PDA

View Full Version : charge aki kering


ranggasantika
05-15-2007, 02:51 PM
copy dari milis nih :
dari mas jaya ; KCD-011

Batere kering atau Sealed Lead Battery memang harus bisa dicas ("Charge") cuma memang ada beberapa hal yang harus diperhatiken. Batere kering tidak boleh kosong sama sekali atau kalau di ukur dengan volt meter tegangan kurang dari 1 volt karena apabila ini terjadi maka kemungkinan besar telah terjadi sulfatisasi di selnya. Ini berlaku baik untuk batere baru atau bekas. Biasanya batere baru akan discharge dalam hitungan bulan (bukan tahun). Oleh sebab itu pada saat beli batere baru usahakan dicheck dahulu tegangannya harus minimal diatas 8V, kalau masih diatas 12V bisa langsung dipakai tetapi kalau di bawah 10 volt lebih baik di charge terlebih dahulu. Untuk Charger pada prinsipnya sama cuma memang ada sedikit perbedaan tentang starting awal pengecasan. Charger otomatis kebanyakan bekerja apabila ada tegangan minimal 4volt di baterenya, kalau tegangan nggak sampai segitu maka charger tidak akan berfungsi, apes-apesnya kita bisa triger dengan menggunangkan batere kotak 9 volt tetapi tidak dianjurkan karena kalau aki memang sudah rusak atau tidak bisa diisi lagi maka charger-nya yang akan rusak. Charger aki kering biasanya diberi tombol "reset" atau "push to dead battery" ini untuk aki yang sudah lama nggak digunakan untuk memaksa charger mengisi aki. Tetapi apabila tetap charger tidak menyala maka aki memang telah benar-benar rusak jadi jual aja sama pemulung (dituker gelas atau kemoceng juga bisa).

Kalau mau bikin nggak susah asal ada kemauan dan berani terima resiko (maksudnya udah cape-cape tapi nggak bisa buat ngecas juga). Berikut saya sertakan gambarnya. (http://www.talkinge lectronics. com/Projects/ BatteryCharger- 12vSLA/BatteryCh arger-12vSLA. html)

http://www.imageshock.eu/img_small/ShowLetter1.jpg (http://www.imageshock.eu/?img=ShowLetter1.jpg)

ini prinsipnya kerjanya,

http://www.imageshock.eu/img_small/ShowLetter2-20b1.jpg (http://www.imageshock.eu/?img=ShowLetter2-20b1.jpg)

kalau part lisnya :
2 - 1R8 0.5watt resistors
1 - 150R 0.25 watt resistor
1 - 180R
1 - 560R
1 - 1k5
3 - 2k2
1 - 3k3
1 - 4k7
1 - 8k2
1 - 1k mini trim pot

1 - 1n ceramic
2 - 47u 25v electrolytics

1 - 5mm red LED

4 - 1N4148 signal diodes
1 - 10v 0.25watt zener
1 - BC 547 transistor
2 - BC557 transistors
1 - MCR100-6 SCR
1 - 1m red lead
1 - 1m black lead
2 - alligator clips
1 - 2m very fine solder

catatan : semua komponen ada di glodok atau pasaran lokal, kalau mau SCR yang berkualitas bisa impor (yang ini nitip aja sama mas Emond).

Solusi yang paling gampang:, kalau batere anda kering 12V 7A bisa numpang bawa saja cas saja dengan menggunakan UPS yang ada di rumah, di kantor atau di sekolah, UPS 600VA juga pake aki kering jenis ini. Kalau 12V 5A bisa nitip ke motor yang masih pake kick stater, isi bensin sampai penuh, jalan aja ke Bogor pulang-pergi pasti akinya langsung penuh lagi.

Sampai saat ini saya juga belum bikin yang model ini, saya sudah bikin untuk charge aki yang jenis lead acid saja (maklum pake freeLX yang masih teles akinya).

wassalam,

jaya metal
KCD 011

wiwik tjahjono
05-16-2007, 11:13 AM
Mas Rangga , saya blom punya pengalaman membuat charger untuk battery kering karena blom tahu persis karakteristik battery kering . Informasi tambahan yang baru saya dapatkan berkenaan dengan ini adalah bahwa recharging battery kering malah lebih efisien ( 95% ) dibanding battery biasa ( accu biasa ) yang hanya 70% ini berarti battery kering lebih mudah di isi kembali.

Cuma saya menjadi agak bingung dengan informasi bahwa charging hanya boleh 2.25 s/d 2.3 volt / cell , diatas sedikit dari voltage kimiawi cell.

Pertanyaan saya , apakah ini berarti bahwa setiap accu kering charging voltagenya berbeda beda ? tergantung banyak nya cell? mohon sharing temen2 yang sudah lebih dulu mengetahui...

Saya memang pernah membaca tulisan yang mengatakan jangan sembarang mengganti accu biasa dengan battery kering karena sistem pengisiannya berbeda.

Klo kita lihat bagan yang ditampilkan mas Rangga , memang agak berbeda yah... dengan yang biasa , sdh seperti sistim switching ? tapi yang mungkin lebih penting ( saya belum jelas ) adalah berapa volt outputnya dan bisa untuk accu kering yang berapa amper.

Kelihatan nya segala sesuatu ( persamaan dan perbedaan ) kedua jenis accu tersebut perlu menjadi perhatian , terutama buat temen2 yang ingin mengganti sistem battery kendaraannya nya. salam....

fachrevi
05-16-2007, 01:31 PM
Ikutan Comment ah... but CMIIW
Charge Aki Kering (untuk automotif bukan industri)!
Disini yang dibahas Sebagai pemilik toko Aki atau pemilik kendaraan yang menggunakan Aki kering ?

Kalo sebagai pemilik Kendaraan, asal alternator (untuk mobil) atau kiprok (untuk motor) berfungsi dengan baik maka proses Charging akan berjalan dengan semestinya. Kecuali Akinya dah rusak jadi selnya dah gak mampu nyimpan setrum lagi atau istilahnya soak, ibarat ngisi air di ember bocor, gak akan penuh airnya.

Kalo sebagai pemilik Toko Aki, jangan khawatir soale setiap pemegang merk biasanya akan mencharge aki kering untuk type yang sudah diberi aki-zuur tapi belum laku terjual. karena efek self discharge(voltase berkurang dengan sendirinya) berlaku untuk aki kering apabila tidak digunakan (belum dipasang di kendaraan),
Contohnya untuk merk Yuasa type YTZ5-S (3,5Ah) tapi kayaknya dah gak diproduksi lagi deh, penggantinya type YTX4L-BS.

Biasanya aki kering dijual dalam satu paket kemasan lengkap dengan aki-zuur, jadi kalo mau digunakan dimasukkan dulu aki-zuur-nya. Untuk yang awam mungkin bingung kok aki kering dikasih aki-zuur seperti aki basah ? sebenarnya proses penyimpanan aki-zuur pada aki kering mirip dengan cara kerja pembalut wanita, sehingga kalo dibolak balik gak tumpah. Untuk type yang seperti ini khususnya merk yuasa bisa langsung dipasang pada kendaraan kita (isi langsung start).

Tips untuk pengguna kendaraan dengan aki kering ;
1. cek proses pengisian setrum pada aki saat kendaraan hidup, naik gak amperenya atau voltasenya maksimal angkanya mencapai 15 volt. kalo gak naik-naik voltase mesti dicek tuh alternator atau kiproknya.
2. jangan biarkan kendaraan anda terlalu lama parkir digarasi (berhari-hari), harus dihidupkan mesinnya sesekali supaya aki terisi kembali atau recharger.
3. aki kering sensitif terhadap suhu, kalo suhu ruang terlalu panas setrumnya akan cepat berkurang. Makanya aki kering dimobil pada bak aki suka dilapisi alumunium foil supaya panas mesin gak langsung mempengaruhi. ini juga berujung pada peningkatan umur aki.

Oh iya untuk charger aki kering khususnya untuk industri seperti type np yang biasanya dipakai untuk ups, temanku juga menggunakan ups. soal untuk aki yang berapa amper tinggal hitung aja berapa lama waktu yang dibutuhkan supaya penuh pengisiannya.

Salam...

wiwik tjahjono
05-16-2007, 04:18 PM
Berarti engga ada perbedaan cara charging ya pak , saya mengira ada perbedaan dalam hal pengisian , Maklum blom pernah pake nih pak.

fachrevi
05-16-2007, 06:04 PM
Temenku sih kalo charge aki kadang2x pake alat itu (UPS). Tapi ada juga charger yang khusus untuk tipe aki tertentu.
Contoh Charger 4A dipake untuk charge aki 4A dan 7A, yang pasti lebih cepat penuh aki yang 4A dibanding yang 7A.
Yah kasarannya begitulah Pak Wiwik, selama ini sih gak ada klaim pada aki yang dicharge dengan cara seperti itu.
Salam...

Riza
05-16-2007, 06:23 PM
Kalau pendapatku aki kering buat motor, spt yg dipakai Trend 2000 tak ada bedanya dengan aki biasa kecuali lebih awet 3 kalinya dan lebih kuat untuk menghentak mesin berkompresi tinggi.
Kalau sudah mendekati umur 3 tahun biasanya aki sering ngedrop, dipakai tentu bisa ngisi lagi, tapi kalau pakainya 4 jam nonstop, makanya ketimbang harus touring jauh, baiknya dicharge dengan charger.
Aku ngecharge dengan charger yg aku beli di toko elektronik dengan daya 5 Ampers. Dicharge aja semaleman (minimal 4 jam lah), besok paginya sudah sehat lagi.
So far soo good ga ada masalah.

wiwik tjahjono
05-17-2007, 02:07 PM
Makasih pak Fachrevi dan pak Riza atas penjelasannya , klo begitu jadi pengin coba juga nih aki kering , kayaknya lebih praktis dan mudah2an lebih mudah perawatannya.

Riza
05-17-2007, 03:35 PM
BTW, untuk aki buat Trend 2000 harganya 260rb typenya: YTX9-BS (8 amp) merk silakan yg penting typenya, tentu dipasang di LX tidak bisa.
Yang ukuran untuk LX kayaknya jauh lebih murah, tapi mungkin kualitasnya hampir sama saja dengan yg type basah :-)
Jadi baiknya pakai dulu lah bawaan pabriknya.
Sekedar saran lho ;-)
Dari sisi perawatan memang ga usah lihat air aki seumur aki itu, bahkan ga boleh dibuka tutupnya, sealed rapat, nutupnya dengan dipukul pakai palu, kalau dipaksa dijugil juga bisa kebuka. Kalau kebuka semacam kentut, ada angin lewat entah dari dalam atau malah vacumed.

fachrevi
05-21-2007, 12:15 PM
Betul Mas Riza, pada Aki kering memang terdapat katup yang fungsinya mengeluarkan gas. Lain halnya dengan aki basah yang terjadi adalah penguapan (udara+air).
Oh ya, untuk LX setahuku jenisnya aki basah typenya YB5-LB (12 volt, 5 ampere) sama dengan yang dipake motor bebek pada umumnya.
Untuk ganti jenis aki harusnya sesuaikan dengan spesifikasi bawaan pabrik, agar tidak terjadi over charge atau under charge pada aki.

Riza
05-21-2007, 01:41 PM
Aki kering yg berukuran YB5-LB ada kok.
Ga usah mikirin overcharge asal akinya 12 volt, amperenya juga ga usah dipikirin.
Kalau diganti aki 6 volt itu baru perlu belajar lagi dari SD :mrgreen:

fachrevi
05-21-2007, 04:08 PM
sepengetahuanku bila kita ingin mengganti kapasitas aki yang yang lebih besar, biasanya maksimal 30 persen dari ampere aki bawaan pabrik.
soalnya kalo terlalu besar nambahnya yang terjadi adalah under charge (Battery lemah tidak terisi dengan baik atau isilahnya tekor). Kalo enggak spul atau IC regulatornya dirubah sesuai dengan kebutuhan aki.

Jika ukuran amperenya terlalu kecil yang akan terjadi adalah over charge (pengisian aki terlalu tinggi amperenya), karena suplai arus dari spul atau regulator bawaan pabrik terlalu besar sehingga tidak tertampung oleh aki. regulator yang digunakan untuk pengisian umumnya 10 persen dibawah kapasitas aki, ini dimaksudkan supaya tidak terjadi over charge.

Salam.. and Peace..... CMIIW :lol: :lol: :lol:

Riza
05-21-2007, 05:56 PM
Kalau akinya lebih kecil amperenya tidak mungkin overcharge. Lha kan udah ada reg/rec buat apa mereka dibikin, kan supaya tidak overcharge.
Kalau aki voltasenya 6 volt dipasang motor berlistrik tegangan 12 volt tentu overcharge.
Kalau akinya lebih besar amperenya daripada orinya, maka tidak malah tekor, tapi lama untuk memenuhi akinya, kalau pemakaian listriknya tidak tambah (semua lampu original) maka tidak mungkin tekor meski pakai aki mobil (70amp).

fachrevi
05-21-2007, 06:21 PM
Kalau akinya lebih kecil amperenya tidak mungkin overcharge. Lha kan udah ada reg/rec buat apa mereka dibikin, kan supaya tidak overcharge.
Kalau aki voltasenya 6 volt dipasang motor berlistrik tegangan 12 volt tentu overcharge.
Kalau akinya lebih besar amperenya daripada orinya, maka tidak malah tekor, tapi lama untuk memenuhi akinya, kalau pemakaian listriknya tidak tambah (semua lampu original) maka tidak mungkin tekor meski pakai aki mobil (70amp).

mudah2xan bisa menjadi bahan referensi :
http://www.motorplus-online.com/articles.asp?id=7793

Riza
05-21-2007, 10:19 PM
Wah oke, termasuk ilmu baru buat aku Mas Fachrevi. Makasih :-)
BTW, arus bisa cepat lewat karena perbedaan voltase antara kiprok dan aki yang dicharge, kalau udah hampir penuh, maka chargingnya melambat arusnya juga melambat, beban tambahan spt lampu juga memperlambat pengisian.
Seperti bejana berhubungan, kalau dua bejana sudah mau penuh maka aliran air akan melambat, tekanan berkurang.
So aki kering membutuhkan charging dengan perbedaan voltase yang tipis.

Sedikit kutipan dari buku servis manual Trend 2000 untuk mengetahui karakteristik Trend 2000:
Batt 12V 8AH MF
Arus pengisian: 7 Amp (Max)
Mulai pengisian: 2.100 RPM
Kapasitas: 11 A (minimal)/3000 RPM.
Reg/Rec: Tanpa platina
Tahanan koil pengisian: 0,2 ~ 0,3 Ohm.

Batt MF Trend 2000 dalam
keadaan penuh: 13,1 V
keadaan kosong: 12,3 V (max).
Arus pengisian standar: 0,9 A waktu pengisian 5-10 jam
Arus pengisian cepat: 3 A waktu pengisian 30 menit (hanya dlm keadaan darurat)

Pengukuran tegangan pengisian dari motor:
Lampu kepala OFF (Siang)
pada 3000 RPM 4A ; 16 V | 8000 RPM 6,3 ; 16,7 V
Lampu kepala ON (malam)
pada 3000 RPM 1,1A (min 1 A) ; 14 V | 8000 RPM 2,1 A ; 14 V

Sukur ada komparasi dari motor lain yang memakai aki basah.

kymcokulari
05-23-2007, 12:11 AM
pro pak wiwik :
memang pada aki kering voltage cell nya berbeda2 tergantung pabrikan, prinsipnya setiap cell di seri sehingga 12 volt itu merupakan penjumlahan dari voltase tiap2 cell nya. Untuk LX saya pakai merk GS yg biasa dipakai di honda astrea grand/legenda, ukurannya pas di LX dgn amper yg sama. Alasan saya ganti karena ketika motor baru turun dari pick up delivery, lalu saya bersihkan dan bongkar2 dimana aki, dimana CDI dll, ternyata air aki tumpah (karena delivery) di kompartemennya yg bersebelahan dengan CDI. Karena itu saya tukar saja dengan aki kering punya honda grand.
pro rangga :
skema yg cukup menarik, sistem charge switching (gak pake trafo yg beurat), prinsipnya sama persis dengan yg ada di dalam UPS. Rumitnya kalau bikin terkahir kita harus setel trimpot untuk mengetahui ukuran volt out, diusahakan tidak lebih besar dari 3% x 12 v

Aki kering pada prinsipnya sama seperti batere lithium handphone, TIDAK BOLEH kehabisan listrik! Soalnya untuk pengisian berikutnya yang bekerja keras adalah charger yg harus mengisi masing2 cell aki kering dari nol. Dan kalau charger terus2an bekerja demikian, lama lama pembatas daya pada charger (regulator) akan lemah dan rusak mengakibatkan batas atas voltase akii terlewati. Yg mestinya diisi dengan 13-15 volt dan berhenti saat voltase aki sudah mencapai 12 v, karena rusak malah aki sudah 13 volt masih saja terus diisi. Akhirnya aki rusak dan yg dipersalahkan kiprok (atau charger handphone) :D

Riza
05-23-2007, 08:13 AM
Sama dong dengan aki basah, juga tidak boleh kehabisan listrik, kalau udah habis setroomnya maka cepat rusak.
Prinsipnya kalau aki kedapatan habis, baiknya dicharge pakai charger dulu. Karena kalau ngechargenya sambil jalan mungkin baru bisa full kalau untuk touring jarak jauh.
Tentang kiprok pendapatku, jika akinya masih bagus tidak akan ada masalah, karena aki menyerap kelebihan voltasenya, nah kalau aki udah rusak, aki tidak bisa menyerap kelebihan voltasenya. Demikian pemikiran saya, soalnya kalau aki rusak sering lampu-lampu pada putus, setelah ganti aki tegangan jadi stabil, lampu-lampu pun jadi awet.

wiwik tjahjono
05-23-2007, 08:21 AM
Nah kebetulan banget mas Hilman dah nyoba dan cocok . Jadi bisa pake aki kering nya bebek Grand ya mas Hilman .
Btw berapa kilo tuh kira2 harganya .

Riza
05-23-2007, 08:28 AM
Terakhir aki kering buat LX kurang dari 100k, Pak Wiwik.

kymcokulari
05-26-2007, 03:35 PM
pro mas riza :
kalau aki basah karakternya ada miripnya dengan batere handphone tipe lama non lithium, kehabisan listrik mengakibatkan ke"aus"an pada elemennya. hanya saja pada aki basah tidak perlu mereset / me 'nol' kan listrik sebelum proses charge.
Antara aki dan kiprok itu seperti petani dan pasar, kelebihan stok membuat rusak harga pasar dan kekurangan stok membuat petani kerepotan menanam. Hanya saja yang biasa (dipersalahkan) adalah aki karena kiprok umurnya (seharusnya) panjang sekali.

pro pak wiwik :
aki kering 100 ribu paling mahal seperti kata mas riza, yang merk Cina pun sudah lumayan bagus.
Dahulu saat aki kering masih impor semua, ada anggapan bahwa penggunaan aki kering di daerah tropis tidak bagus karena penguapan gel aki kering lebih tinggi. Tapi sejak produsen aki dalam negri sudah ramai2 membuat aki kering berita di atas menjadi sirna dan aki kering termasuk direkomendasikan. :D

Riza
05-26-2007, 03:47 PM
Oke terima kasih ilmunya.
BTW, aki kering buat Trend 2000 (tipe sesuai buku manual) mahal banget lho, paling murah 260rb :-(

kymcokulari
05-26-2007, 04:51 PM
Iya memang...cari yang ukurannya pas itu lohh yang susah...
Di Trend ku aku (bapak ku) pasang merk GS yang ukurannya berbeda, yg penting amper sama. Gak pas ukurannya jadi di ganjel2 pakai kardus :D

Riza
05-26-2007, 06:27 PM
Motor merk lain ukuran akinya unik tidak bisa dibandrek dg yg lebih kecil, harganya 1 biji 5 juta, karena stempel merknya terkenal dan limited bikinnya.

wiwik tjahjono
05-27-2007, 08:34 AM
Thanks mas Hilman dan mas Riza atas informasinya , mau ikut nyobain ganti aki kering . Oh ya bayangan saya tuh klo pake aki jenis ini engga perlu nambahin air accu lagi yah., mohon koreksinya.

Riza
05-27-2007, 09:06 AM
Ga perlu, meski pada saat awal kita beli dimasukin air aki zuur, setelah bbrp saat misalnya kita buka (ini mestinya tidak boleh) airnya sudah meresap atau mungkin jadi semacam gel.
Yg tidak tahu akan menambahkan air aki, spt yg aku lakukan,,,, hehehe.... maklum saat itu blm tau :mrgreen:

kymcokulari
05-27-2007, 08:53 PM
Ga perlu, meski pada saat awal kita beli dimasukin air aki zuur, setelah bbrp saat misalnya kita buka (ini mestinya tidak boleh) airnya sudah meresap atau mungkin jadi semacam gel.
Yg tidak tahu akan menambahkan air aki, spt yg aku lakukan,,,, hehehe.... maklum saat itu blm tau :mrgreen:Oh ? Aki kering masukin accu zuur juga mas riza?
...baru tau....habis kalau beli langsung dari kotaknya gak pernah dikeluarin dan diisi langsung di depan kita seperti halnya beli aki basah....

wiwik tjahjono
05-27-2007, 09:42 PM
Sore tadi jalan ke Otista , dah dapet aki maxima 12v 5AH , ukurannya agak kecil sedikit , katanya bisa untuk grand dan mio harganya 130 rb rp.
Sebenarnya ada yang merk nya Turbo , ukurannya persis dengan yang terpasang di LX tapi kok 7AH , takut chargingnya lama engga berani ambil padahal harganya lbh murah , 85 rb.
Klo yang saya alami tadi kedua jenis accu tsb tinggal pakai , tidak pakai diisi cairan apapun , mungkin sdh diisi accu zur dari pabriknya.

kymcokulari
05-27-2007, 09:57 PM
Selamat menikmati aki kering pak wiwik....
Sebuah cerita, saya punya sepeda elektrik yg ber "BBM" aki kering 3 buah (seri) dengan motor listrik (dinamo) 36v. Masa charging untuk ke 3 buah aki tersebut dgn charger kekuatan 6A 40v memakan masa 4 jam dari nol. Lumayan lama sih untuk ukuran 3 buah aki 5A...tapi ya itu lah...kalau naek motor kan gak terasa sambil isinya..., kalau naek sepeda elektrik malah makan aki :D

wiwik tjahjono
05-27-2007, 10:17 PM
iya makasih mas Hilman , baru nih mengenal aki kering sebesar 5AH , mas Hilman malah sudah merambah penggunaan ke sepeda listrik segala . waah asyik sekali ... quiet dan tanpa polusi.

Riza
05-27-2007, 10:22 PM
Kalau aku sih malah pilih yang amperenya besar, kan tampungannya juga besar, ngisi benar Mas Hilman.... bisa sambil jalan so EGP gitu lho ;-)
BTW, TAPI harga memang tidak bohong, kecuali kalau ketipu, oke semoga sukses Pak Wiwik.

Tentang aku kering Trend 2000 YTX9-BS aku udah beli 2 kali selama pakai Trend 2000, sewaktu nunggu di toko aki, mereka mengisi dengan cairan khusus yang ada dalam dos aki tersebut.
Botolnya berjajar rapi menjadi satu, tinggal potong ujung botolnya langsung ditancapkan ke lobang pengisian cairan tersebut, setelah masuk semua lantas akinya ditutup dengan tutup yg tersedia dengan dipukul pakai palu supaya rapat, kalau mau buka hrs dicongkel pakai obeng dan tidak mudah.
Nah cairan itu pastilah air aki zuur, tapi tentu bukan sembarang aki zuur yg ada di toko itu (pakai jirigen).

kymcokulari
05-27-2007, 10:47 PM
Kalau kymco bunyinya halus tapi wuuus wuuuss kenceng, kalau elektrik bike bunyinya halus tapi pelan sekali (seperti mainan mobil2an yang pakai batere bunyinya....)

Riza
05-27-2007, 10:54 PM
Pada masa yang akan datang elektric scooter akan mendekati gas scooter.
Bahkan akan menggantikannya, karena teknologi penyimpanan listrik terus meningkat, radius pemakaian otomatis meningkat, performansnya juga, di lain pihak energi fossil sudah menuju penghabisan.
Listrik masih bisa dibangkitkan engan energi alternatif spt matahari, angin bahkan nuklir.
Tinggal menunggu waktu..... :-)

kymcokulari
05-27-2007, 11:24 PM
Hari ini pun sebenernya sudah, hanya saja penggunaan electric bike (EB) di dunia masih menggunakan standar eropa dimana sepeda dan skutik kecil (seperti agility 45cc) hanya mentok di 28 kmpj dan berjalan di JALUR SEPEDA. Kalau lebih kencang di jalur tsb bisa diteriakin sama yang lain dong...Karena itu standar sekarang apalagi buatan cungkwo masih dibuat standar2 saja...

Makanya si Betrix saya cuman mampu 25-28kmpj (www.betrix.co.id)...

Dulu sempet browsing ada produk EB amerika yang bisa cross seperti motocross tapi sori lupa situs dan namanya euy :D

Riza
05-28-2007, 09:16 AM
Bro Rangga udah pakai aki Maxima:
http://www.imageshock.eu/img_small/PICT0063-gxt1.jpg (http://www.imageshock.eu/?img=PICT0063-gxt1.jpg)

Gimana Bro testimonynya :?

ranggasantika
05-28-2007, 09:30 AM
Bro Rangga udah pakai aki Maxima:
http://www.imageshock.eu/img_small/PICT0063-gxt1.jpg (http://www.imageshock.eu/?img=PICT0063-gxt1.jpg)

Gimana Bro testimonynya :?

duh, kalo ditanya testi soal aki jadi bingung nih sayah..
soalnya aki di motor itu langsung ganti dari awal...

bahkan sekarang motornya udah di jual lagi...
hehehehehe...

kalo saya bandingkan dengan EX saya sih,
so far tidak begitu berbeda jauh...
hanya menurut beberapa sumber katanya keawetannya lebih lama dan arus lebih stabil....

kymcokulari
05-29-2007, 10:15 PM
Bagus ya perletakan terminal + - nya :D
Engga seperti aki lain, bikin sesak dan susah copot pasang...
Harga gak bohong ya kang Rangga?

mPy
05-30-2007, 09:21 AM
Aki MAXIMA itu yg pernah di ulas di MOTOR-PLUS itu yah, yg katanya sanggup starter truk.....weleh...weleh...weleh.... (sambil geleng2 kepala)
Kalo boleh tau aki itu berapa ampere yah, trus harganya berapa. ....(selalu harga yg ditanyakan...wakakakka)

ranggasantika
05-30-2007, 09:29 AM
maxima 5 ampere, harga lupa lagi euy....
kalo ga salah sih diatas 150rebu...

wah starter truk yah.....
yang saya tau sih dia sanggup starter Suzuki Karimun dengan kondisi lampu ON, AC ON, radio tape ON, wiper ON

wiwik tjahjono
05-30-2007, 10:23 AM
Mas mPy , sabtu kemarin saya beli Maxima cuma 125 rb di Otista.

mPy
05-30-2007, 10:30 AM
Mas mPy , sabtu kemarin saya beli Maxima cuma 125 rb di Otista.
kalo gitu range-nya antara 125-150rb......jauh lebih murah daripada aki ori-nya KYMCO.....
Bisa jadi aki alternatif buat ganti aki nih

kymcokulari
05-30-2007, 10:42 PM
Katanya aki kering kymco itu sebenernya aki merk lokal tapi di bandrol Kymco? Benar gak sih? (seperti oli ijo shell-kymco)
Kalau jaman dulu sih aki ori kymco gak ada merknya alias tak dimengerti tulisannya apakah ini? :D Hanya bandrol harga yang terbaca kalau gak salah dulu (thn 2001) Rp. 350 ribu...

mPy
05-31-2007, 09:41 AM
kalo gitu tetep lebih murah MAXIMA, sedangkan "kemapuannya" jelas diatas battery ori-nya
lha yg paling murah aja Rp 113rb (kalo gak salah itu buat bebek-nya KYMCO yah)

BATTERY GTX7A-BS-----SD25SA(IN),SA25NA(IN)------------------Rp225.700
BATTERY GTX9-BS-------SD25AJ(IN),SD25GB(IN),SF30BA(IN)----Rp285.000
BATTERY YB5L-B---------BB25AD(IN),BB25AA(IN),-----------------
----------------------------KB20BD(IN),KB20BE(IN), KA22SA(IN)---Rp113.800
BATTERY GTX12-BS----------------------------------------------------
-----------**9000-M2-----SH50DA(IN)--------------------------------Rp445.000
BATTERY YTX5L-BS------SG20AA(IN),SG20AB(IN),----------------
-----------------------------SG20BA(IN),SA20FB(IN)-----------------Rp194.000
BATTERY YB5L-B----------BB25AD(IN),BB25AA(IN),KB20BD(IN),--
-----------------------------KB20BE(IN), KA22SA(IN)-----------------Rp133.800

kymcokulari
05-31-2007, 11:00 PM
Kecuali beli maxima di Ace Hardware...jadi melangit harganya :D

citomail
06-06-2007, 02:55 PM
Kecuali beli maxima di Ace Hardware...jadi melangit harganya :D
Bener Bro..kalo barang udah masuk ke Ace hardware harganya juga ikut terdongkrak...jadi kalo mau beli aki Maxima mending ke toko aki khusus malah dapet discount lumayan buat beli teh botol ama gorengan..he..he..he...

kangemil
06-06-2007, 09:38 PM
Kecuali beli maxima di Ace Hardware...jadi melangit harganya :D

oOo... ada juga Maxima di Ace Hardware... kenapa klo lagi main kesana gak pernah nemu yah... :roll:

ranggasantika
06-07-2007, 09:18 AM
Kecuali beli maxima di Ace Hardware...jadi melangit harganya :D

oOo... ada juga Maxima di Ace Hardware... kenapa klo lagi main kesana gak pernah nemu yah... :roll:

di borma juga ada kang...

bayusikasep
06-07-2007, 07:46 PM
tul, coba cek di borma, perasaan harganya agak bersahabat tuh!

wahwi
06-07-2007, 09:38 PM
dulu pernah dengar ada aki kering yang meledak....kira2 merk apa tuh yaaaa?.....emang bner gak sih kalo pake aki kering motor nggak boleh parkir di tempat terbuka alias panas terik matahari di khawatirkan bisa ada ledakan kecil?...

kymcokulari
06-07-2007, 10:07 PM
dulu pernah dengar ada aki kering yang meledak....kira2 merk apa tuh yaaaa?.....emang bner gak sih kalo pake aki kering motor nggak boleh parkir di tempat terbuka alias panas terik matahari di khawatirkan bisa ada ledakan kecil?...Mestinya sih engga yaa...Bedanya hanya bila kondisi dingin si aki kering akan sebagian berubah menjadi gel...dan saat digunakan atau saat suhu panas dia akan mencair. Penguapannya saja sedikit sekali liat aja dia tidak memerlukan selang hawa utk uapnya...

"Bahaya" aki kering hanya kalau kita gak rajin cek, bisa ada rembesan cairan yang keluar dari kotaknya (ini jarang terjadi kecuali mungkin untuk produk sper murah meriah), dan yang kedua, karena suhu daerah tropis memungkinkan penguapan terjadi pada gel aki kering sehingga memendekkan umur si aki...Tapi berdasarkan pengalaman, bahkan aki kymco taiwan asli bawaan trend 2000 saja masih nyala2 aja tuh sampai sekarang di rumah...

Jack
06-08-2007, 10:02 PM
Kalau Trend 2001 pake accu kering yang 5 A bermasalah gak ya? kan lebih kecil dari orinya...mohon pencerahannya..

kymcokulari
06-11-2007, 11:40 PM
Jangan....
apalagi trend 2001 kan semua peralatan listriknya sebelum mesin nyala ambilnya dari accu...lebih baik sesuai standar saja....

Jack
06-12-2007, 10:46 AM
Jangan....
apalagi trend 2001 kan semua peralatan listriknya sebelum mesin nyala ambilnya dari accu...lebih baik sesuai standar saja....
Bunk Kymcokulari...ada rekomendasi accu yang bagus gak buat motor saya selain accu yang ori...yang ori lumayan mahal harganya....Trima kasih atas masukannya Bung....

mPy
06-12-2007, 11:43 AM
mungkin saatnya mencoba pake MAXIMA, Mas Jack. 5 ampere tp sanggup starter 2 mobil bahkan truk. Kalo setelah pake khan bisa kasih reviewnya....huehuehue.... :D

Jack
06-14-2007, 01:25 PM
mungkin saatnya mencoba pake MAXIMA, Mas Jack. 5 ampere tp sanggup starter 2 mobil bahkan truk. Kalo setelah pake khan bisa kasih reviewnya....huehuehue.... :D
Oya saya pernah baca review tentang aki tersebut...sempat ada niat mau pake, cuma yang membuat saya ragu amperenya paling besar cuma 5A. untuk motor...makanya saya gak jd beli...yang jadi pertanyaan saya, apakah
dengan aki maxima yang sanggup starter mobil tp dengan 5A, gak akan bermasalah buat trend saya? mohon pencerahannya para kymcoers...trima kasih

Riza
06-14-2007, 03:07 PM
Yang bisa jawab hanya yang sudah pakai/coba.
Aku yakin juga aki kering Trend juga bisa untuk start mobil/truk, cuma belum pernah coba, tapi kuat banget, soalnyapernah aku kasih aki motor biasa setelah bbrp minggu jadi lemas, dipindah ke motor lain masih langsung greng.
Maklum kompresinya Kymco termasuk tinggi.

bayusikasep
06-14-2007, 07:53 PM
saya masih agak oon nih mas. Eman ada hubungannya antara kompresi tinggi dengan accu yah? soalnya, kalo buat saya yang awam mah, kompresi teh hubungannya sama tenaga, nah kalo accu mah ke listrik. Apa kalo kompresinya tinggi otomatis ngisi ke accunya jd lebih canggih. Duh, binun nih. Pegangan dulu ah.....

Riza
06-14-2007, 08:37 PM
Hmm,,, begini, saya dulu pernah punya mobil 6 silinder 4000CC, blok mesinnya masih dari besi cor, tapi anehnya starternya sangat enting, bahkan suatu ketika mobil saya itu akinya sowak, padahal padawaktu itu baru mood mau naik mobil itu, motorku aku dekatkan pakai kabel jumper, langsung start bisa jreng, displacement 4 Liter distart pakai aki motor kecil saja bisa, aku juga heran kok bisa, padahal cuma nekad, ketimbang dorong, bobotnya hampir 2 ton :roll:
Nah intinya mobil kunoku itu kompresinya sangat rendah, maklum mobil jadul.
Nah, meskipun Kymco Trend CCnya kecil hanya 125 (baca: hanya sepertiga puluh dua CC mobilku itu) tetapi kompresinya lumayan tinggi 9,6:1, coba saja ditowel kickstarternya,,,, nah berat kan, itu karena kompresinya tidak dipangkas seperti motor merk lain, menurutku hanya kendaraan kuno yang kompresinya rendah. Bahkan mobil kakekku 12 silinder segaris, kap mesinnya saja spt lokomotif kereta api, kalau mau start harus turun ke depan mobil dan mesinnya diputar pakai tangan dengan bantuan alat yang namanya slenger. Mana mungkin kalau kompresinya 7:1 pastilah sekitar 4-5:1.
Motor BMW R67 tahun 1953 kompresinya rendah (lupa tepatnya), kick starternya juga bisa ditowel pakai tangan, tetapi R27 1964 dengan kompresi 7,5:1 udah ga mungkin pakai tangan, saya inget bener, soalnya pernah punya dua-duanya. BMW di atas tahun 70-an kick starternya udah tidak pernah dipasang lagi sampe sekarang, padahal asyik dan unik, karena kickstarternya ada di sisi kiri motor.
Jadi intinya buat start mesin berkompresi tinggi perlu energi listrik yang besar. Makanya Trend 125 originalnya pakai aki kering.
Demikian Mas Bayu semoga bisa paham :mrgreen:

bayusikasep
06-15-2007, 09:15 AM
tadinya kamar gelap, sekarang dah pake lilin. Cari referensi lagi ah, biar kamar pake lampu segede bagong alias terang benderang!:D Tengkyu, mas.

Riza
06-15-2007, 09:28 AM
Ada lagi cara supaya start mesin lebih enteng, yaitu dengan teknologi dekompresi.
Kalau yang benar-benar dekompresi memakai tuas yang ditarik pakai tangan, teknologi ini terlihat dipakai Thunder 250 (alm).
Sedangkan Honda menerapkan pada motor berCCkecil, tetapi hanya bermain per, jadi setelah motor dimatiin ada per yang bertugas membalikkan putaran mesin setengah langkah, sehingga ketika pencet starter elektrik/kick starter ada ancang-ancangnya hasilnya start mesinnya ringan.

MaRiO BlaCk MoVie
09-18-2007, 03:34 PM
bisa jadi alternatif untuk kymco TREND .
kemaren baru beli aki merek SPEED, 12v 9A
harganya 150 ribu.
Ukurannysa sama persis dengan bawaan TREND

fathoni
09-19-2007, 09:30 AM
Bro, Mario

Beli aki kering SPEED dimana? Soalnya aki Metica udah soak nich!

By You
09-19-2007, 09:42 AM
saya masih agak oon nih mas. Eman ada hubungannya antara kompresi tinggi dengan accu yah? soalnya, kalo buat saya yang awam mah, kompresi teh hubungannya sama tenaga, nah kalo accu mah ke listrik. Apa kalo kompresinya tinggi otomatis ngisi ke accunya jd lebih canggih. Duh, binun nih. Pegangan dulu ah.....

Kalo di LX, karena cara kerja sistim starter menggunakan gigi ratio, maka kebutuhan listrik untuk menggerakkan motor starter menjadi lebih kecil.

Untuk kendaraan bermotor yang aslinya menggunakan accu dengan ampere besar, kemudian diganti dengan ampere kecil, kalo menurut saya yang perlu diperhatikan adalah pada sistim pengisian apakah over charging atau tidak yang akan berpengaruh terhadap umur accu, dan pengaruh yang kedua adalah jumlah ketersediaan listrik.

Salam
By 074

kymcokulari
09-22-2007, 10:07 PM
Kalau overcharging sich logikanya engga akan terjadi, karena yang di charge (supply) itu adalah beda potensial (voltase) dan bukannya beda arus (ampere).
Ilustrasinya begini :

1. Kapasitas aki biasanya disebutkan dgn Ampere-Hour (Ah), sebagai contoh aki 12v 5 Ah (biasa disebut dgn 5 amper saja), artinya mampu mensupply kebutuhan listrik sebesar 12 volt dgn arus 5 ampere selama 1 jam. Besar Ah aki ditentukan oleh cell nya itu sendiri, biasanya jumlah cell aki 7 Ah lebih banyak daripada yg di bawah itu.

2. Apabila terjadi pemakaian listrik seperti penyalaan klakson, maka yg turun adalah VOLTASE dan KAPASITAS (isi) aki. Ketika terjadi pengurangan maka kiprok mensupply selisih voltase tersebut sampai pada titik "normal"nya yaitu 12v. KAPASITAS aki yg berkurang akan normal apabila pada tiap cell voltasenya sudah MENCAPAI 12 v, maka itu beda pengisian aki 5 dan 7 Ah adalah lama waktu chargingnya saja.

By You
09-24-2007, 10:40 AM
Kalo secara logika spt itu adanya, berarti bisa langsung diaplikasikan tanpa ragu lagi akan terjadi overcharge, tinggal sesuaikan kebutuhan listrik di motor masing-masing.

Salam
By 074

kymcokulari
10-06-2007, 10:40 PM
Kalau pakai aki dgn Ah lebih kecil atau kecil sekali, contoh 1Ah, bisa saja malahan tanpa resiko overcharge. Dulu ada kawan yang pakai di King 'setan' balapnya tapi masih menganut undang undang dgn tetap memasang lampu2. Agar tarikan ringan dan daripada dilangsungkan tanpa aki sehingga lampu sering putus, dia pakai aki 1Ah.

Riza
10-07-2007, 04:58 AM
Kasus itu terjadi lantaran over RPM, kiprok tak mampu menahan tegangan.
Sekarang semua mesin berCDI pasti ada limiternya.

kymcokulari
10-07-2007, 09:14 PM
Kasus itu terjadi lantaran over RPM, kiprok tak mampu menahan tegangan.
Sekarang semua mesin berCDI pasti ada limiternya.Kalau di konstruksi bangunan, terjadi apabila tekanan air dari PDAM atau bak penampung air lebih besar dari 3 atm, biasanya keran air cepat jebol. Solusinya bukan dgn keran heavy duty tapi dgn mengkombinasikan diameter pipa air dalam rumah/bangunan. Pipa utama 1", pipa sekunder (yg menuju keran) 3/4". Sekedar sharing saja :D

fachrevi
02-21-2008, 01:35 PM
Hallo !!!
Balik lagi nich ke soal aki tapi lebih ke sistem kelistrikannya sih.. bis malas tuk bikin thread baru.
Kymco Lx punya ku pernah bermasalah pada saat mau distarter gak mampu ngangkat / mesin gak mau hidup. Padahal lampu rem dan lampu sign bisa nyala, cuma klakson aja yang agak mendem bunyinya.
Kemudian aku lepas kabel akinya trus aku pasang lagi dan dicoba tuk distarter kembali, akhirnya mesin bisa hidup.
Sampai kantor aku minta cek kondisi akinya oleh teknisi kantor dengan alat digital yang menghasilkan report : charging 100%, test passed. Artinya aki dalam kondisi baik.
Aneh.. padahal pagi harinya gak mampu starter..

Lucunya kasus yang sama terjadi oleh kakak iparku yang memiliki Kymco Lx juga, Malam masih bisa starter, Pagi dah soak.

Curiganya sih sama sistem kelistrikannya, mungkin ada yang short dikabelnya dan pada akhirnya menyedot setrum dari aki semalaman.

Benar gak yah ??

Riza
02-21-2008, 01:44 PM
Benar.

kymcokulari
03-02-2008, 05:45 PM
Kalau setrum dari aki bagus, biasanya kabel massa yg bermasalah. Bisa jadi kotor sehingga nempelnya tidak sempurna. Kalau ada yang short, tp selama tidak ada peralatan elektronis yg menyala mis. klakson atau lampu, listrik ibaratnya balik lagi ke aki, tidak menghabiskan simpanan di aki. Kalau shortnya besar...barulah sekring putus...

Riza
03-02-2008, 08:49 PM
Eh,,, aki yang sudah rusak justru mudah full 100%, karena tidak bisa nyimpan listrik banyak.
Lampu nyala, klakson mlempem berarti torsi listriknya kurang.
Barusan aki mobil ku tewas setelah 2 tahun bertugas, tewasnya justru ketika habis jalan siang hari, kenapa bisa begitu, karena aki mobil ada di dekat mesin di bawah kap mesin, kalau habis jalan pasti tertular panas mesin, nah panas ini menurunkan torsi aki untuk menghidupkan mesin.
Coba saja hidupkan lampu paling kecil, misalnya lampu rem, lalu start, kalau lampu remnya mati mak pett maka aki udah uzur, baiknya diganti, kalau lampu remnya hanya meredup dikit berarti aki tadi masih oke.
Kalau di toko aki biasanya hidupin semua lampu, pada idle dan gas pada 5000 RPM atau lebih, kalau tegangannya turun banget pada saat test idle maka akinya dianggap kurang bagus. Semakin stabil semakin bagus.

bacan
12-10-2010, 01:38 PM
master2 tolong dong spike aki tekor terus lampu ud kaya pelita.:confused::confused::confused::confused:

Riza
12-11-2010, 08:00 AM
master2 tolong dong spike aki tekor terus lampu ud kaya pelita.:confused::confused::confused::confused:
Langkah pertama recharge aki semaleman minimal 4 jam. Lalu pasang lagi dan jalankan. Dicoba dulu ya.