiprok (pinjem temen yg kymconya lg di Beres)--hasilnya tetap tidak bisa nyala..( kata mekanik kl dalam keadaan mesin mati lampu indikator menyala berarti kiprok msh bagus krn menyimpan listrik, tp kl mesin hidup lampu indikator tetap menyala biasana akinya lemah...CMIIW)

3. di test ganti switch relay otomatisnya( maaf saya ga tau yg ini istilahnya apa) bukan yg ori , cm bertahan 2 bulan

4. di ganti spul starter di dinamonya jg sudah....yg ini aga berhasil tp tetap tidak bisa lama....4 bulan sudah ga bisa stater electric lg.....

5. terakhir...... di ganti dinamo stater tebus seharga Rp. 280an ribu.....
Pasang...langsung....GGRRREEEENNNGG.....

itu pengalaman yg saya alami di Trend 2000 saya...
Kalo masalah aki tekor akan sangat terasa pada lampu dan klakson menurut ilmu bodo saya...dan aki ori dr KYMCO memang lebih baik dr yg merek lain. kebetulan aga susah cari aki yg mas Riza sebut di Bogor...

--SALAM KYMCO--
________
Live sex webshows (http://livesexwebshows.com/)

asmaraku
06-26-2008, 02:43 PM
Saya sudah ganti aki YTX9-BS umurnya selalu 3 tahun-an, sudah 2 kali, yang terakhir sudah berumur 2 tahun, direncanakan tahun 2009 ganti baru, meski demikian ada rekan yang 3,5 tahun belum ganti aki.

Mas Riza, gmana perawatan aki yg baik seh, apa betul aki kering lebih baik dr yg basah.....skrg saya pakai aki basah.....dan umur pemakaian tidak tahan lama....1 tahun lebih sdh drop
maaf jd malah ikutan nanya...
________
SexyBarbie (http://www.girlcamfriend.com/cam/SexyBarbie/)

abanganton
06-26-2008, 03:31 PM
maap... double post... :wink:

abanganton
06-26-2008, 03:52 PM
nah kalo ini gantian saya yang jawab... walaupun sharing info saja dari salah seorang mekanik.
Aki basah lebih baik daripada aki kering dalam hal ketahanan dan re-build.
Ketahanan, kata si mekanik, daya tahan tegangan keluarannya lebih stabil, maksudnya masih relatif sama walaupun cukup usia...
Maksud re-build ini lebih kepada kuras aki dan ganti air baru, sehingga kondisi "segar" kembali.
Kalo aki kering nggak bisa rebuild...cmiiw.
Kelebihan aki kering : Free Maintenance. nggak perlu cek rutin ketinggian air dsb...
Nggak bener2 Free Maintenance seehh... kudu rajin2 juga cek2 kekencangan baut kutub aki, spt kata mas Wisnu, dan... keep it out of water...
kalo cepet dropnya, faktor yang memungkinkan... pengisian yang jelek... entah itu generator/sepul atau penyearah arusnya/kiprok, atau minimnya kontrol ketinggian air, atau pemakaian beban listrik yang melebihi kapasitas aki...

Riza
06-26-2008, 04:37 PM
Aki terbaik adalah aki sesuai spesifikasi yang diminta desainer motornya.
Kalau aselinya kering ya kering, kalau basah ya basah :lol:
Untuk keawetan jika Trend 2000/Dink pastikan tipenya: YTX9-BS, silakan pilih merknya menurut kemantapan hati, ada rocket, Yuasa, Hi-Jie, Kaijie dll.

Kalau masalah rebuild, pernahkah memakai aki yang sama lebih dari 4 tahun? Artinya rusak direbuild lagi, jadi bisa jalan lagi, maaf saya tidak pernah percaya :lol:

Perawatan selalu periksa aki, minimal kalau ganti oli => padahal ini tak pernah jadi prosedur resmi di BERES :sad:
Ganti oli, tune up, bersihin karbu, filter dll tapi aki tak diperiksa :sad:
Padahal aki sekarang mahal banget.
Kalau sowak recharge minimal 4 jam.
Good luck.

TheBlackDevil
06-26-2008, 06:04 PM
Wah penyakitnya mirip trend saya...

Kirain dari sekring dicek ganti baru tetep..., bersihin soket... tetep, cek kabel2 kadang2 jadi bener tapi setelah neken starter gak idup, dan lampu merah nyala lagi... duh apanya ya?

Sampe trend 2000 ku di bongkar tinggal rangka, iseng2 bongkar accu, ternyata eh ternyata... itu kutub + ama - nya karat, putih2 gitu... akhirnya di amplas, sampe mengkilat, dan menyala lagi, sehat seperti sediakala... Sepele ya?

Menurut info, si kutub2 accu ini usahakan di bersihkan setiap kali servis rutin, supaya pasokan listrik bagus dan stabil = kelistrikan lebih awet...

abanganton
07-01-2008, 09:01 PM
wiken kemaren udah lakukan saran kang Pupung, bersihin dan amplas terminal kutub aki, sampe bersih banget.
Semua sekering yang di dek depan juga udah diganti baru dan rapet jepitannya, jadi nggak ada yang longgar.
Awal jalan, kelihatan normal. Agak lama, mulai lagi penyakitnya. nyala redup.. trus mati.. trus hidup terang... trus mati lagi...
Dicoba matiin masin, trus iduin lagi, normal sebentar, trus kambuh lagi...
Awalnya penyakit timbul lagi setelah bersihin aki, saat gas digeber full throttle... sepertinya memang aliran listrik ke aki terhambat, dugaan kuat memang kiproknya udah nggak normal, nggak stabil mengubah dan menyearahkan arus ke aki...
Pertanyaan seperti postingan sebelumnya : gimana caranya ngetes kiprok tanpa harus nyobain pasang yang baru..?

hann
07-01-2008, 10:55 PM
Sepertinya di bku panduan terbitan bro Momod Jogja ada deh cara ngetes CDI..alatnya pake multitester cuman prosedurnya lupa secara itu buku lagi dipinjem temen.. :(

Riza
07-01-2008, 11:11 PM
Halaman 14-5 :lol:

http://img143.imagevenue.com/loc640/th_25077_Test_kiprok_122_640lo.JPG (http://img143.imagevenue.com/img.php?image=25077_Test_kiprok_122_640lo.JPG)

Klik aja untuk memperbesar.
Selamat membaca.

diki
07-03-2008, 09:51 AM
gimana caranya ngetes kiprok tanpa harus nyobain pasang yang baru..? [/quote]

Sharing aja abanganton,

kalo saya dulu ngetesnya pake AVO yaitu

1. Tes dulu akinya saat mesin idup ----- ketemu berapa volt
2. coba hidupkan lampu, sein, klakson bila perlu .... tes berapa
volt ..mestinya tuh tegangan jadi turun ..
3. lalu perlahan digas aja sampe kira2 4000 - 5000 rpm .kondisi lampu2
nyala.. lihat lagi di AVO, aki jadi berapa volt :
a. apabila tegangan naik diatas 12 berarti ada pengisian dari kiprok
berbanding lurus dengan bejegan gas.
b. apabila tegangan tetep sama ga naik setelah di gas berarti kiprok
ga mau ngisi alias uda rusak.

Semoga bisa membantu.

Salam,
Diki

abanganton
07-03-2008, 02:18 PM
saya belum sempat buka forum di rumah, kalo dikantor, gambar yang mas Riza posting nggak bisa kebuka. biasa lah, kebijakan kumpeni.
trims untuk tipsnya, mas Diki...
saya akan coba dulu weekend ini.
BTW, mungkinkah kiprok nggak stabil ? maksudnya, kadang bekerja baik, kadang tidak... saya menduga ini karena indikator aki kadang menyala, kadang tidak saat mesin hidup.
Yang pasti, kalo sepanjang jalan indikator aki menyala, saat mesin dimatikan, dan kemudian distarter lagi, nggak bakalan "ngangkat", alias tekor akinya.
tapi, pernah juga, sepanjang jalan, indikator aki nggak nyala, dan saat distarter ulang, "greng"... aki ngisi... kenapa ogah-ogahan gitu ya ?

muafan
07-03-2008, 05:37 PM
dateng ke beres minjem kiprok, trus test ride.

tapi buat lebih aman dan nyaman, tanya aja mekanik beres, pasti taulah ngecek kiprok gimana.
kalo lampu indikator aki menyala sewaktu mesin juga nyala memang ada masalah di pengisian aki.

nah repotnya di trend2000, ada lagi alat namanya charger control, alat ini juga bisa rusak. lokasinya di dalem tameng depan. warnanya abu2, fisiknya mirip2 kiprok (klo kiprok warnanya hitam).

http://autos.groups.yahoo.com/group/KYMCO-INDONESIA/message/4362

TheBlackDevil
07-05-2008, 06:11 AM
Betul juga kata mas Muafan, CCU (Charge Control Unit) bisa juga rusak... Bila selama ini tidak ada masalah dengan pengisian, dengan kata lain distarter masih bagus, dan tegangan accu normal, kemungkinan CCU nya sudah lemah. CCU hanya ada di Trend 2000, di Trend SR dll nggak ada.

Menurut Saya CCU ini tidak memegang peranan vital, tapi memang penting untuk indikator masalah kelistrikan.

abanganton
07-05-2008, 10:19 AM
tadi malam saat ngangkring, tanya2 ke Sutarmatic.
menurut dos-q, tanda2 spt itu memang pengisian yang masalah. Tapi soal komponen mana yang bermasalah, harus diurut dan dites satu-satu.
Kiprok masalah/rusak, harusnya indikator aki selalu hidup saat mesin hidup.
CCu masalah, tegangan bisa terlalu tinggi, karena menurutnya CCU berfungsi untuk menampung/membuang kelebihan arus yang masuk pada aki saat charging. Mengenai apakah ngaruh ke indikator aki kalau CCu rusak, Sutar nggak komen.
BTW, seharian kemarin, 3 kali mesin bekerja, Rumah-Kantor, Kantor-Angkringan, Angkringan-Rumah, masing2 kira2 15km. Nggak pernah nyala lagi itu indikator.
Saat saya cerita ke Sutar bahwa seharian ini (Rumah-Kantor-Angkringan) indikator nggak pernah nyala lagi, doi recommend banget untuk bongkar perkabelan. Karena sepertinya ada koneksi yang terputus sambung.
Masalahnya, nggak sempat ke bengkel nih untuk 2 minggu kedepan... :(

TheBlackDevil
07-05-2008, 11:49 AM
umur trendnya sudah berapa tahun nih, Menurut Pak Tekky Dutamatic, Setelah 5 tahun, perkabelan memang semestinya diganti, karena elasitisitas dan kualitas seal kabel sudah tidak bagus lagi. Kabel body itu harganya sekitar 100rban.

:D cuman usul aja... Memang tidak tenang kalau tunggangan lagi ada permasalahan, takutnya mogok dijalan :d

abanganton
07-06-2008, 01:36 AM
Sepertinya usul yang patut dipertimbangkan, kang Pupung... :)
Tapi, sejak jumat pagi, sampe hari ini, bahkan si Kodok Ijo sudah saya bawa pulang pergi Pd. Cabe-Bogor malam ini (+-60km), nggak muncul masalah itu... normal2 saja semuanya... Aneh...
Sepertinya memang masalah ada di perkabelan...
maklumlah, sudah 7,5 tahun usianya... :wink:

mas dalton
07-06-2008, 10:46 AM
pilihannya cuma 2 : ganti full kabel body dan kawan2nya atao lembiru ganti ma SR ...

wekekekekek

Riza
07-06-2008, 01:31 PM
Trend 2000 saya sudah 8 tahun, alhamdulillah tidak ada penurunan kinerja kabel :cool:
Semakin jarang dibuka, semakin bagus, perawatan cukup aki, kabel aki, rumah sekring dan sekringnya.

abanganton
07-07-2008, 08:43 PM
Maslah ini muncul sejak saya pasang Hydroxy Booster, mas... :wink:
sewaktu larutan elektrolitnya terlalu kental, kebanyakan baking soda, jadinya panas sekali... sampe aki drop waktu itu... :(

Riza
07-07-2008, 10:28 PM
Kan udah ada ilmunya, so what gitu lho :lol:

TheBlackDevil
07-07-2008, 11:39 PM
:D Kabel katanya kalau dialiri listrik terus menerus daya hantarnya akan berkurang, akibat dari panas, karat, dll... Dan seal sudah pasti bakal jadi rapuh walau tidak di buka2, nah sekalinya kena gesekan si seal karet ini langsung rusak.

Itu katanya lho mas, he..he..he..

Riza
07-08-2008, 06:01 AM
Motorku yg satunya udah berumur 24 tahun nggak apa-apa tuh, mungkin cuaca kali yach, ikut berperan.

abanganton
07-08-2008, 11:41 AM
update lagi... :D
Tadi malam, pulang dari kantor, si Kodok Ijo gak mau dibangunin pake jempol, maunya ditendang. Akinya jelas2 drop. Saat mampir sebentar di pinggir jalan, cuma 5 menit, lalu coba start jempol, bisa...!
Pagi ini bangunin Kodok Ijo dicolek pake jempol nggak mau lagi... :( kudu ditendang lagi...
Sampe kantor, matikan sebentar, trus coba lagi start jempol,.. bisa...!
jelas, kesimpulannya... Aki udah nggak bisa nyimpen stroom lama-lama...
Akinya minta diganti.. :!:
Jadi bingung... Awalnya yang dicurigai aki...lalu kiprok... trus perkabelan... sekarang balik lagi ke Aki...
tak bawa aja deh ke Beres... tapi belum sempat minggu ini... :cry:

muafan
07-08-2008, 12:47 PM
klo aki, kan sebenernya bisa dicek di tukang aki. mereka sptnya punya alat buat ngetes aki masih bagus atau dah ngedrop.

wisnu
07-08-2008, 08:53 PM
bisa sekali... coba di test di toko aki-accu heu heuheu pake tester husus bukan multitester biasa ntar jg ktauan apakah masih bgs atau emang dah harus ganti......kejadian nya kalau saya emang lampu redup banget n di starter ga ngangkat tapi sebelumnya kiprok coba jg siapa tau dah drop jg....stelah itu liat n priksa kabel2, sikring kalau memang aki dah drop ganti aja mudah2 an ga ada masalah lagi di pagi hari...jgn lupa periksa semua kabel klistrikan dan kabel aki yang nempel di aki tempel kuat2 dan olesi dengan grease-stempet biar bgs trs n kl mo ngisi aki penuh ya pake ajak jalan2 selama 4 jam heu heu heu :lol:

abanganton
07-15-2008, 10:32 AM
laporan...
setelah sekian lama mebiarkan penyakit si Kodok Ijo becokol, tadi malam saya bongkar tudung depan...
periksa dan urut kabel-kabel apakah ada yang hangus atau tidak konek, terutama yang terhubung dengan kiprok, CCU, dan lampu indikator.
Ternyata... :o ...hanya masalah kecil, yakni soket pada Kiprok. Ketika socketnya dibuka dan diintip, kelihatan seperti karat tipis pada hampir semua kakinya. entah karat atau debu yang mengendap/mengeras.
Curiga dengan itu, saya ambil ampelas halus, dan gosok semua kaki terminal pada soket cowok dan cewek, menggunakan bantuan tang buaya kecil. Sampai kelihatan warna kuning. Setelah semua diyakini oke, saya konek, dan running test 15 menit.
Tidak tampak lagi lampu indikator aki menyala ogah2an seperti sebelumnya. Aki mengisi dengan baik. :D
Setelah 15 menit, mesin dimatikan, dan nyalakan lagi pake jempol... greeng... tokcer.
Kesimpulan, Arus yang putus sambung pada salah satu kaki soket menyebabkan kinerja kiprok nggak sempurna. Penyakit yang nggak kelihatan spt sambungan kabel pada soket harus diwaspadai. :roll:

kymcokulari
01-19-2010, 11:41 PM
Angkat dikit topik lama...

Semingguan ini trend2k ku mengalami masalah yg sama, indikator accu nyala disaat mesin hidup apalagi saat rpm tinggi.
Kalau lagi 'sehat' maka sein, klakson dan starter berfungsi normal, klo lg 'kumat' sama aja gak ada accu, jadinya membahayakan buat yg biasa belok pakai sein dan memberi peringatan dgn klakson.
Untungnya blum sempat bongkar macam2...baru seputaran wadah accu, ternyata per di wadah fuse/sikring patah, sehingga fuse bukannya nonjol malah terbenam masuk di wadahnya sehingga saat dikencangkan terjadi shunt atau putus nyambung2.
Diakal2i sebelum penanganan tuntas, akhirnya fungsi starter, klakson, sein....serta pengapian menjadi normal lagi, terasa dari bunyi mesin yg jadi halus dan tarikan yg greget lagi.

Kenapa pengapian? Yaitulah, karena ibarat pembuluh darah semua harus kebagian, klo mampet di satu tempat maka ditempat lain akan kelebihan...Satu kabel tidak nyambung sempurna maka distribusi aliran listrik pasti akan tidak seimbang juga.

Riza
01-20-2010, 06:10 AM
Pengapian T2K memang campuran AC-DC, kalau supply 12V tidak lancar maka pengapian rontok pada RPM tinggi.
Kalau Dink tidak terpengaruh karena justru pakai full AC sistem CDInya.
Pernah kabel besar warna merah kejepit jok, ketika ada yang bonceng dan jalan kurang bagus spet dikorsletkan ke body, aki hampir terbakar, karena untuk kabel itu tidak ada sekring, listrik habis total, Dink tetep jalan, RPM tinggi tetep OK.

ranggasantika
05-19-2010, 11:58 AM
ungkit lagi hal lama

barusan sepulang dari tiki pas mo nyampe kantor buka gerbang secara tak sengaja ngeliat panel dan ternyata indikator accu nyala merah dengan terangnya..tapi perihal kelistrikan ampe barusan di cek gada masalah..

sesuai dgn trit ini, mulai dari sikring hingga konektor2 kiprok sudah di cek dan di bersihkan tapi teuteup euy indikator menyala dengan terang..

starter pun njreng dgn sekali sentuhan lembut hingga di coba beberapa kali...

adakah masukan lain?

klo untuk tes tukeran aki sepertinya belum mungkin cz gatau harus minjem aki siapa dengan spek yang sama untuk hari ini...

toni_tony
05-19-2010, 12:21 PM
indikator aki nyala merah ?... imho, lampu tsb menandakan bahwa arus pengisian ke aki terputus (kalau orang bilang : dinamo ampernya tidak ngisi), kalau kelamaan tentu akinya akan ngedrop karena tidak ada arus yg masuk... adakah pendapat lain ?...

ranggasantika
05-19-2010, 12:24 PM
apakah kiproknya tiba tiba rusak ?

mumpung masih terbongkar nih...

wiwik tjahjono
05-19-2010, 01:20 PM
motornya yang mana mas Rangga , normalnya memang demikian klo arus mengarah ke kiprox ( arus dari kiprox 0 atau lebih kecil karena kiprox rusak ) lampu indikator akan nyala.

Tapi pada kasus lain bisa saja rangkaian lampu indikator yang biasanya terdiri dari diode dan resistor ada yang rusak . Dalam kasus seperti ini indikator nyala bukan karena kiprox rusak tapi karena rangkaian tadi yang rusaki.

ranggasantika
05-19-2010, 01:56 PM
motornya yang mana mas Rangga , normalnya memang demikian klo arus mengarah ke kiprox ( arus dari kiprox 0 atau lebih kecil karena kiprox rusak ) lampu indikator akan nyala.

Tapi pada kasus lain bisa saja rangkaian lampu indikator yang biasanya terdiri dari diode dan resistor ada yang rusak . Dalam kasus seperti ini indikator nyala bukan karena kiprox rusak tapi karena rangkaian tadi yang rusaki.

motornya trend 2000 yg ijo seperti gambar di samping nama saya..

ehm, brati yang harus di runut kabel mulai dari si lampu aja ya pa wiwik..

mo coba saya telusuri nanti deh klo kerjaan dah beres hari ini..

terima kasih masukannya pa wiwik

By You
05-20-2010, 10:23 AM
Pengapian T2K memang campuran AC-DC, kalau supply 12V tidak lancar maka pengapian rontok pada RPM tinggi.
Kalau Dink tidak terpengaruh karena justru pakai full AC sistem CDInya.
Pernah kabel besar warna merah kejepit jok, ketika ada yang bonceng dan jalan kurang bagus spet dikorsletkan ke body, aki hampir terbakar, karena untuk kabel itu tidak ada sekring, listrik habis total, Dink tetep jalan, RPM tinggi tetep OK.

Easy 100 jg pernah jalan gak pake aki, memang bener motor jadi gak bertenaga di RPM tinggi.

Tapi setelah di kasih elco 10.000 mF jadi bisa untuk RPM tinggi.

Riza
05-20-2010, 10:42 AM
Easy 100 jg pernah jalan gak pake aki, memang bener motor jadi gak bertenaga di RPM tinggi.

Tapi setelah di kasih elco 10.000 mF jadi bisa untuk RPM tinggi.
Iya lah, elco/kondensator/kapasitor juga accumulator, boso jowone aki ;)

ranggasantika
05-21-2010, 06:01 PM
sampe dengan kemaren pagi tuh indikator aki masih nyala-mati dengan seringnya..

tapi ketika tadi malam harus ngawal tronton dari toriyo sukoharjo ampe keluar kartosuro si indikator aki malah redup nih ampe hari ini...gila tuh supir tronton, kendaraan segede gitu kebut2an dengan ngandalin klakson yang suaranya aduhai di tambah suara mesin yang mengaung-ngaung seirama dengan injakan pedal gas deh kayanya...

balik lagi ke indikator aki....
apakah kemaren itu kondisi aki memang sangat lemah? dan sekarang ini kondisinya sudah membaik?

ternyata memang ada cerita yang baru saya ketahui baru aja tadi pagi, yaitu selama saya pulang ke bandung kemaren ceritanya ada yang baik pengen manasin motor, tapi karena CDI saya bawa ke bandung untuk di tuker ma CDI Sijago ya walhasil tuh trend ijo ga idup2 tapi di stater terus..apakah karena itu ya jadi kondisi aki tidak fit?

Amet Gt
05-21-2010, 06:39 PM
sampe dengan kemaren pagi tuh indikator aki masih nyala-mati dengan seringnya..

tapi ketika tadi malam harus ngawal tronton dari toriyo sukoharjo ampe keluar kartosuro si indikator aki malah redup nih ampe hari ini...gila tuh supir tronton, kendaraan segede gitu kebut2an dengan ngandalin klakson yang suaranya aduhai di tambah suara mesin yang mengaung-ngaung seirama dengan injakan pedal gas deh kayanya...

balik lagi ke indikator aki....
apakah kemaren itu kondisi aki memang sangat lemah? dan sekarang ini kondisinya sudah membaik?

ternyata memang ada cerita yang baru saya ketahui baru aja tadi pagi, yaitu selama saya pulang ke bandung kemaren ceritanya ada yang baik pengen manasin motor, tapi karena CDI saya bawa ke bandung untuk di tuker ma CDI Sijago ya walhasil tuh trend ijo ga idup2 tapi di stater terus..apakah karena itu ya jadi kondisi aki tidak fit?

iyalah mas... untuk stater itu membutuhkan stum yg banyak' jelas ja ngedrop orang cdinya ga; cocok masih aja di paksain'

wiwik tjahjono
05-26-2010, 10:04 AM
he he he .... orang mau berbuat baik malah berakibat sebaliknya ya , yah biar bagaimanapun tentu kita menghargai dia.
Solusi yang praktis salahsatunya bawa accu ke tukang charger yang bagus sekalian cek kondisi cell accu. Pasang lagi dan lihat respons nya.
Ngomong2 alamat di solo dimana mas Rangga , pengin kapan2 mampir

Riza
05-26-2010, 10:31 AM
Sebaiknya aki yg ngedrop segera direcharge pakai charger aki, minimal 4 jam, maksimal 8 jam lah (semaleman) slow mode recharge.
Buat jalan, aki yg kosong tetep sulit terisi dengan penuh, mungkin kalau buat jalan dari Solo ke Bandung baru bisa penuh :D

ranggasantika
05-26-2010, 03:25 PM
@pa wiwik : saya tepatnya di desa pondok kec grogol sukoharjo,deket ma carfur/patung pandawa..klo lg di solo koling2 aj pak 087821137356,mdh2n bisa ketemuan.

@mas riza: brati guna memulihkan kondisi aki,saya harus nemenin rombongan bandung saat pulang nanti nih...xixixi

Riza
05-26-2010, 04:27 PM
@mas riza: brati guna memulihkan kondisi aki,saya harus nemenin rombongan bandung saat pulang nanti nih...xixixi
Paling reasonable direcharge ajah.

Abiagus
05-27-2010, 03:23 PM
mau nambahin nih dari pengalaman punya T2k yang kasusnya sama, cek aki sdh,sekering jg sudah ternyata penyakitnya ada di swit yg di bgks karet di bawah tangki ada yg sdh keropos yang lsg nyambung ke aki pas di rapihin beres nga mati-hidup-mati lg Alhamdulillah sampai skrg normal...

hanifarisaziz
08-10-2010, 11:34 AM
kebetulan ini yang ane alami pada t2k silver sebelom tewas, indikator yang merah itu suka kedip kedip. tadinya pas pertama kali ngalamin distarter tendang masih bisa, sekarang kok nggak bisa yah padahal aki nya baru ( Toyo )?