PDA

View Full Version : Oil Bible


ai_zeus
06-17-2008, 09:57 AM
Saya kasih info mengenai bible oil yang mungkin berguna bagi teman2

Bacaan awal yang ringan, renyah dan kinyis2...
http://www.carbibles.com/engineoil_bible.html

Bacaan kedua yang bikin ngantuk...
http://motoroilbible.com/mob-2-2-04.pdf


Untuk yang masih bingung mengenai gear oil, saya tambahkan grafik kesetaraan kekentalan oli:
http://www.syntheticwarehouse.com/Images/viscositychart.jpg

Dari grafik ini terlihat jelas bahwa oli mesin (crankcase oil) 10W kekentalannya setara dengan oli gear 75W. Dan kekentalan oli mesin 50, setara dengan oli gear 90.

Tapi ini hanya berdasarkan kekentalan saja.

Semoga ini dapat membantu.

ranggasantika
06-17-2008, 11:24 AM
brarti ga salah juga dong pabrikan lain nyuruh pake oli yang sama dengan oli mesin yang dipake...

yup///yup////

brati ga harus pake oli gardan yang 90 juga gpp kan ya..alias pake oli mesin juga yang sama..

thomas
06-19-2008, 08:51 PM
oil ada 3 macem sebenarnya :
1 : mineral SAE 20-50
2 : semi sintetic SAE 10-40
3 sintetic SAE 0-30

untuk angka depan itu untuk kekentalan oil waktu dingin.
kalo yg belakang untuk setelah panas.

20-50 biasa dipakai di iklim tropis atau kerja berat tapi umur oil nya lebih pendek karena gampang berubah.

10-40 lebih encer, sehingga tarikan lebih ringan dan umur oil lebih panjang.
0/5-30 biasanya di pkai di iklim dingin.

soal SAE 90 itu dirancang buat kerja berat, biasanya pelumas gear, umurnya lebih panjang.
sebenarnya bisa juga di pake oil mesin seperti pada mobil HONDA, tetapi pergantian oil nya juga sama dengan oil mesin.

kalo aku boleh saran pake aja 10-40.

ada lagi huruf di belakang SAE 10-40 API SL/CF

API ini menandakan kwalitas dari oil

wiwik tjahjono
07-09-2008, 06:20 PM
Mengenai oil bible yang di guide oleh mas Ai saya rasa memang baik sekali. Saya ingin share informasi saja khusus yang berkaitan dengan viscosity grade comparison yang klo di terjemahkan salah bisa misleading.

sebenarnya kinematic visc. dan saybolt visc. adalah ukuran viskositas yang berada dalam satu kelompok yaitu kelompok " Kinematic viscosity.
Kelompok ini banyak jenis nya misalnya viskositas Gardner , Zahn , Saybolt furol , saybolt universal dan , redwood standard dll.
Prinsipnya viskositas jenis ini mengukur kecepatan fluida melalui suatu vertical tube sebagai akibat gravitasi ( berat fluida bersangkutan ). Satuan viskositas jenis ini biasanya dalam detik atau centistokes.

Kelompok lain adalah Dynamic viscosity. Viskositas jenis ini merupakan
perbandingan antara shear stress dan shear rate , satuan nya biasanya terkorelasi dengan satuan centipoise dengan konstanta tertentu tergantung peralatan ukurnya : Kreb stormer , stormer cyl. atao brookfield.

Hal yang paling penting adalah bahwa konversi viskositas kinematis menjadi satuan centipoise ( v . dynamic ) adalah dengan mengalikan viscositas kinematis tersebut dengan harga density dari fluida tersebut.

Saya sendiri belum mendapatkan informasi yang jelas tentang viscosity nya SAE .
SAE 50 ternyata tidak sama dengan 50 centipoise tetapi kira sama dengan 13 CP. Jadi ada konversi yang belum tau tepatnya. Tetapi yang pasti viscositas SAE termasuk viskositas dinamis.

Jadi SAE 50 krankcase yang sama dengan SAE 90 gear oil ( karena sama2 mempunyai kinematic visc. yang sama sebesar 200 centistoke seperti dalam tabel ) harus ditafsirkan bahwa keduanya bisa terjadi karena keduanya mempunyai memiliki density yang berbeda , dan ini berarti bahwa harus dikoreksi pengertian yang menganggap oli mesin SAE 50 bisa diganti dengan oli gear/gardan yang SAE 90 seperti pada tabel comparison. Keduanya pasti memiliki karakteristik yang berbeda.

muafan
07-09-2008, 06:42 PM
katanya oli gardan punya API GL (terbaru GL5) yg tidak dimiliki oleh oli mobil (JASO MB). gunanya API GL adalah non-foam.

thomas
07-15-2008, 01:31 PM
API semangkin tinggi berarti kwalitas oil nya semangkin bagus.

untuk oil gardan bisa di pake oil mesin juga.
contoh mobil honda gardan dan mesin sama oil nya.
ada tapi nya

umur oil mesin lebih pendek jadi setiap ganti oil harus ganti 2-2 nya.

kalo pake oil gardan umur lebih panjang.

johanesbrain
08-25-2008, 05:53 PM
HEHEHE gw menurun nih beli olinya... yang 20rb... tau bagus tau ga... tapi terasa aneh ga kyk dulu lagi...

redface
11-20-2008, 02:13 PM
Ketemu website yang membahas soal pemilihan oli silahkan dibaca-baca mayan nambah2 ilmu..
http://www.carbibles.com/engineoil_bible.html

Quick guide sbb:
http://i396.photobucket.com/albums/pp43/redface-photo/OilSAE.jpg

(http://img144.imagevenue.com/img.php?image=61252_Oil_SAE_122_747lo.jpg)

johanesbrain
11-28-2008, 12:41 PM
yg bagus yang mana nih? buat motor gw???

redface
11-28-2008, 12:57 PM
yg bagus yang mana nih? buat motor gw???

Ada yang saranin di thread lain pake full synthetic,..API SM,.SAE 10w40,.merek kayanya rata2 hampir sama2 lah ya..

tuxpandu
11-28-2008, 12:59 PM
yg bagus yang mana nih? buat motor gw???Oli ijo bro, bagus kok utk harian. udah banyak yg pake.

http://i291.photobucket.com/albums/ll312/tuxpandu/logo_cr2.gif
KIML 230 :: Black SR

cimutsimilikiti
11-28-2008, 01:07 PM
yg bagus yang mana nih? buat motor gw???

Ada tuh yg udh pake oli Duron-E XL, ktnya bagus & ngk berat dikantong...dicoba aja, bro

ai_zeus
11-28-2008, 01:17 PM
Teman saya pernah berkata ke saya:
"Oli itu seperti agama, tidak bisa dipaksakan ke orang lain. Masing-masing memiliki kepercayaannya sendiri-sendiri"

Jadi untuk menjawab oli mana yang bagus, ini cukup menyulitkan dan menimbulkan kontradiksi.

Jawaban dari oli mana yang terbaik menurut masing-masing pribadi ada di link ini:
http://kymco.or.id/showthread.php?t=2841

Bukan jawaban sebenernya, tapi pengetahuan untuk memilih oli mana yang terbaik menurut pendapat teman-teman.

Ingat, masing-masing orang punya "Agama Oli"-nya masing-masing.

redface
11-28-2008, 01:40 PM
Jawaban dari oli mana yang terbaik menurut masing-masing pribadi ada di link ini:
http://kymco.or.id/showthread.php?t=2841



Ada toh thread oli di forum,..sebelum saya posting ini saya search dengan string 'oli mesin' gak ada thread ini,..maaf jadi double,..di merge aja kali ya...

redface
11-28-2008, 01:43 PM
Ada tuh yg udh pake oli Duron-E XL, ktnya bagus & ngk berat dikantong...dicoba aja, bro

Pernah di tawarin itu oli seliter 300rb,..mayan berat dikantong tuh...

cimutsimilikiti
11-28-2008, 01:52 PM
Pernah di tawarin itu oli seliter 300rb,..mayan berat dikantong tuh...

tapi kan bs utk 80,000 Km, bro. secara long term lbh ekonomis...:)

johanesbrain
11-28-2008, 02:13 PM
Ada tuh yg udh pake oli Duron-E XL, ktnya bagus & ngk berat dikantong...dicoba aja, bro

gw tetep setia sama Mot**

Riza
11-28-2008, 04:11 PM
Ok, MERGED

johanesbrain
12-02-2008, 02:35 PM
tapi kan bs utk 80,000 Km, bro. secara long term lbh ekonomis...:)

kacian tuh motornya... cuaca jakarta ga menentu... panas hujan panas hujan...

tuxpandu
12-02-2008, 02:38 PM
kacian tuh motornya... cuaca jakarta ga menentu... panas hujan panas hujan...Huahahahaha

huahahahaha

huahahaha

extreme weather itu makanan empuk Si Troy sejak pakai Duron-E XL

tapi oli ijo juga bagus kok.. ;)

http://i291.photobucket.com/albums/ll312/tuxpandu/logo_cr2.gif
KIML 230 :: Black SR

eazycomeneazygo
12-02-2008, 03:08 PM
yg bagus yang mana nih? buat motor gw???

gw tetep setia sama Mot**


Lho :confused: kalo sudah berikrar utk setia sebaiknya jangan coba-coba yang lain. Nanti kecewa lho...

johanesbrain
12-03-2008, 11:25 PM
Huahahahaha

huahahahaha

huahahaha

extreme weather itu makanan empuk Si Troy sejak pakai Duron-E XL

tapi oli ijo juga bagus kok.. ;)

http://i291.photobucket.com/albums/ll312/tuxpandu/logo_cr2.gif
KIML 230 :: Black SR

kemaren pas service seneng nya... ternyata busi gw pas di liat ma montir-montir 'bata merah' ups bukan kaskus loh gw kena 'bata merah'. 'bata merah' di sini kata montir-montirnya pembakaran nya bagus! mantabs kan motul+bio pertamax...

johanesbrain
12-03-2008, 11:26 PM
Lho :confused: kalo sudah berikrar utk setia sebaiknya jangan coba-coba yang lain. Nanti kecewa lho...

iyah bio pertamax+motul+oil stabilizator(namanya Lucas Oil) gitu deh=busi jadi 'bata merah'

redface
01-20-2009, 07:21 PM
Setelah pakai oli full synthetic Petronas Syntium,.dan mendengar cerita kalau full synthetic itu gampang menguap..

barusan tadi periksa level ketinggian oli,..hasilnya berkurang sekitar 1 cm,..dulu isi melewati sedikit batas normal sekarang di bawah batas normal oli sedikit..

metoda periksa saya (mohon dikoreksi kalau salah) nyalakan mesin 2 menit,..diamkan 30 detik lalu buka tutup oli,..lap,..colok lagi tanpa di putar..

spek olinya API SM Jaso MB 5W-40...B3.

note: waktu isi baru sekitar 1 bulan-an yang lalu...

ai_zeus
01-21-2009, 08:57 AM
OOT:
Metoda pemeriksaan ketinggian oli yang tepat dengan alat ukur dip stick:
- Ketika pagi hari sebelum mesin dinyalakan sama sekali, pasang standar tengah
- Lepas dip stick dari blok mesin
- Keringkan dip stick
- Colokan dip stick kembali tanpa diputar ke lubang pengisian oli
- Cabut dip stick
- Lihat ketinggian oli pada indikator dip stick

Riza
01-21-2009, 09:08 AM
Menurut saya metodenya jangan diubah-ubah jadi dari waktu ke waktu kita bisa mengetahui penurunan level oli secara konsisten.
Dipstick cukup dicolokkan saja tanpa dipuntir seperti kalau kita menutup lobang oli, istilahnya just dip.

Metode Mas Ai_Zeus cukup praktis, saya juga gitu, mau tahu ketinggian oli ga perlu menyalakan motor sampai 2 menit yang tentu membuang energi. Pagi-pagi mau berangkat sebelum start diperiksa level olinya :cool:

tuxpandu
01-21-2009, 10:09 AM
Sumber: Kymco Movie 125 Service Manual uploaded by Riza (http://www.kymco.or.id/showpost.php?p=50155&postcount=18).

http://i291.photobucket.com/albums/ll312/tuxpandu/web6.png

http://i291.photobucket.com/albums/ll312/tuxpandu/logo_cr2.gif
* Cruising in style with cool engine *

vian399
01-21-2009, 10:34 AM
Sumber: Kymco Movie 125 Service Manual uploaded by Riza (http://www.kymco.or.id/showpost.php?p=50155&postcount=18).


kalo pake duron so far gimana di level deepstick mark?

tuxpandu
01-21-2009, 10:40 AM
kalo pake duron so far gimana di level deepstick mark?Dulu setelah filter I, di dipstick tinggal 1/5-nya ( +/- 400cc ) tapi masih bisa dipakai turing ke jateng. Jadi tinggal segitu krn salah metode memfilter. Setelah ditop-up, sampai sekarang masih ful.

http://i291.photobucket.com/albums/ll312/tuxpandu/logo_cr2.gif
* Cruising in style with cool engine *

tuxpandu
01-21-2009, 10:45 AM
Setelah pakai oli full synthetic Petronas Syntium,.dan mendengar cerita kalau full synthetic itu gampang menguap..

barusan tadi periksa level ketinggian oli,..hasilnya berkurang sekitar 1 cm,..dulu isi melewati sedikit batas normal sekarang di bawah batas normal oli sedikit..

metoda periksa saya (mohon dikoreksi kalau salah) nyalakan mesin 2 menit,..diamkan 30 detik lalu buka tutup oli,..lap,..colok lagi tanpa di putar..

spek olinya API SM Jaso MB 5W-40...B3.

note: waktu isi baru sekitar 1 bulan-an yang lalu...Keenceran tuh bro.... mending pake 10w40 ato 15w40 aja deh ....

http://i291.photobucket.com/albums/ll312/tuxpandu/logo_cr2.gif
* Cruising in style with cool engine *

vian399
01-21-2009, 10:47 AM
iyah bio pertamax+motul+oil stabilizator(namanya Lucas Oil) gitu deh=busi jadi 'bata merah'

bro ngaruh gak tuh Lucas oil stabilizer? gw ada yang nawarin juga nih :)

Riza
01-21-2009, 11:45 AM
Keenceran tuh bro.... mending pake 10w40 ato 15w40 aja deh ....

http://i291.photobucket.com/albums/ll312/tuxpandu/logo_cr2.gif
* Cruising in style with cool engine *
STD Kymco Internasional SAE#15W40 :cool:

tuxpandu
01-21-2009, 11:57 AM
STD Kymco Internasional SAE#15W40 :cool:Tapi kalau Bro Redface memang sengaja mau pakai Kymconya di suhu -35 derajat celcius, jangan tanggung2 Bro, ambil aja 0w40 (http://www.mobil.com/Canada-English/Lubes/PDS/IOCAENPVLMOMobil_1_0W-40.asp)....

http://i291.photobucket.com/albums/ll312/tuxpandu/logo_cr2.gif
* Crusing in style with cool engine *

redface
01-21-2009, 12:08 PM
weks..kerendahan yah,..patokan saya cuma angka 40 nya tadinya,ternyata harus memperhatikan yang W nya juga,..

saatnya ganti oli lagi dong,..hmm berarti dari beli (4 bulan) udah ganti 4 merek oli,..wah tidak bagus,.tadinya mau rutin petronas aja..

saya perlu engine flush nggak yah? pakai merek apa flushnya?

terima kasih..

ternyata metoda saya setengah benar saja pengukuran olinya,..besok pagi mulai yang bener deh..terima kasih inputnya semua..

Riza
01-21-2009, 03:21 PM
Teknologi perolian apalagi yg sintetis dicampur aja ga papa.
Engine flush menurutku berlebihan jika untuk motor.
Mungkin untuk mobil yang ada filter khusus, dan tak mau ganti filter itu baru diflush.
Toh buka baut kanan dan kiri pembuangan oli Kymco sudah mendekati 100% :cool:

masarcon
01-21-2009, 04:36 PM
STD Kymco Internasional SAE#15W40 :cool:

oom riza dulu kayaknya pengen ngetes yang 0W50 yah. gimana ? jadi ?

btw, untuk asia, terbaiknya masih 15W40 berarti yah ? kalau oli castrol yang kusus scooter matic itu dia di kisaran 10W40, lebih tepat yang mana yah ?

kalau motul kan yang bisa buat scooter juga, gold 3100 kan dia malah di kisaran 15W50.

Riza
01-21-2009, 05:00 PM
Saya belum test 0W50 yg sudah 10W40 - 15W40.
Tapi semua tergantung banyak hal, terutama juga masalah harga sangat menentukan kualitas, packing oli, teknologi pembikinan oli dan tentu merk.
Menurutku sih yang belakangnya 50 itu terlalu kental, di bawah 40 terlalu encer, sedangkan yang 0W, 10W, 15W, kurang berpengaruh di negara tropis.

redface
01-21-2009, 06:01 PM
Sumber: Kymco Movie 125 Service Manual uploaded by Riza (http://www.kymco.or.id/showpost.php?p=50155&postcount=18).

http://i291.photobucket.com/albums/ll312/tuxpandu/web6.png

http://i291.photobucket.com/albums/ll312/tuxpandu/logo_cr2.gif
* Cruising in style with cool engine *

ini tulisan upper level sama lower level terbalik nggak mark..soalnya posisi dip stick bagian XXXX nya menghadap ke atas..

redface
01-21-2009, 06:03 PM
sedangkan yang 0W, 10W, 15W, kurang berpengaruh di negara tropis.

Berarti maksud mas riza 5W masih aman untuk pemakaian daerah tropis kan?

Riza
01-21-2009, 06:08 PM
Iya fotonya kebalik tuh, padahal rilis resmi dari pabrikan, malu-maluin hikz :o
5W masih aman.

ai_zeus
01-22-2009, 09:13 AM
Spek 5W-40 belum tentu terlalu encer.

Angka 5W disini disebutkan untuk Winter; untuk iklim tropik nilai di depan ini berguna ketika pagi menyalakan mesin, dimana kondisi mesin dalam keadaan dingin. Sehingga menyebabkan proses menyalakan mesin lebih mudah, karena oli dalam keadaan encer dan memudahkan oli untuk melumasi bagian tersulit dalam komponen mesin.

Sedangkan ketika mesin sudah panas, atau dapat diartikan ketika suhu mesin berada pada kondisi puncak/running, kekentalan oli berada pada standar SAE 40. Pada kondisi panas, baik oli SAE 5W-40, 10W-40 maupun 15W-40 tingkat kekentalan/viscositas nya setara!

masarcon
01-22-2009, 10:12 AM
STD Kymco Internasional SAE#15W40 :cool:

mas bro riza, baca baca manual booknya kymco lagi, kok standar yang dianjurkan adalah SAE 15W50 yah ... ?

iyang
01-22-2009, 12:25 PM
waduh kalo pake 10W30 keenceran yach :D pahadal baru pake 1 minggu neeh gimana dunk ?

redface
01-22-2009, 12:53 PM
pernah saya di tawarin AGIP yang 0W-30 saya nggak berani pakai,..10W30 pasti mahal ya..

Riza
01-22-2009, 05:28 PM
mas bro riza, baca baca manual booknya kymco lagi, kok standar yang dianjurkan adalah SAE 15W50 yah ... ?

Yang internasional 15W40 => manual servisnya pakai bahasa Inggris.
Kalau di Indonesia mungkin disesuaikan supaya harga olinya ga mahal amat :p

muafan
01-23-2009, 11:15 AM
ada kok oli SAE 10-30 yang murah dan sudah API SM, saya lihat di toda radio dalam (jkt) seliternya 47rb (atau 43rb deh). kenapa murah karena masih mineral.
http://www.idemitsu-ils.com.sg/index.aspx?uc=products_prodlist&CateID=113

klo sae 15-40 biasa dipake oleh oli mesin diesel. tp ga semua oli mesin diesel bisa dipake buat mesin gasoline. ada sih yg lain, oli mesin motor 4T merknya castrol power 1 SAE 15-40 API SG buat yg mineral dan yg synthetic SAE 15-40 tp lupa service API-nya.

Riza
01-23-2009, 12:10 PM
ada kok oli SAE 10-30 yang murah dan sudah API SM, saya lihat di toda radio dalam (jkt) seliternya 47rb (atau 43rb deh). kenapa murah karena masih mineral.
http://www.idemitsu-ils.com.sg/index.aspx?uc=products_prodlist&CateID=113

klo sae 15-40 biasa dipake oleh oli mesin diesel. tp ga semua oli mesin diesel bisa dipake buat mesin gasoline. ada sih yg lain, oli mesin motor 4T merknya castrol power 1 SAE 15-40 API SG buat yg mineral dan yg synthetic SAE 15-40 tp lupa service API-nya.

Baiknya spek jangan terlalu encer, buat Kymco SAE 30 terlalu encer. Performance dan fuel consumption bisa bagus tapi lapisan film antigeseknya terlalu tipis, mesin gampang aus.
SAE 15-40 bukan spek untuk diesel, SAE itu menunjukkan angka kekentalan (viskositas) tak ada hubungannya dengan pernyataan ini oli diesel atau bukan.
Untuk diesel dinyatakan dengan API Service misalnya CJ-4 sedangkan oli mesin bensin dinyatakan dengan SL atau SM (terbaru), kalau yg lama ada SG (masih bisa dipakai), SJ... SD, SC, SB, SA seharusnya sudah tidak dipakai untuk masa sekarang.

redface
01-23-2009, 10:31 PM
Baiknya spek jangan terlalu encer, buat Kymco SAE 30 terlalu encer. Performance dan fuel consumption bisa bagus tapi lapisan film antigeseknya terlalu tipis, mesin gampang aus.
SAE 15-40 bukan spek untuk diesel, SAE itu menunjukkan angka kekentalan (viskositas) tak ada hubungannya dengan pernyataan ini oli diesel atau bukan.
Untuk diesel dinyatakan dengan API Service misalnya CJ-4 sedangkan oli mesin bensin dinyatakan dengan SL atau SM (terbaru), kalau yg lama ada SG (masih bisa dipakai), SJ... SD, SC, SB, SA seharusnya sudah tidak dipakai untuk masa sekarang.

Juga untuk matic di skutik ada baiknya memakai JASO MB bukan MA,..karena JASO MA di design untuk kopling yang tercelup alias basah...

skutik kan kopling kering seperti mobil...

ai_zeus
01-27-2009, 05:23 PM
Untuk mesin matic, lupakanlah JASO-JASO-an...

Yang perlu diperhatikan adalah Viskositas dan API untuk orang awam. Seperti yang telah diungkapkan oleh mas Riza sebelumnya, API C untuk mesin bakar diesel, sedangkan API S untuk mesin bakar bensin, baik itu CJ, CI, etc atau SM, SL, etc.

Oli dengan tingkat Viskositas rendah seperti SAE <= 30 memang diperuntukan untuk mesin dengan tingkat kerapatan yang cukup tinggi, suhu lingkungan beserta cooling system yang baik. Sedangkan untuk mesin dengan cooling system kurang seperti hanya mengandalkan tumbukan udara dan suhu tropis, membutuhkan oli agak kental agar suhu mesin tetap terjaga pada titik ideal.

redface
01-28-2009, 06:22 PM
http://i396.photobucket.com/albums/pp43/redface-photo/Oli/jASOma-1.jpg

diambil dari Link ini http://www.carbibles.com/engineoil_bible.html
(page1 dari thread ini)

redface
01-28-2009, 06:38 PM
Matic setahu pengetahuan newbie saya adalah dry clutch,.bukan wet clutch..jadi saya kira JASO ini memang perlu diperhatikan juga..

Riza
01-28-2009, 07:14 PM
JASO MA untuk mengatasi slipnya kopling.

kymcokulari
01-28-2009, 11:48 PM
Mungkin intinya adalah, belilah oli sesuai kebutuhan motor anda :D

Tidak usah beli JASO MA karena tidak dibutuhkan walau SAE nya 'memikat', gimanapun ada beda harga antara jaso dan non jaso.

Biasa jalan kebut dan gas pol, belilah sae 40, seabreg abreg merknya, atau bila cukup uangnya sae 50.
Pengen lebih tokcer karena garasinya di daerah dingin, belilah 10W atau kalau cukup uangnya 0W.

Selebihnya sambil pilih2 API service, mineral, semi atau full sintetik. Gonta ganti oli gak masalah kok...asal kita nya saja yang biasa dan membiasakan bawanya.

Saya pernah berbuat gila dengan mencampur 3 merk, API dan SAE oli yg berbeda (sisa di wadah), 75ml di LX. Hasilnya biasa saja...tentunya saya kontrol penguapan, bunyi2an dan perubahan warna dan bau dari dipstick. Yang penting pede :D

ps. mohon jangan dicontoh

bayusikasep
01-29-2009, 01:42 AM
setelah sekian lama pake Fastron Sintetik 0W50, beberapa bulan lalu saya ganti ke Shell Helix (kalo gk salah), harganya sekitar 60rb, nyaris setengahnya lebih murah dari Fastron.

Saya sih sebenernya sangat teramat puas banget sama Fastron. Cuma karena sentimen pribadi dengan Pertamina (ini alasannya bejembreng banget dah!), akhirnya saya beralih ke Shell. Mau beli yg sintetik, kebetulan belum ada rejekinya waktu itu.

Hasilnya, mesin sih masih terhitung halus, walau masih kalah dari Fastron. Penguapannya juga lebih galak dari Fastron.

Nah, berhubung sekarang agak bisa menggoyang budget, akhirnya saya putuskan untuk beralih ke Shell Helix Ultra 5W-40. HAsilnya?....

Ehem, ....masih harus nunggu. Karena Si Kukut belum sempat ganti oli, akhir minggu ntar baru saya suapin. Sementara, oli masih terbungkus rapi di bagasi....hehehe....

bayusikasep
01-29-2009, 01:42 PM
barusan ganti oli sendiri di rumah, dalam keadaan mesin dingin. Begitu kelar, langsung idupin mesin......hmmm....kayak gk ada bedanya sama Shell 60 rb?

Turunin standar tengah, langsung berniat coba keliling kampung.

Begitu Si Kukut melangkah.....weit !!!! Mulus banget yak? Padahal biasanya kalo baru dinyalain, doi agak berat buat ngelangkah.

10 meter, langsung coba geber dikit.....hmmm....makin enteng !

Sementara sekian dulu, disambung ntar malem pulang dari kantor....hehehe....

redface
01-29-2009, 03:23 PM
kayanya kalau mau ganti oli kudu nyalain mesin dulu 2 menit,..terus tunggu sekitar 1 menit deh CMIIW..jadi kotoran2 di bagian atas bak oli ikut keluar..

bayusikasep
01-29-2009, 04:12 PM
kayanya kalau mau ganti oli kudu nyalain mesin dulu 2 menit,..terus tunggu sekitar 1 menit deh CMIIW..jadi kotoran2 di bagian atas bak oli ikut keluar..

duh! berarti selama ini salah prosedur dong! hiks.....

ai_zeus
01-30-2009, 09:22 AM
Link yang diberikan fokus pada wet clutch kan, dan bukan dry clutch. Jadi kesimpulannya untuk mesin dengan dry clutch, standar JASO bisa dilupakan.

Spesifikasi JASO MA mewajibkan pabrikan oli untuk tidak menambahkan Friction Modifier yang dapat membuat selip pada kopling.

Untuk mesin bakar dengan system dry clutch pada dasarnya tidak akan berpengaruh terhadap standar JASO. Mesin dengan dry clutch dapat menggunakan oli baik yang mencantumkan standar JASO atau tidak sama sekali. Akan tetapi untuk mendapatkan performa yang lebih baik, sebaiknya gunakanlah oli TANPA spek JASO, atau dapat diartikan oli yang terdapat Friction Modifier di dalam nya.

note: Be, salah kamar atuh, ini teh kamar na oil bible bukan kamar testimonial...

vian399
01-30-2009, 10:30 AM
numpang thread bro Ai Zeus,
kalo oli LUCAS dah pernah ada yang nyobain blom yah?

muafan
01-30-2009, 04:22 PM
sesuai kamarnya, kata bro ai_zeus. saia mau nanya sesuatu gara2 liat sebuah iklan pelumas mobil di koran hari ini. speknya SAE 10-40 API SL dgn kandungan molybdenum MV822.

setelah di tes jalan sejauh 15rb KM (trans jawa, baik dalkot maupun di bromo), kandungan Fe di mesin vios 9ppm, all new crv 8ppm, dan innova 4ppm. si produsen mengklaim, batas standarnya adalah 45ppm. widih... jauh banget di bawah batas standar. artinya semakin sedikit kandungan Fe dalam pelumas yg telah dipakai maka tingkat geseknya kecil. artinya tingkat keausan part dalam mesin kecil sekali.

apakah data tersebut memang standar prosedur pengetesan oli mesin?

kan, selama ini, saia menilai oli ya dari merknya, klasifikasi, lalu suara mesin, getaran mesin, akselerasi yg semua itu cuma berdasarkan perasaan sehari-hari yg tiap2 orang berbeda. misalnya mesin mtr saya lebih halus kedengerannya setelah pake oli ANU.


*di iklan tsb tidak disebutkan, batas standar Fe adalah 45ppm, versi lembaga mana?

kymcokulari
01-30-2009, 08:07 PM
Maaf mas muafan, ikutan nebeng pertanyaannya.
Disebuah merk aditif oli (kalau gak salah duralube), di kemasannya tertulis tidak mengandung senyawa2 berbahaya antara lain xx, yy, molybdenum....dll
Nah kok dianggap molybdenum gak bagus, pdhl ada merk oli yg jelas2 mencantumkan kandungan molybdenum sebagai 'pemikat'.
Jadi yg benar yg mana?

ps.Ingat pasta gigi, di indonesia fluoride dianggap mujarab, sedangkan di eropa sudah ditulis non-fluoride semua odolnya.

ai_zeus
02-05-2009, 12:04 PM
Untuk mengetahui kemampuan oli dalam menahan friction tidak bisa dilakukan seperti yang mas Mua (bener kagak ye, apa mas Fan ? mumetz...) tulis, karena error nya sangat tinggi, seperti putaran mesin, tekanan antar komponen mesin (dalam kgf). Perbedaan karakter mesin pun berbeda, seperti mesin turbo vs twin turbo, atau mesin biasa vs mesin turbo.

Baiknya test mengenai daya tahan gesek di lakukan di lab, agar proses analisa dapat diketahui secara continue dan terukur.

Standar tools di lab untuk mengetahui kemampuan oli dalam menahan gesekan adalah Four Ball Wear Test.

Yaitu melihat gesekan antar logam yang diberi tekanan sebesar 40 kgf dan suhu dikembangkan menjadi 150°C kemudian digerakkan dengan putaran mesin 1800 rpm selama 1 jam; dan setelah itu diukur panjang nya gesekan yang terlihat di logam tersebut dalam satuan mm (milimeter).

Semakin kental oli, biasanya tingkat pengetesan akan semakin berat, begitu juga sebaliknya.

Untuk bahan dasar oli, masing-masing pabrikan memiliki formulasinya sendiri dan hipotesanya sendiri. Ada yang menggunakan moly sebagai bahan dasar, ada yang menggunakan calcium, etc.

eazycomeneazygo
02-10-2009, 03:58 PM
Lagi soal JASO-JASOan ...:

Sumber: http://www.otomotifnet.com/otoweb/index.php?templet=ototips/Content/0/0/1/7/3549#

Senin, 09/02/09 09:32
Service Guidance

Membedakan Oli Mesin Khusus Skutik
http://202.43.165.157/gramedia/otomotif/otoweb/images/image/tips/Februari%202009/oli_honda_1.jpg
OTOMOTIFNET - Sekilas mata memang tak ada yang berbeda antara oli untuk skutik dan tipe motor lainnya seperti bebek dan sport. Disentuh pun sama licinnya. Tapi ternyata keduanya berbeda spesifikasinya sesuai dengan kebutuhan part yang akan dilumasi.

Pada motor bebek dan sport yang menggunakan kopling basah dibutuhkan spesifikasi oli yang mampu melumasi komponen di dalam mesin tanpa membuat kopling selip. Sedang pada skutik tidak perlu khawatir selip karena koplingnya berada di luar.

“Keduanya memiliki viscosity yang berbeda. Jadi tidak bisa saling tukar,” buka AS Tedjo Siswojo, Senior General Manager Technical Service, PT Astra Honda Motor (AHM). Bila motor bebek atau sport yang menggunakan kopling basah memakai oli mesin skutik maka efeknya kopling bisa selip.

“Hal ini dikarenakan perbedaan unsur di dalam oli tadi yang menyebabkan viscosity-nya berbeda. Namun bila skutik pakai oli mesin untuk bebek atau sport tetap bisa di tolerir. Namun efek jangka panjangnya saya belum bisa memastikan,” terang Sarwono Edhi, Technical Service Training Manager PT AHM.
http://202.43.165.157/gramedia/otomotif/otoweb/images/image/tips/Februari%202009/oli_honda_2.jpg
JASO MB untuk skutik


http://202.43.165.157/gramedia/otomotif/otoweb/images/image/tips/Februari%202009/oli_honda_3.jpg
JASO MA untuk bebek dan sport

Lalu bagaimana cara membedakannya? Bisa dilihat dari kode JASO MA atau JASO MB. MA adalah oli mesin untuk tipe kopling basah seperti bebek dan motr sport. Sedang MB untuk skutik yang mengadopsi kopling kering. Jadi jangan tertukar ya, baca dulu spesifikasinya sebelum beli.

Penulis/foto: Popo

eazycomeneazygo
02-10-2009, 03:59 PM
sorry double-post.............................

wiwik tjahjono
04-02-2009, 09:18 AM
Sebenarnya kekentalan ( viscosity ) kedua jenis oli untuk skutik ( kopling kering) dan motor lainnya (kopling basah ) sama saja. Yang membedakan adalah kemampuan oli melapisi logam dengan film tipis sangat licin yang tidak bisa hilang karena gesekan. Film tesebut yang menyebabkan kopling basah menjadi slip , tapi malah sangat baik buat jenis kopling kering. Kwalitas film tersebut tergantung dari jenis chemical additive oli bersangkutan.

johanesbrain
04-02-2009, 02:40 PM
numpang thread bro Ai Zeus,
kalo oli LUCAS dah pernah ada yang nyobain blom yah?

Bagus tuh Lucas Oil gw pake yang pelumas tambahannya tuh harga masih masuk akal kok... 10rb-an bisa pake 4x biar.

eazycomeneazygo
04-23-2009, 09:22 PM
Tadi mampir Car4 liat beberapa oli:
Ada yang pernah nyoba salah satu diantaranya untuk Kymco? Kalo ada silahkan dishare dong reviewnya.

Pertamina Enduro Matic 800ml
http://prado2.com/wp-content/uploads/2009/02/botol-enduro-matic.jpg

Ini salah satu blog ttg Pertamina Enduro:
http://prado2.com/enduro-matic-inovasi-baru-dari-pertamina.htm/comment-page-1

dan

Top1 Action Matic 800ml

http://www.top1.co.id/userfiles/products_files/image/pelumas_2_roda/actionmatic.jpg
TOP 1 Action Matic 20W-40
http://www.toponeoil.com/oil/products-motorcycles.html
http://www.top1.co.id/produk_listing.php?c=1

http://4.bp.blogspot.com/_D2wY7SrRRCI/SYYvsewiqSI/AAAAAAAAAFI/T9pqHtbLWM0/s1600/IMG_0039.JPG

Riza
04-23-2009, 10:38 PM
10W30 itu olinya Vario.
Belum pernah aku coba di Kymco.
Menurutku sih terlalu encer karena spek buat oli Kymco paling encer 15W40, spek oli Kymco di Indonesia 15W50
Semakin encer semakin tipis lapisan film yang terbentuk oleh oli itu.
Tapi jika nekad dipakai untuk Kymco niscaya performanya akan meningkat, sekaligus hemat bbm, tapi belum tentu bagus untuk jangka panjang, perlu dibuktikan, tapi persoalannya siapa yang mau jadi kelinci percobaan :confused:

Menurut kawan yang memakai motor 883cc, semakin encer semakin mesin mudah panas, termasuk mudah mencapai suhu kerja. Semakin kental (dengan batas tertentu tentunya) akan semakin memelihara suhu mesin tetap adem ketika touring jarak jauh. Beliau mencontohkan bahwa motornya memakai single grade SAE60.

Saran saya sih, sebaiknya jangan jauh-jauh dari spek yang ada dalam buku manual, terutama angka yang di belakang yang menandakan nilai kekentalannya pada suhu kerja pada level panas yang tinggi.

wiwik tjahjono
04-24-2009, 10:30 AM
Wah klo buat kymco kelihatannya memang terlalu encer . Cuma klo terlalu kental juga berbahaya , pada putaran tinggi oli tidak cukup cepat penetrasi diantara celah sempit termasuk oil seal biasanya akan cepat jebol. Paling aman ya sesuai spec nya.

ai_zeus
04-24-2009, 11:26 AM
Belum tentu tingkat kekentalan oli lebih rendah, tingkat proteksi mesin lebih rendah pula. Pada beberapa kasus, justru oli dengan tingkat kekentalan lebih rendah lebih baik dalam melindungi mesin.

Hal yang perlu diperhatikan dalam pemilihan oli dalam menahan tingkat gesekan adalah parameter Four Ball Wear Test. Memang test ini belum ditetapkan sebagai standar resmi untuk menentukan tingkat gesekan, test ini baru digunakan di belahan eropa saja, tetapi tidak semua produsen oli mau melakukan nya. Dimana semakin rendah nilai nya, maka tingkat proteksi mesin akan baik.

Beberapa waktu lalu saya sempat menemukan oli SAE 5W-30 dengan tingkat Four Ball nya senilai 0.38mm, sedangkan oli lebih kental yaitu 10W-40 dan 20W-50 justu meraih nilai Four Ball senilai 0.40mm.

Dari sini saya berkesimpulan, belum tentu oli lebih encer, tingkat proteksi akan lebih rendah pula.

muafan
04-24-2009, 12:16 PM
sorry sdikit oot, saat ini mtr rakitan indonesia bukan hanya vario yg pake sae 10-30 tp bebek blade juga sudah pakai oli sae 10-30 utk std pabriknya padahal masih pake air cooled, hebat juga yak. berarti komponenya makin rapat sampe butuh oli sae 10-30.

Riza
04-24-2009, 05:57 PM
Bisa juga seperti kata Mas Ai_zeus ada peningkatan proteksi dari oli encer itu.
Tapi perlu dilihat dulu harganya.
Mungkin lebih baik harga jangan yang terlalu murah, karena toh harga bensin sudah mahal (masih ingat waktu bensin harga 600rp harga oli 7500rp/liter, sudah saatnya kita pakai oli di seputaran harga 56.250rp/liter atau baiknya lebih dari itu soalnya dulu bensin subsidinya banyak), dengan kualitas oli yang baik, penghematan juga di konsumsi bbmnya sehari-hari, tentu wajib juga diimbangi perilaku mengendarai dengan hemat.
Bejek terus dengan oli bagus tentu bisa dapet performa bagus, nah ini perlu diimbangi sikap waspada dan safety first buat semua orang di jalan.

Pabrikan ini memakai oli encer jelas menang di konsumsi bbm dan performa, meski tanpa perubahan teknologi yang berarti.
Berarti perubahan itu yg suruh bayar konsumen, KIAT jitu ya :cool:
Salut.

wiwik tjahjono
05-02-2009, 09:24 AM
Belum tentu tingkat kekentalan oli lebih rendah, tingkat proteksi mesin lebih rendah pula. Pada beberapa kasus, justru oli dengan tingkat kekentalan lebih rendah lebih baik dalam melindungi mesin.

Hal yang perlu diperhatikan dalam pemilihan oli dalam menahan tingkat gesekan adalah parameter Four Ball Wear Test. Memang test ini belum ditetapkan sebagai standar resmi untuk menentukan tingkat gesekan, test ini baru digunakan di belahan eropa saja, tetapi tidak semua produsen oli mau melakukan nya. Dimana semakin rendah nilai nya, maka tingkat proteksi mesin akan baik.

Beberapa waktu lalu saya sempat menemukan oli SAE 5W-30 dengan tingkat Four Ball nya senilai 0.38mm, sedangkan oli lebih kental yaitu 10W-40 dan 20W-50 justu meraih nilai Four Ball senilai 0.40mm.

Dari sini saya berkesimpulan, belum tentu oli lebih encer, tingkat proteksi akan lebih rendah pula.

Kenyataan itu mestinya menjadi perhatian lembaga konsumen ya , gimana caranya masyarakat ini bisa mendapat informasi cukup dari oli yang dibeli nya.

Selain banyak oil property yang sudah kita bahas kadang2 kita lupa dengan definisinya SAE tentang viscosity. Intinya bahwa viscosity SAE itu tidak mutlak tapi merupakan range viscosity yang di amati pada 100 derajat C :

SAE 10 .......range 2 sd 5 Cst
SAE 20........ 6 sd 8
SAE 30........ 9 sd 12
SAE 40........ 13 sd 16
SAE 50....... 17 sd 21

Jadi ....bisa saja di kemasan SAE 40 tapi sebenarnya nyaris SAE 50 karena ternyata dapet yang 16 Cst . Apalagi yang spec winter nya , makin sulit dikontrol alias terbuka kesempatan untuk omdo....

Riza
05-02-2009, 11:00 AM
Bisa jadi spek 10w30 kita dapetnya single grade SAE 30 karena di Indonesia tidak ada musim dingin, shg risiko komplain 0%.
Apalagi harga adalah case very sensi di sini :D
Berdoa saja ketika beli oli.

johanesbrain
05-02-2009, 12:03 PM
Penting juga ga sih kalo di oli itu tercantum label rekomendasi buat scooter?

wiwik tjahjono
05-02-2009, 04:58 PM
Matic maksudnya ya.
Klo buat komunitas seperti forum kymco sih rasanya dah engga perlu lagi yah.

bayusikasep
05-02-2009, 05:17 PM
Matic maksudnya ya.
Klo buat komunitas seperti forum kymco sih rasanya dah engga perlu lagi yah.

disini mah, gak ada label "scooter" nya juga, pasti dicoba-coba...hehehe....

eazycomeneazygo
05-02-2009, 07:45 PM
Matic maksudnya ya.
Klo buat komunitas seperti forum kymco sih rasanya dah engga perlu lagi yah.

disini mah, gak ada label "scooter" nya juga, pasti dicoba-coba...hehehe....

Yo'i ...yang buat truk tronton aja dipake di kymco ...:rolleyes:

bayusikasep
05-02-2009, 08:42 PM
truk tronton ?

duh, inget masa lalu ! xixixixi....

ai_zeus
05-04-2009, 02:57 PM
Kenyataan itu mestinya menjadi perhatian lembaga konsumen ya , gimana caranya masyarakat ini bisa mendapat informasi cukup dari oli yang dibeli nya.

Selain banyak oil property yang sudah kita bahas kadang2 kita lupa dengan definisinya SAE tentang viscosity. Intinya bahwa viscosity SAE itu tidak mutlak tapi merupakan range viscosity yang di amati pada 100 derajat C :

SAE 10 .......range 2 sd 5 Cst
SAE 20........ 6 sd 8
SAE 30........ 9 sd 12
SAE 40........ 13 sd 16
SAE 50....... 17 sd 21

Jadi ....bisa saja di kemasan SAE 40 tapi sebenarnya nyaris SAE 50 karena ternyata dapet yang 16 Cst . Apalagi yang spec winter nya , makin sulit dikontrol alias terbuka kesempatan untuk omdo....
Jika berpatokan hanya dari SAE saja, menurut saya sangat sulit sekali pak Wik. Saya lebih suka jika produsen oli memberikan data teknis nya (MSDS) secara detail berupa table.

cSt seiring dengan waktu penggunaan, maka nilai nya akan berubah. Biasa nya grafik nya akan selalu drop, ketika suatu oli sudah melewati ambang batas cSt dari standar, maka saran saya sebaiknya oli tersebut diganti.

Tingkat degradasi oli berbeda antara satu dengan lainnya, ada yg ketika digunakan pertama, akan langsung drop, lalu turun dengan sangat perlahan sesuai dengan penggunaannya. Ada juga yg turun dengan perlahan, akan tetapi ada juga anomali seperti turun, lalu konstan dan naik dengan perlahan.

muafan
05-04-2009, 05:36 PM
klo tidak salah, utk index viscosity, TBN, kinematic viscosity, flash point, pour point dan teman2 nya itu namanya technical data (sheet) properties.

klo msds, material safety data sheet. kurang lebih isinya soal safety terhadap pemakaian, penyimpanan, dan petunjuk jika terjadi kontak fisik antara pelumas dgn angota badan.

wiwik tjahjono
05-04-2009, 08:14 PM
klo tidak salah, utk index viscosity, TBN, kinematic viscosity, flash point, pour point dan teman2 nya itu namanya technical data (sheet) properties.

klo msds, material safety data sheet. kurang lebih isinya soal safety terhadap pemakaian, penyimpanan, dan petunjuk jika terjadi kontak fisik antara pelumas dgn angota badan.

Saya kira benar klo keduanya berisi informasi yang lebih detail melengkapi info SAE yang sangat umum.
Aslinya sih data yang kita perlukan tersebut dikenal dengan fluid properties yang menjadi komponen dari rheology. Dari sini muncul pengetahuan antara lain tentang profil viskositas terhadap tekanan,temperatur ,shear rate/stress/rpm , kecepatan aliran dsb.

technical data sheet lebih berisi fluid properties dan data hasil rekayasanya , sedangkan msds cenderung menggunakan fluid properties untuk membuat antisipasi dalam rangka safety.

eazycomeneazygo
05-12-2009, 09:29 AM
Yang baru-yang baru siapa udah nyoba ?:rolleyes:

Jum'at, 08/05/09 21:05
PT Astra Honda Motor

AHM Produksi Oli Mesin
http://202.43.165.157/gramedia/otomotif/otoweb/images/image/News/05%20Mei%2009/Minggu%202/OLIAHM-1.jpg

OTOMOTIFNET - Ingin lebih meningkatkan kontrol kualitas perawatan sepeda motor yang diproduksinya, kini PT Astra Honda Motor (AHM) memproduksi sendiri oli pelumas mesin yang sesuai dengan spesifikasi sepeda motor buatannya.

Sesuai namanya Maximum Protection eXpert (MPX), konsumen diharapkan tidak perlu pusing memilih oli yang sesuai dengan standar pabrikan.

Totalnya ada dua jenis oli yang diproduksi oleh AHM. Pertama MPX-1 dengan spesifikasi SAE:10W-30, API:SJ, JASO:MA untuk Honda Blade dan Revo. Yang kedua, AHM MPX-2 spesifikasi SAE:10W-30, API:SJ, JASO:MB untuk tipe skutik seperti Vario dan BeAT.

Dalam press release yang dikirimkan AHM, pihaknya juga mengklaim dengan oli ini penggunanya dapat memperoleh banyak manfaat. Yaitu dapat menghemat konsumsi bahan bakar. Dengan tingkat kekentalan yang lebih rendah (10W-30) akan mengurangi konsumsi bahan bakar hingga 8% dibanding 20W-40 (berdasarkan data tesHonda R&D Japan).

Selain itu karena formulasinya yang tepat dapat memperpanjang periode penggantian dua kali lebih lama dari sebelumnya (s.d 4.000 km). Dan juga dapat memaksimalkan kinerja mesin. Dengan tingkat kekentalan yang tepat (10W-30), AHM Oil mampu melumasi bagian tersempit dan sekaligus menjaga kestabilan gesekan antar komponen di dalam mesin.

Oli AHM ini sudah mulai dipasarkan di jaringan penjualan sepeda motor Honda, bengkel AHASS dan Toko Spare Parts di Indonesia pada bulan April 2009 lalu. Jadi enggak perlu pusing lagi pilih spesifikasi oli..!

(Harga Eceran Tertinggi):
- MPX-1 SAE:10W-30, API:SJ, JASO:MA 0.8 L Rp 29.250,-
- MPX-1 SAE:10W-30, API:SJ, JASO:MA 1.0 L Rp 36.500,-
- MPX-2 SAE:10W-30, API:SJ, JASO:MB 0.8 L Rp 32.000,-

Penulis/Foto:Popo/AHM

muafan
05-12-2009, 10:24 AM
belom pernah nyoba.
edan "bikin" oli standar pabrikanya encer, sae 10w-30. ga berani coba ah.

tapi, apapun merk motornya, produsenya selalu "bikin" oli standar utk semua tipe motor yg diproduksinya. dan teori umumnya bahwa oli yg dianjurkan oleh produsen sudah melalui test bahwa olinya tersebut sudah sesuai dgn spesifikasi mesin motor yg dibuatnya.

tapi juga, ada aliran lain klo ada oli yg lebih bagus kualitasnya (tentunya spesifikasinya sama) drpd oli "bikinan" produsen, ya pake oli yg lebih bagus dong.

tapi yg lainya lagi bilang, produsen oli ya keahlianya bikin oli. produsen motor ya jagonya bikin motor. keknya belum ada produsen oli "bikin" motor :D uppss... maap ngelantur, OOT.

tuxpandu
05-12-2009, 11:12 AM
tapi, apapun merk motornya, produsenya selalu "bikin" oli standar utk semua tipe motor yg diproduksinya. dan teori umumnya bahwa oli yg dianjurkan oleh produsen sudah melalui test bahwa olinya tersebut sudah sesuai dgn spesifikasi mesin motor yg dibuatnya.Yg pasti produsen motor jg produksi+jualan sparepart, sehingga penjualan sparepart jg memiliki margin tinggi utk "harus segera terjual". Jual sparepart lebih "sering" drpd jual motor. Makin banyak motor terjual, maka "harusnya" makin banyak juga sparepart yg terjual --> makin gede untungnya. Jual motor adalah pintu agar jualan sparepart lebih laku.

Nah agar sparepartnya laku, maka dibuat oli "sedemikian rupa" sehingga "penjualan sparepart bisa tetep laku" ;) Contoh: Oli Shell ijo. Hal ini bukan hanya utk motor, mobil juga. Kalau ganti oli lain yg lebih berkualitas, ditakut2i dgn tidak berlakunya garansi. Pdhal kalo ganti oli lain yg lebih bagus malah bisa jadi lebih hemat penggantian sparepart. Ada oli yg menjanjikan ndak perlu turun mesin s/d 2 juta km, apa itu tidak mengancam penjualan sparepart ? :)

Just another theory .... silakan disetujui atau dibantah ... yg penting motor kita pake oli terbaik selalu ...

wiwik tjahjono
05-14-2009, 03:40 PM
Teori nya sih semakin lebar rentang SAE di sebelah kiri dengan kanan , seperti 0W-50 dengan 0W-30 ( 0W-50 lebih lebar ) , atau 5W-50 dengan 20W-50 ( 5W-50 lebih lebar ) bisa dikatakan bahwa yang lebih lebar itu mempunyai viskositas index lebih tinggi.
Dari satu sisi VI lebih tinggi bisa dikatakan sebagai oli yang lebih canggih karena penurunan viscositas terhadap temperatur akan lebih kecil .
Contoh nya SAE 5W-40 yang benar , viscositas pada temperatur 40 oC kurang lebih 15 cSt sedangkan pada temperatur mesin panas 100 oC viskositasnya hanya sekitar 14.5 cSt saja. Jadi hampir tidak berubah.

Tetapi kita jangan sampai terkecoh hanya dengan sekedar label tersebut , yang penting memang pembuktian di lapangan nya.
Ini disebabkan karena untuk mencapai spec tersebut biasanya oli mineral lalu ditambahkan VI improver dan berbagai aditive lainnya untuk memperbaiki kinerja.

Tetapi semakin banyak VI improver ditambahkan umum nya ketahanan oli untuk mempertahankan spec nya pada temperatur dan shear yang tinggi akan turun drastis alias umur oli akan lebih pendek.

Dan itu sebabnya oli standard ( termasuk oli ijo ) yang masih berbasis mineral akan selalu membatasi km pemakaian nya dengan perhitungan spec oli hanya bisa di pertahankan sebatas tertentu saja.

Salam.

Biker Zone
05-14-2009, 06:33 PM
Yang baru-yang baru siapa udah nyoba ?:rolleyes:

Jum'at, 08/05/09 21:05
PT Astra Honda Motor

AHM Produksi Oli Mesin
http://202.43.165.157/gramedia/otomotif/otoweb/images/image/News/05%20Mei%2009/Minggu%202/OLIAHM-1.jpg

OTOMOTIFNET - Ingin lebih meningkatkan kontrol kualitas perawatan sepeda motor yang diproduksinya, kini PT Astra Honda Motor (AHM) memproduksi sendiri oli pelumas mesin yang sesuai dengan spesifikasi sepeda motor buatannya.

Sesuai namanya Maximum Protection eXpert (MPX), konsumen diharapkan tidak perlu pusing memilih oli yang sesuai dengan standar pabrikan.

Totalnya ada dua jenis oli yang diproduksi oleh AHM. Pertama MPX-1 dengan spesifikasi SAE:10W-30, API:SJ, JASO:MA untuk Honda Blade dan Revo. Yang kedua, AHM MPX-2 spesifikasi SAE:10W-30, API:SJ, JASO:MB untuk tipe skutik seperti Vario dan BeAT.

Dalam press release yang dikirimkan AHM, pihaknya juga mengklaim dengan oli ini penggunanya dapat memperoleh banyak manfaat. Yaitu dapat menghemat konsumsi bahan bakar. Dengan tingkat kekentalan yang lebih rendah (10W-30) akan mengurangi konsumsi bahan bakar hingga 8% dibanding 20W-40 (berdasarkan data tesHonda R&D Japan).

Selain itu karena formulasinya yang tepat dapat memperpanjang periode penggantian dua kali lebih lama dari sebelumnya (s.d 4.000 km). Dan juga dapat memaksimalkan kinerja mesin. Dengan tingkat kekentalan yang tepat (10W-30), AHM Oil mampu melumasi bagian tersempit dan sekaligus menjaga kestabilan gesekan antar komponen di dalam mesin.

Oli AHM ini sudah mulai dipasarkan di jaringan penjualan sepeda motor Honda, bengkel AHASS dan Toko Spare Parts di Indonesia pada bulan April 2009 lalu. Jadi enggak perlu pusing lagi pilih spesifikasi oli..!

(Harga Eceran Tertinggi):
- MPX-1 SAE:10W-30, API:SJ, JASO:MA 0.8 L Rp 29.250,-
- MPX-1 SAE:10W-30, API:SJ, JASO:MA 1.0 L Rp 36.500,-
- MPX-2 SAE:10W-30, API:SJ, JASO:MB 0.8 L Rp 32.000,-

Penulis/Foto:Popo/AHM

Pingin nanggapin dikit (sekedar comment aja)
Mengenai pemakaian oli SAE 10W-30
Memang Riset di Jepang menunjukan bahwa pemakaian jenis oli ini dapat mereduce pemakaian BBM hingga 8% (Bahkan info yg saua dapat 9.85%)
Ini disebabkan friksi akan lebih ringan lagi karena kekentalan oli pun tidak menghambat friksi disamping itu cairan oli dapat masuk ke sela2 mesin yang paling rapat/presisi sekalipun.
sehingga semua bagian mesin dapat terlumasi.
Tapi memang ada beberapa hal yang beda ....
1 Suhu Udara di Jepang sangat berbeda dengan di Indonesia (walaupun Natsu/musim panas disana mencapai hampir 40 derajat C tapi hanya di Bulan Agustus September dan sisanya sejuk kemudian dingin.
2 Mesin kendaraan disana memang telah dirancanng EURO 5 bahkan saat ini sudah EURO 6 (apakah spec yang pake oli ini Euro 5 minimal?)
3 Oli di jepang Full Synthetic (apakah disini Full syntetic? kalo dilihat harga jual nya tidak dapat beli material Full Synthetic sekalipun)
Terima kasih

Riza
05-14-2009, 08:16 PM
Setuju, harga memang tidak bohong, kecuali memang ketipu.
Saya juga pernah pakai SAE30 single grade bikinan Pertamina, biasanya untuk isi alat-alat berat lho, tapi di bagian hidroliknya :D
Saya dulu sering beli untuk ngisi oli power steering hidrolic Holden Premier, harganya tentu murah, lebih murah dari minyak goreng saat itu, karena jika lebih murah minyak goreng pasti sudah pakai Bimoli. Kayaknya masuk akal kalau bahan dasarnya SAE30, toh di Indonesia tidak ada musim dingin, bisa dibilang tak akan ada komplain 10W nya, kemungkinannya 0%.

Mas Tovi, kira-kira bisa nggak ya SAE30 single grade Pertamina diblending additive bisa jadi oli mesin?
Barangkali bisa diblending sendiri dirumah ;)

wiwik tjahjono
05-15-2009, 09:52 AM
Kayaknya klo ditambahin 6.5% viscoplex 0-050 dah jadi SAE 40 mas Riza , bener ga ya mas Tovi.

Biker Zone
05-15-2009, 12:04 PM
Setuju, harga memang tidak bohong, kecuali memang ketipu.
Saya juga pernah pakai SAE30 single grade bikinan Pertamina, biasanya untuk isi alat-alat berat lho, tapi di bagian hidroliknya :D
Saya dulu sering beli untuk ngisi oli power steering hidrolic Holden Premier, harganya tentu murah, lebih murah dari minyak goreng saat itu, karena jika lebih murah minyak goreng pasti sudah pakai Bimoli. Kayaknya masuk akal kalau bahan dasarnya SAE30, toh di Indonesia tidak ada musim dingin, bisa dibilang tak akan ada komplain 10W nya, kemungkinannya 0%.

Mas Tovi, kira-kira bisa nggak ya SAE30 single grade Pertamina diblending additive bisa jadi oli mesin?
Barangkali bisa diblending sendiri dirumah ;)
Dear Mas Riza
Untuk Blending sendiri sih sebenernya mudah/cara sederhana juga bisa
Tinggal buat mixer dengan putaran RPM 50 ~150
Kemudian Heater (penghangat) 60~80 derajat C
lalu masukan campuran nya dan di Blending 3~5 jam (tergantung Jenis nya) dan siap.....

Hanya yang sulit kan masalah Material nya
Beberapa adetive (macam nya banyak selkali) banyak yang tidak bisa match dengan Base oil nya (reaksi kimia nya)
Kalo bicara base oil ada gol 1,gol 2,gol 3,gol 4 (harga sesuai urutan)
Gol 3 adalah yang di sebut Semi syn dan gol 4 itu sudah syn beneran
lalu formula additive nya yang kandungan nya apa saja .....atau diracik sendiri (seperti BZ Oil)
Permasalahan nya baik Base oil maupun additive ini ada minimal order nya (10~30 Ton sekali order)

Kalo dari SAE 30 pertamina yang murah mungkin gol 1 kali (maaf kalo salah saya ga tau juga pastinya)
dan oli tsb kan sudah jadi bukan Base oil lagi
Kemudian kalo oli hydrolyk itu kan berbeda dengan oli mesin...oli hydrolik hanya dibutuhkan utk tekanan bukan melumas
harus ada paratak additive yang digunakan utk lapisan film agar viscosity nya bekerja......(bisa tapi agak rumit kebanyakan nambahin bumbunya Mas...kalo mau sempurna buat mesin)
Demikian Mas
Biker Zone

Biker Zone
05-15-2009, 12:06 PM
Kayaknya klo ditambahin 6.5% viscoplex 0-050 dah jadi SAE 40 mas Riza , bener ga ya mas Tovi.
mmm bisa sih tapi dengan hanya viscoplex hasilnya tidak bagus ,karena oli cepat jenuh /SAE nya kurang stabil....tapi ok lah kalo untuk 500km saja

Riza
05-15-2009, 12:13 PM
Pak Wiwik & Mas Tovi,
Yang aku cari cara blending dan berbahan dasarnya single grade SAE30 jadi multi grade SAE 1W30, bisa nggak kira-kira?
Barangkali kasih aditive yang dijual dipasar lalu diaduk-aduk bbrp jam :D

Biker Zone
05-15-2009, 12:21 PM
Pak Wiwik & Mas Tovi,
Yang aku cari cara blending dan berbahan dasarnya single grade SAE30 jadi multi grade SAE 1W30, bisa nggak kira-kira?
Barangkali kasih aditive yang dijual dipasar lalu diaduk-aduk bbrp jam :D
Mas Riza
Kalo cara ngaduknya kan udah saya terangkan (cara sederhana nya)
tapi masalahnya SAE 30 nya kan hidrolik (agak ribet)
kalo dari single grade mau jadi multi grade bisa tinggal di tambah VI Improver tapi kalo dia mau turun grade harus ganti base oil
Demikian kira2 Mas
Biker Zone

Riza
05-15-2009, 12:35 PM
Oke makasih Mas Tovi, keterang Anda sebagai ahli oli, membuktikan tak mungkin memproduksi oli SAE 10W30 memakai bahan dasar single grade SAE 30 yang biasanya untuk oli hidrolik.

ai_zeus
05-15-2009, 06:11 PM
Sepertinya jarang ada yg membaca link yg telah saya berikan di awal thread ini ya...

Di link tersebut saya rasa sudah cukup lengkap mengenai pengetahuan oli yang diperlukan bagi kita terutama end user.

Note:
Untuk menurunkan digunakan aditif Pour Point Depressant. Ini juga ada dibahas di link tersebut, monggo dibuka kembali.

a5sum
06-08-2009, 05:28 PM
pingin tau tentang perolian
kunjungi http://a5sum.yolasite.com/

tuxpandu
06-08-2009, 05:43 PM
pingin tau tentang perolian
kunjungi http://a5sum.yolasite.com/Wah oli bagus nih ....

wiwik tjahjono
06-08-2009, 08:38 PM
Jadi....... extended drain oil nya Duron ini Mineral base apa synthetic ya.

eazycomeneazygo
06-08-2009, 10:01 PM
pingin tau tentang perolian
kunjungi http://a5sum.yolasite.com/

Wah oli bagus nih ....

:eek: hihihi lucu banget nih...

Biker Zone
06-08-2009, 11:46 PM
pingin tau tentang perolian
kunjungi http://a5sum.yolasite.com/
Setelah baca2 ada banyak yg perlu diperbaiki mengenai keterangan produk. Tapi pingin komentar meluruskan arti yang ada di http://a5sum.yolasite.com/duron.php
Karena ini sangat penting utk pengetahuan bagi semua


"MEMPEROLEH ISO 9001 (file:///D:/00/Web/SGS%20ISO%209001%2014001.pdf) Merupakan perusahaan pelumas pertama di Amerika Utara yang memperoleh ISO 9001 sebagai pengakuan atas kualitas produk dan kepuasan konsumen"
Iso 9001 adalah System manajemen Quality pada suatu perusahaan (tanpa Research and Development /Design,kalau dengan research and Development/design Iso nya 9002) dan sama sekali tidak ada hubungan dengan product,artinya suatu product tidak boleh di labeling Iso 9001.
karena Iso 9001 hanya Manajemen nya yang di audit/diuji bukan produknya.
Pemberian sertifikat Iso 9001 oleh badan sertifikasi (TUV,SGS,BVQI dll) ini hanya mensertifikasi system administrasi manajemenya saja.
Penanggung jawab pada perusahaan yg di audit adalah QMR (Quality Management Representative) -->Saya telah menjadi QMR 7thn yang lalu di suatu perusahaan Otomotive

2."MEMPEROLEH ISO 14001 (file:///D:/00/Web/SGS%20ISO%209001%2014001.pdf) Sebagai pengakuan atas produk yang ramah lingkungan"

ISO 14001 ini juga adalah Environment System management,ini pun tidak boleh dilabeling pada produknya tapi Management nya secara administratif dinyatakan lulus utk peduli ramah lingkungan,sedangkan oli nya/produknya sendiri termasuk limbah B3 yang berbahaya terhadap lingkungan
Sama seperti Iso 9001 maka badan sertifikasi mengaudit manajemen nya (TUV,SGS,BVQI dll).Didalam Suatu perusahaan diwakilkan oleh EMR (Environment Management Representative) ---> ini pun 10 tahun yang lalu saya telah menjadi EMR di suatu perusahaan Otomotif.

3. MEMPEROLEH ISO 16949 (file:///D:/00/Web/SGS%20ISO%209001%2014001.pdf) Merupakan perusahaan pelumas pertama dan perusahaan eksplorasi pertama di dunia yang memperoleh ISO 16949 sebagai pengakuan atas kemampuan perusahaan untuk meningkatkan quality systems secara berkesinambungan

Yang ini adalah ISO TS 16949 Iso ini adalah kelanjutan ISO 9001(dengan ISO TS 16949 maka Iso 9001 nya sudah tidak terpakai)
yang diperuntukan utk manajemen perusahaan Otomotif yang menyertakan continues improvement atau lebih menekan kan ke FMEA nya (Failure Mode Effect Analysis) serta implementasi system management pada proses produksi nya penanggung jawab pada suatu perusahaan QMR (Quality Management representative)

Demikian sekedar pelurusan arti bahwa standar2 ini bukan lah untuk produk,Memang banyak salah kaprah pada produk di label ISO 9000,14000 TS 16949 dll untuk kepentingan bisnis,padahal hal ini tidak benar,si auditor dari badan sertifikasinya pun tidak tau tentang know how dari produknya ,tapi yang mereka tau adalah standard system quality management nya.jadi alangkah baiknya bila kata2 nya diperbaiki telah memperoleh manajemen system bukan kualitas produk.
Semoga bermanfaat bagi semua
Terima kasih

iyang
06-09-2009, 11:47 AM
waduh tambah pengetahuan neeh :D

ebooktops
11-10-2009, 11:01 AM
Ada tuh yg udh pake oli Duron-E XL, ktnya bagus & ngk berat dikantong...dicoba aja, bro

DURON E XL Seharga Rp. 230 ribu / Liter untuk area surabaya. Membutuhkan juga independen distributor oli Duron dengan harga khusus.
Jika berminat silahkan menghubungi ke 08123 064 2222

Terima Kasih
Nando

glenfoxman
11-10-2009, 01:41 PM
i know how to change the oil and all that im just not sure if i have to use the Mobil 1 bike oil or if i can just use mobil 1 full synthetic 10w40? also what is the filter number if i were to run a fram filter?
_______________________________________
Website I designed for instant payday loan (http://www.paydaytown.com) company.

Riza
11-10-2009, 02:12 PM
i know how to change the oil and all that im just not sure if i have to use the Mobil 1 bike oil or if i can just use mobil 1 full synthetic 10w40? also what is the filter number if i were to run a fram filter?

what kind motosikal do U ride?

eazycomeneazygo
05-31-2011, 11:48 AM
Karena di thread sebelah lagi bahas oli Amsoil (http://www.kymco.or.id/showthread.php?t=8617).
Enaknya posting disini aja deh, salah satu oli yang mahal juga nih. Belom pernah beli sih, pas belanja keperluan RT di Giant Kalibata, dirak keperluan otomotif dipajang oli ini:
Oli Fastron Full Synthetic API SM SAE 0W-50, Yang pernah pake silahkan share pengalamannya...
http://i51.tinypic.com/2wecll2.jpg

Erwin zwardy
05-31-2011, 11:58 AM
Jadi....... extended drain oil nya Duron ini Mineral base apa synthetic ya.

Duron 100% oil synthetic petro Canada, mas Wiwik

arief
05-31-2011, 01:29 PM
Karena di thread sebelah lagi bahan oli Amsoil (http://www.kymco.or.id/showthread.php?t=8617).
Enaknya posting disini aja deh, salah satu oli yang mahal juga nih. Belom pernah beli sih, pas belanja keperluan RT di Giant Kalibata, dirak keperluan otomotif dipajang oli ini:
Oli Fastron Full Synthetic API SM SAE 0W-50, Yang pernah pake silahkan share pengalamannya...
http://i51.tinypic.com/2wecll2.jpg

ane sdh coba olie mesin mobil synthetic & mineral utk kymco flx tapi tdk terlalu terasa perbedaannya dlm pemakaian spt suara mesin dan tenaganya, secara di kantor ada bagian transportasi jadi suka minta olie mobil utk coba dipakai di skutik ane. justru yang terasa sekali tenaga tdk ada klo kampas kopling mulai tipis

eazycomeneazygo
05-31-2011, 03:59 PM
ane sdh coba olie mesin mobil synthetic & mineral utk kymco flx tapi tdk terlalu terasa perbedaannya dlm pemakaian spt suara mesin dan tenaganya, secara di kantor ada bagian transportasi jadi suka minta olie mobil utk coba dipakai di skutik ane. justru yang terasa sekali tenaga tdk ada klo kampas kopling mulai tipis

ane juga udah nyoba oli mobil di kymco. tapi pertanyaan ane kali ini khusus oli fastron sesuai gambar yg ane posting. pingin tahu 'sensasinya' apa sesuai harganya.

wiwik tjahjono
05-31-2011, 04:23 PM
ane juga udah nyoba oli mobil di kymco. tapi pertanyaan ane kali ini khusus oli fastron sesuai gambar yg ane posting. pingin tahu 'sensasinya' apa sesuai harganya.

klo sensasi no comment deh tergantung masing2. cuma komentar klo Fastron bagus hanya pengalaman lalu produknya kok cepet discontinous.

adji alex
05-31-2011, 04:39 PM
Untuk kelas Fastron,rekan2 gak ush kuatir utk quality.
Top markotop.
Kita sering meremehkan produk2 Pertamina.
Hanya memang varian Fastron harganya yg bs buat org tercengang.
Opo iyo ta oli iki sebanding dgn harganya?
Kalo anda hitung dgn cermat,oli produk Pertamina adalah harganya termahal di dunia.
Gak percaya?
Berapa HET Prima XP?
Lawanin Castrol/TOP1 dgn spec setara.
Ingat,merk impor masih kena bea masuk,PPN,dsb dsb.
Dan yg jelas,memang sekarang Pertamina udh jauh dibanding Pertamina yg dulu.
Mulai sekarang,anda dah mulai bisa mempercayai produk dlm negeri.

adji alex
05-31-2011, 04:55 PM
Spike Alice semenjak barunya memakai fastron,sampai sudah pindah tanganpun tetap pakai fastron.
46rb kilometer pada saat berpindah tangan. Kondisi liner,piston maupun ring pistön masih bs dibilang perfect. Padahal ni motor bs dibilang digeber mulu.
Malah beberapa kali waktu AA masih kerja di DKJ,mendapati beberapa kasus dgn oli Kymco,diganti Prima XP malah bebas masalah.

Riza
05-31-2011, 09:58 PM
0W50 kalau di Indonesia dibanding 20W50 adalah sama persis :D
Lha wong di Indonesia tidak mengenal W (Winter), jadi angka nol itu tidak ada gunanya di sini :(
10W40 lebih encer, tarikan ringan.
5W30 lebih encer lagi, tarikan ultra ringan.
Saya saat ini sedang pakai oli 5W30 hrgnya di bawah 100rb/liter (sampai Juni diskon 20%), API:SM, Full Syn, merupakan oli resmi ATPM mobil Honda. Jadi semua mobil Honda disarankan pakai oli ini, kecuali permintaan pelanggan.
Di mobil sangat terasa (scr psikologis, blm ukur secara teknis) sangat terasa ringan akselerasi, oli apa saja yg SAE30 bisa menghemat BBM di laboratorium sebesar 4%.

http://a6.sphotos.ak.fbcdn.net/hphotos-ak-snc6/255765_1626672361793_1686062676_1056130_2938720_n. jpg (http://www.facebook.com/photo.php?pid=1048146&id=1686062676)

Di Kymco belum coba.
Berita peluncurannya:
http://imobili.hondaisme.com/DEVICE/bbnwdt.cfm?nd=cfE7199gyE4

enthung
06-01-2011, 12:52 AM
0W50 kalau di Indonesia dibanding 20W50 adalah sama persis :D
Lha wong di Indonesia tidak mengenal W (Winter), jadi angka nol itu tidak ada gunanya di sini :(
10W40 lebih encer, tarikan ringan.
5W30 lebih encer lagi, tarikan ultra ringan.
Saya saat ini sedang pakai oli 5W30 hrgnya di bawah 100rb/liter (sampai Juni diskon 20%), API:SM, Full Syn, merupakan oli resmi ATPM mobil Honda. Jadi semua mobil Honda disarankan pakai oli ini, kecuali permintaan pelanggan.
Di mobil sangat terasa (scr psikologis, blm ukur secara teknis) sangat terasa ringan akselerasi, oli apa saja yg SAE30 bisa menghemat BBM di laboratorium sebesar 4%.

http://a6.sphotos.ak.fbcdn.net/hphotos-ak-snc6/255765_1626672361793_1686062676_1056130_2938720_n. jpg (http://www.facebook.com/photo.php?pid=1048146&id=1686062676)

Di Kymco belum coba.
Berita peluncurannya:
http://imobili.hondaisme.com/DEVICE/bbnwdt.cfm?nd=cfE7199gyE4

hohohoho....ada virus baru....setelah sekian lama dr.p,amsoil,redline..akhirnya ada yg membuat hatiku tergerak...
besok muter2 di dealer honda ah..(kalo buka.. ):D

dari pengguna redline yg desperate krn harga telah melebihi ambang batas psikologi saya :mad:

luki46
06-01-2011, 11:27 AM
Mas Rizaa...

berarti oli ini:
http://www.bikerspoint.us/image-product/img165-1302606556.jpg
Bisa dikonsumsi Ya Mas...

he..he..he..he..

bwsony
06-01-2011, 11:32 AM
Mas Rizaa...
berarti oli ini:
http://www.bikerspoint.us/image-product/img165-1302606556.jpg
Bisa dipakai Ya Mas...
he..he..he..he..
^ kang luk .. eta oli idr nyah rada awis yak ..:confused:

luki46
06-01-2011, 11:37 AM
kemarin sebelum naik mah
kurang lebih 34rb/ltr Kang...
bukan nyang 800cc yah

Tapi sekarang mah klo nggak salah
dah naik seiring petramaz naiz juga...

he..he..he..he..

Arlan_lanny98
06-01-2011, 11:41 AM
Spike Alice semenjak barunya memakai fastron,sampai sudah pindah tanganpun tetap pakai fastron.
46rb kilometer pada saat berpindah tangan. Kondisi liner,piston maupun ring pistön masih bs dibilang perfect. Padahal ni motor bs dibilang digeber mulu.
Malah beberapa kali waktu AA masih kerja di DKJ,mendapati beberapa kasus dgn oli Kymco,diganti Prima XP malah bebas masalah.

Fastron yang 10-40 atau 20-50 ?
Saya pernah pakai Fastron 10-40, kl diatas 1500km, perasaan dah ngga enak, trus..harganya juga makin ngga enak.
Setelah itu pakai PrimaXp 10-40, sampe 1 taon, setelah kelupaan gantinya 2300km, olinya nguap lumayan banyak..
Tp, PrimaXp 10-40 lumayan enak, asal gantinya jangan lebih dari 2rb km.
Saya belum nyoba Fastron/PrimaXp yang 20-50.

bwsony
06-01-2011, 11:43 AM
kemarin sebelum naik mah
kurang lebih 44rb/ltr Kang... bukan nyang 800cc yah
Tapi sekarang mah klo nggak salah , dah naik seiring petramaz naiz juga... he..he..he..he..
^ wah mayan ya kang idr nyah .. 11 12 ama BM1
tapih emang enakeun .. mesin jadih halus & tarikan enteng wat nyepid:D

Riza
06-01-2011, 11:46 AM
Saya terus terang belum pernah pakai oli di bawah spek resmi Kymco SAE 10W40 lho, jadi segala risiko tanggung sendiri lho.
Kalau yg murah (di bawah 50rb) menurutku pilih yg sesuai spek yg mendesain mesin aja lah, yakinaman, kalau agak mahalan dikit pendapatku boleh coba. Kalau mahal banget (di atas 100tb/liter) kayaknya nggak lagi deh, dah pernah :D

luki46
06-01-2011, 11:47 AM
weit salah ketik Kang...

4 pertama harusnyah 3
dah di edit...

tapi katanya bisa 2x masa pakai oli biasa
jadi 4000km baru ganti

jadi itungannya harga dibagi 2

he..he..he..he..

luki46
06-01-2011, 11:51 AM
Saya terus terang belum pernah pakai oli di bawah spek resmi Kymco SAE 10W40 lho, jadi segala risiko tanggung sendiri lho.
Kalau yg murah (di bawah 50rb) menurutku pilih yg sesuai spek yg mendesain mesin aja lah, yakinaman, kalau agak mahalan dikit pendapatku boleh coba. Kalau mahal banget (di atas 100tb/liter) kayaknya nggak lagi deh, dah pernah :D

Stlh oli ijo diskontinyu...
sy pake ini Mas... kurang lebih 3x ganti oli
tapi sesuai anjuran Mas Riza
pada pembahasan oli 30 terlalu encer...
sy ganti
primaxp pertamina 20-50 sampai sekarang

tadinya mau berubah lagi ke ahm 10-30
tapi kayanya urung dulu...
liat respon forum

he..he..he..he..

adji alex
06-01-2011, 02:51 PM
0W50 kalau di Indonesia dibanding 20W50 adalah sama persis :D
Lha wong di Indonesia tidak mengenal W (Winter), jadi angka nol itu tidak ada gunanya di sini :(
10W40 lebih encer, tarikan ringan.
5W30 lebih encer lagi, tarikan ultra ringan.
Saya saat ini sedang pakai oli 5W30 hrgnya di bawah 100rb/liter (sampai Juni diskon 20%), API:SM, Full Syn, merupakan oli resmi ATPM mobil Honda. Jadi semua mobil Honda disarankan pakai oli ini, kecuali permintaan pelanggan.
Di mobil sangat terasa (scr psikologis, blm ukur secara teknis) sangat terasa ringan akselerasi, oli apa saja yg SAE30 bisa menghemat BBM di laboratorium sebesar 4%.

http://a6.sphotos.ak.fbcdn.net/hphotos-ak-snc6/255765_1626672361793_1686062676_1056130_2938720_n. jpg (http://www.facebook.com/photo.php?pid=1048146&id=1686062676)

Di Kymco belum coba.
Berita peluncurannya:
http://imobili.hondaisme.com/DEVICE/bbnwdt.cfm?nd=cfE7199gyE4

ini isinya idemitsu. Merk n mutu ok.

eazycomeneazygo
06-01-2011, 03:37 PM
klo sensasi no comment deh tergantung masing2. cuma komentar klo Fastron bagus hanya pengalaman lalu produknya kok cepet discontinous.

nuwun sewu Pak Wiwik, apa iya oli mesin Fastron cepat diskontinyu ?
untuk mobil, saya masih pakai oli mesin Fastron 10W40 Semi-Syhntetics, kalau yang Fastron ijo-kuning (20W50) lebih murah memang, pernah pakai tapi dah lama sekali. Hanya saja untuk Fastron biru memang jarang lihat.

Foto yang saya ambil kebetulan saat mampir ke Giant Hypermart. Jadi kalo dibilang diskontinyu untuk oli mesin Fastron rasanya kurang tepat juga ya, karena di Jakarta mungkin masih mudah didapat Fastron Semi-Syhntetics 20W50, 10W40 dan tentunya yang Full-Syhntetics sibotol biru yang paling mahal.

Dan karena yang botol biru itu mahal (hampir Rp150rb/botol), jadi belom pernah coba baik untuk mobil atau untuk kymco, masih eman-eman pak, masih hanya tertarik dapet review kymcoers lain jika memang ada kelebihannya selain harganya.


Sumber: http://pelumas.pertamina.com/Files/price_list.asp

http://i52.tinypic.com/1o9444.jpg (http://pelumas.pertamina.com/Files/price_list.asp)


http://i51.tinypic.com/2wecll2.jpg

Erwin zwardy
06-01-2011, 04:09 PM
Ud ada yg pernah pakai DUR0N OIL blm ya? Review pls...

eazycomeneazygo
06-01-2011, 04:18 PM
Ud ada yg pernah pakai DUR0N OIL blm ya? Review pls...

dihalaman awal thread ini Bro (http://www.kymco.or.id/showpost.php?p=76681&postcount=20)
http://www.kymco.or.id/showpost.php?p=76681&postcount=20

atau secara khusus dibahas disini (http://www.kymco.or.id/showthread.php?t=3609&highlight=Duron)
http://www.kymco.or.id/showthread.php?t=3609&highlight=Duron

Riza
06-01-2011, 04:47 PM
Saya sudah pakai, Duron oli bagus, bekas olinya pun untuk menyiram rumput, rumputnya ga mati.
Mesin jadi lebih adem, sayang blm jamannya termometer digital :(
Hanya mengacu pada jarum penunjuk temparatur mesin Dink.
Yang salah dari pemasaran oli itu (ini menurutku pribadi), jargonnya 80rb kilometer ga perlu ganti oli.
Pertamanya percaya, tapi akhirnya ga tega, apalagi ga pakai filter yg jadi S&Knya. Akhirnya tidak pernah ada masalah sampai Dink nya dipinang orang.
Dan terakhir diketahui yg dipasarkan di Indonesia saat itu cenderung untuk mesin diesel truk-truk raksasa antar negara. Dengan sekali ganti oli mungkin bbrp galon (belasan liter, bahkan mungkin lebih) wajar kan ganti oli bahkan tiap 100rb km.

wiwik tjahjono
06-01-2011, 05:18 PM
nuwun sewu Pak Wiwik, apa iya oli mesin Fastron cepat diskontinyu ?
untuk mobil, saya masih pakai oli mesin Fastron 10W40 Semi-Syhntetics, kalau yang Fastron ijo-kuning (20W50) lebih murah memang, pernah pakai tapi dah lama sekali. Hanya saja untuk Fastron biru memang jarang lihat.

Foto yang saya ambil kebetulan saat mampir ke Giant Hypermart. Jadi kalo dibilang diskontinyu untuk oli mesin Fastron rasanya kurang tepat juga ya, karena di Jakarta mungkin masih mudah didapat Fastron Semi-Syhntetics 20W50, 10W40 dan tentunya yang Full-Syhntetics sibotol biru yang paling mahal.

Dan karena yang botol biru itu mahal (hampir Rp150rb/botol), jadi belom pernah coba baik untuk mobil atau untuk kymco, masih eman-eman pak, masih hanya tertarik dapet review kymcoers lain jika memang ada kelebihannya selain harganya.


Sumber: http://pelumas.pertamina.com/Files/price_list.asp

http://i52.tinypic.com/1o9444.jpg (http://pelumas.pertamina.com/Files/price_list.asp)


http://i51.tinypic.com/2wecll2.jpg


iya mas Eazy yang synthetic dulu sering menghilang dari pasar trus muncul dg spek baru lagi. Semoga tidak demikian sekarang.

Riza
06-01-2011, 06:22 PM
ini isinya idemitsu. Merk n mutu ok.
Bisa juga, dari dulu Honda mobil dekat dengan Idemitsu, produknya pun juga ada yg serupa:
http://www.idemitsu-ils.com.sg/index.aspx?uc=news_newsdetail&ID=30

enthung
06-02-2011, 12:23 AM
ini isinya idemitsu. Merk n mutu ok.

berarti belum fully synthetic kah om??

@mas riza :
baca2 dari link oli Honda yg dikasih,kok olie tersebut dari "base oil" yah mas?? bukankah berarti itu bukan fully synthetic?? sebab kalau fully synthetic base-nya PAO/Ester bukan?? cmiiw....

seiinget saya bila fully synthetic dimulai kategori gol IV/V dibawah itu mineral/oil base/semy synth...

butuh pencerahan nih....:confused:

adji alex
06-02-2011, 12:53 AM
Kemarin masuk jawa pos kok

Riza
06-02-2011, 10:50 PM
berarti belum fully synthetic kah om??

@mas riza :
baca2 dari link oli Honda yg dikasih,kok olie tersebut dari "base oil" yah mas?? bukankah berarti itu bukan fully synthetic?? sebab kalau fully synthetic base-nya PAO/Ester bukan?? cmiiw....

seiinget saya bila fully synthetic dimulai kategori gol IV/V dibawah itu mineral/oil base/semy synth...

butuh pencerahan nih....:confused:
Kalau ini aku ga ikut-ikut, kayake aku harus belajar dari Oom Enthung, tapi aku sendiri sudah coba di mobil Honda, test komparasi suhu oli jg sudah aku unggah. Monggo diulas di tempatnya.
Ditunggu juga review pemakaiannya.

Berharap Punya MyRoad
06-02-2011, 11:32 PM
Mas Rizaa...

berarti oli ini:
http://www.bikerspoint.us/image-product/img165-1302606556.jpg
Bisa dikonsumsi Ya Mas...

he..he..he..he..

ane pernah pake neh 1x di LX
menurut ane tarikan jd lebih enteng
kira2 1500 km setelah pemakaian kondisi jg masih oke
sampe Mas Bengkel bilang ' g sayang2 ni oli masih bagus udah diganti?'
aku sendiri baru kali itu liat oli dipake 1500km-an masih mayan bening warnanya

tp saya sendiri dulu percaya oli sae20w50 adalah yg terbaik untuk umur mesin
jd cm berani coba 1x dan kembali ke Total 20w50 yg mumer
besuk klo stok TOTAL abis boleh-lah nyoba yg lebih encer lg
iklan oli Federal menarik juga... apalagi liat harganya termasuk sangat miring untuk JASO MB 10w30
10w30 Masih batas toleransi g ya?

Riza
06-03-2011, 08:43 AM
Saya juga belum coba di Kymco, lho Oom PT BPM :D
Tapi patokan yg saya anut, jangan yg terlalu murah hrg per liternya. Misalnya di bawah 50rb itu aku kurang percaya.
Silakan dicoba Oom.
Mau awet untuk mesin yg agak lama (misalnya lebih dari 30rb km) baiknya mmg pakai oli yg agak kental => spt ada limiternya, kalau oli encer limiternya dihilangkan, so tetep properly lah cara ngegasnya, tidak asal full throttle, kecuali mmg untuk balap. Tidak ada kan mesin untuk balap masih dipertahankan tanpa turun mesin selama 5 tahun balapan terus :rolleyes:
You are the boss, take good care of your Kymco ;)
Mungkin sebentar lagi ada teknologi oli 5W20 => mau lihat oli SAE20 = oli samping mesin 2 tak.
Semoga bermanfaat, pendapat saya di atas.

kymo
06-03-2011, 10:09 AM
di beres bdg sedia olinya 28rb sd 33rb buat kymco
banyak yg pake juga:D

Berharap Punya MyRoad
06-03-2011, 11:13 AM
wah klo oli dah harga 50 rb menurut ane dah mahal tuh
oli yg ane pake blom ada yg harganya di atas 40 riben
total 20w50 - 29 riben
Yamalube - 32 riben
ahm oil jaso mb - 35 riben
SHELL Advance 15w50 - 32 riben
TOTAL Quardz si oli mobil 15w50 beli pas diskon itungannya dulu dapet 35 riben
tapi alhamdulillah belum ada tanda2 LX protes
bahkan oli turun sampe bawah deepstick jg lom pernah
sudah jalan 23.000 km

cuma selalu terngiang nasehat momod
pastikan olinya asli... makanya sy selalu cari di BERES / SPBU langsung
cari di tempat yang terpercaya dan cari yg paling murah

Riza
06-03-2011, 12:20 PM
Kan dah ada oli benson 10W40 (pas dg speknya) yg dijamin asli, hrg kurang dr 35rb :cool:
Ganti oli tiap max 2000km sesuai rekomendasi insinyur yg bikin mesinnya.

enthung
06-03-2011, 04:09 PM
Kalau ini aku ga ikut-ikut, kayake aku harus belajar dari Oom Enthung, tapi aku sendiri sudah coba di mobil Honda, test komparasi suhu oli jg sudah aku unggah. Monggo diulas di tempatnya.
Ditunggu juga review pemakaiannya.

ah mas riza suka merendah.....:D
ywis tak cari2 dulu wis,pake bawaanya ahm yg kaya digambar atas ga enak...jadi lebih berat tarikannya....(imo sesuai feeling saya)
hope yg oli mobil honda ini rasanya kaya waktu pake redline...

nuwun mas riza :)

Berharap Punya MyRoad
06-03-2011, 10:15 PM
ah mas riza suka merendah.....:D
ywis tak cari2 dulu wis,pake bawaanya ahm yg kaya digambar atas ga enak...jadi lebih berat tarikannya....(imo sesuai feeling saya)
hope yg oli mobil honda ini rasanya kaya waktu pake redline...

nuwun mas riza :)

saya klo mo kembali pake oli mobil kok masih kurang sreg gitu
terngiang pendapat temen forum
oli mobil maksimal di rpm rendah... tentu kurang rekomended buat motor yg kerjanya di RPM tinggi

gimana thu Om?

Riza
06-03-2011, 10:18 PM
Jadi oli sepeda motor harusnya lebih mahal harganya dari oli mobil, karena melumasi putaran yg lebih tinggi pastilah lebih sulit.
Tapi ada yg ga mau hrg oli lebih dr 50rb, nah gimana tuh :confused:

Berharap Punya MyRoad
06-03-2011, 10:32 PM
Jadi oli sepeda motor harusnya lebih mahal harganya dari oli mobil, karena melumasi putaran yg lebih tinggi pastilah lebih sulit.
Tapi ada yg ga mau hrg oli lebih dr 50rb, nah gimana tuh :confused:

wikikikik... ane kesindir dah
bukan gitu om...
dulu kan pernah ada yg bilang... oli mobil diriset pake mobil... oli motor diriset pake motor
mobil RPM 3000 aja dah ngebut banget
KYMCO RPM 6000 baru 60 kpj

klo kita pake oli mobil yg diriset buat mesin yg kerjanya di RPM rendah apa g beresiko mempercepat keausan mesin?
disisi lain oli motor walau harganya murah kan tetep aja dibikin memang untuk RPM tinggi...
he..he..he...

Riza
06-03-2011, 11:06 PM
Pertanyaan yg bagus untuk didiskusikan.
Dari dulu mesin diesel rpm nya lebih rendah drpd mesin bensin.
Kebanyakan dulu oli mesin diesel adalah B40, oli mesin bensin 20W50 atau bahkan SAE60.
Nah kental mana B40 vs 20W50?
B40 jika dikonversi ke oli mesin bensin adalah SAE40.
Lho putaran lebih rendah kok lebih encer olinya daripada mesin yg lebih tinggi putaran mesinnya :confused:

Masak sih oli 5W30 teknologi mutakhir tidak mampu menahan gesekan pada putaran tinggi?

luki46
10-11-2011, 04:10 PM
Federal Oil Evotec 10W-40 Bikin Mesin Lebih Dingin Selama Turing

Artikerl Oli Federal 10w40 keluaran baru (http://motorplus.otomotifnet.com/read/2011/10/11/324258/125/14/Federal-Oil-Evotec-10W-40-Bikin-Mesin-Lebih-Dingin-Selama-Turing-)

kita tunggu hasilnya... dan
kita tunggu bwt matic-nyah...
:D