PDA

View Full Version : Mengecat Knalpot


muafan
05-15-2007, 10:37 AM
seiring dengan usia motor, knalpot trend 2000 bagian lehernya udah coklat karena karat. sedangkan bagian muffler-nya (tabung/silinder besarnya) masih keliatan hitam.

nah, kalau mengecat ulang knalpot:
1. pake cat apa (jenis cat)?
2. merk apa?

thx buat sharing infonya.

ranggasantika
05-15-2007, 11:28 AM
pake yang hi-temp...
biasanya sih mayoritas pake DITON (bener yah ????)
lupaa saya....

PRANANDA
05-15-2007, 11:28 AM
coba main ke ace hardware, disana ada cat khusus tahan panas sampe 1200 F.
lihat instruksi pemakaiannya, supaya hasil maksimal.
saya lupa mereknya, kaleng warna putih tulisan dan tutup hitam.

slamat mencoba...

kangemil
05-15-2007, 11:42 AM
pake yang hi-temp...
biasanya sih mayoritas pake DITON (bener yah ????)
lupaa saya....

Yups... yang saya pake juga DITON, satu kaleng bisa untuk dua kali pake... :roll:

muafan
05-15-2007, 12:13 PM
wah, trims. nanti saya coba cari weekend ini.

muafan
05-15-2007, 06:12 PM
eh, iya ada yg lupa di tanyain.
klo asli pabriknya, ngecatnya pake cata apa ya?
trus klo pake diton, apakah cat itu tidak menghambat pelepasan panas di knalpot?

thx

wahwi
05-15-2007, 06:22 PM
eh, iya ada yg lupa di tanyain.
klo asli pabriknya, ngecatnya pake cata apa ya?
trus klo pake diton, apakah cat itu tidak menghambat pelepasan panas di knalpot?

thx

setahu saya kalau hanya di cat pori2 knalpot tetap ada sehingga pelepasan panas di knalpot tidak terganggu.....lain halnya kalo di chrome... panas knalpotnya lebih tinggi

bayusikasep
05-15-2007, 06:54 PM
tapi kalo gk salah, Opa pernah bilang gak ngaruh juga euy! tetep cepet berkarat. Kayaknya knalpot Kymco emang gampang menguning.

Opa Al
05-15-2007, 10:26 PM
tapi kalo gk salah, Opa pernah bilang gak ngaruh juga euy! tetep cepet berkarat. Kayaknya knalpot Kymco emang gampang menguning.
Betul sekali, yg di EX sudah tiga kali dicat ( setahun lebih sih ) dan di MX satu kali ( belum setahun ), yg di EX paling tahan 5-6 bulan sudah kuning karat lagi padahal waktu mau dicat diampelas dulu sampai bersih.
Merknya memang DITON dan sekaleng benar hanya untuk dua kali ngecat saja.
Sekarang di MX saya lagi coba pakai yang Full Stainless Steel ( luar-dalam ), kepengin tahu tahan tidak.

Alex
05-17-2007, 02:25 PM
Yak, betul, catnya merk DITON HI-Temp. Di tpt jual onderdil banyak dijual tuh :-) Harganya terjangkau kok. Oya, ada tips nih, kalau mau awet itu sekaleng cuman buat sekali pakai.


Caranya dengan 2 lapis, biarkan lapisan pertama kering dulu, kemuadian dilapisi lagi. Gituuu.


Tapi catatan, keringnya lama loh, biar bagus sih dibiarin satu hari penuh. Makanya ngecatnya kalo lagi libur ajah.


Silahkan dicoba


Alex
Spike 120 RR

dewagni
05-17-2007, 04:51 PM
gw juga pernah tuh ngecat knalpot pake ditton hi-temp.. kl gak salah harga per kaleng nya Rp.35 rb.. tp nanti setelah knalpot dipasang dan mesin diidupin.. jgn panik kl knalpot tiba2x keluar asep.. cat terbakar dan sedikit meleleh (walo pengeringan dah makan waktu berhari2x)
itu normal koq.. setelah beberapa lama asep akan hilang dan cat akan kembali mengering..


selamat mencoba :)

Opa Al
05-17-2007, 10:01 PM
gw juga pernah tuh ngecat knalpot pake ditton hi-temp.. kl gak salah harga per kaleng nya Rp.35 rb.. tp nanti setelah knalpot dipasang dan mesin diidupin.. jgn panik kl knalpot tiba2x keluar asep.. cat terbakar dan sedikit meleleh (walo pengeringan dah makan waktu berhari2x)
itu normal koq.. setelah beberapa lama asep akan hilang dan cat akan kembali mengering.. selamat mencoba :)
Wah, Wahyu dapat yang palsu kali :o saya sih beli di Otista 45rb, dan nggak keluar asap kok. ( keluar asap karena ngecat kedalam knalpot juga kali ya ? ) :lol:
Menurut saya yang penting setelah knalpot dilepas, diamplas halus sampai kedasar lalu cuci dengan air ( supaya debu-2 amplasan hilang ) lalu dikeringkan dipanas matahari atau dibantu lampu 500/1000w lalu mulai ngecat coating pertama tipis saja dulu, ingat ngecatnya dari jarak l.k 20-30 cm jangan terlalu dekat ( bisa meleleh sebelum kering ) lalu jemur/keringkan dipanas l.k 4 jam atau dibantu lampu lalu dicat lagi coating kedua keringkan dlsb lalu terakhir coating ketiga.
Beres deh tinggal pasang kembali, lumayan bisa 6 bulanan deh, selamat mencoba juga.

dewagni
05-17-2007, 10:27 PM
keluar asap bukan dari lubang knalpotmya opa.. tp dari cat barunya..
saya beli di depo 10.. langkah2x ngecat dah sesuai yg opa bilang.. kerok cat lama dan diamplas dlm kondisi basah sampe halus.. dikeringkan.. lalu semprot.. prat.. prot.. prat prot.. trus.. digantung didiamkan selama 3 hari..

kemungkinan berasap krn cat belum sepenuhnya mengering.. mungkin krn ketika saya ngecat pas musim hujan.. ato waktu ngecat saya terlalu napsu.. jd cat terlalu tebal dan susah kering.. :D

jd buat temen2x jgn lakukan kesalahan spt saya yah.. ;)

Opa Al
05-17-2007, 10:53 PM
keluar asap bukan dari lubang knalpotmya opa.. tp dari cat barunya..
saya beli di depo 10.. langkah2x ngecat dah sesuai yg opa bilang.. kerok cat lama dan diamplas dlm kondisi basah sampe halus.. dikeringkan.. lalu semprot.. prat.. prot.. prat prot.. trus.. digantung didiamkan selama 3 hari..
kemungkinan berasap krn cat belum sepenuhnya mengering.. mungkin krn ketika saya ngecat pas musim hujan.. ato waktu ngecat saya terlalu napsu.. jd cat terlalu tebal dan susah kering.. :D
jd buat temen2x jgn lakukan kesalahan spt saya yah.. ;)
Oh dari catnya, kemungkinan lapisan yang bawah belum kering benar makanya harus sabar lapis demi lapis dan tipis-2 saja jadi cepat mengering, kalau lagi hujan dibantu lampu sorot 2 x 500 watt. Tapi walaupun begitu paling tahan 5-6 bulan kuning lagi, memang knalpot Kymco payah tipis. selamat mencoba lagi.

kymcocats
05-21-2007, 12:09 PM
Pernah baca di M-Plus, ada cat kaleng semprot khusus untuk knalpot.namanya Aerox..harganya 80rb dan sudah teruji tahan panas... ada yang pernah coba?..

ranggasantika
05-21-2007, 12:29 PM
gw juga pernah tuh ngecat knalpot pake ditton hi-temp.. kl gak salah harga per kaleng nya Rp.35 rb.. tp nanti setelah knalpot dipasang dan mesin diidupin.. jgn panik kl knalpot tiba2x keluar asep.. cat terbakar dan sedikit meleleh (walo pengeringan dah makan waktu berhari2x)
itu normal koq.. setelah beberapa lama asep akan hilang dan cat akan kembali mengering..


selamat mencoba :)

kalo yang begini pernah ngalamin juga nih...

kalo pengeringan berhari2 malah jadinya ngebul, tapi kalo pengeringan hanya beberapa jam saja asalkan permukaan luar dirasa dah cukup kering ko malah kagak ngebul ya ????

cat yang aneh..............
:? :? :?

wahwi
05-21-2007, 12:36 PM
[quote=dewagni]gw juga pernah tuh ngecat knalpot pake ditton hi-temp.. kl gak salah harga per kaleng nya Rp.35 rb.. tp nanti setelah knalpot dipasang dan mesin diidupin.. jgn panik kl knalpot tiba2x keluar asep.. cat terbakar dan sedikit meleleh (walo pengeringan dah makan waktu berhari2x)
itu normal koq.. setelah beberapa lama asep akan hilang dan cat akan kembali mengering..


selamat mencoba :)


katanya selain di cat kalo ujung knalpot sering di lumasin oli bekas juga memperpanjang umur knalpot yaaaaa?...

kymcokulari
05-22-2007, 11:52 PM
[quote=dewagni]gw juga pernah tuh ngecat knalpot pake ditton hi-temp.. kl gak salah harga per kaleng nya Rp.35 rb.. tp nanti setelah knalpot dipasang dan mesin diidupin.. jgn panik kl knalpot tiba2x keluar asep.. cat terbakar dan sedikit meleleh (walo pengeringan dah makan waktu berhari2x)
itu normal koq.. setelah beberapa lama asep akan hilang dan cat akan kembali mengering..


selamat mencoba :)


katanya selain di cat kalo ujung knalpot sering di lumasin oli bekas juga memperpanjang umur knalpot yaaaaa?...wah itu ada benarnya sih mas wahwi...
jaman dulu itu dimana kualitas knalpot masih buruk sekali (di indonesia), distribusi panas knalpot yg di ujung ujung itu (dekat mesin dan ujung lobang buangan) akan lebih cepat terbuang panasnya bila si panas dipakai untuk menguapkan "sesuatu". Dulu para mekanik suka melelehkan oli bekas atau malah menyemprotkan oli bekas (yg halus) ke dalam knalpot dengan maksud supaya tidak cepat berkarat dan supaya panas cepat hilang. mungkin ini kenapa dianggap bisa menambah panjang umur knalpot...hanya saja kalau sekarang, rasanya malu kalau knalpot masih ingusan hehehehe

kangemil
06-06-2007, 09:15 AM
Beberapa hari yang lalu main ke Ace hardware yg ada di IBCC - Bandung, trus... gak sengaja nemu cat Hi-Temp cuman lupa lagi namanya, itu cat bisa tahan ampe 1200F dan yang menariknya itu di kalengnya ada tulisan 'No Rust' maksudnya anti karat kali yah....

tadinya mo coba beli tapi gak jadi karena harganya gak kuku... :lol: sekitar 90 ribu... dan.. itu cat utamanya di pake untuk grill panggang BBQ.

Ada yg pernah coba gak :?: :?: :?:

citomail
06-06-2007, 09:24 AM
Beberapa hari yang lalu main ke Ace hardware yg ada di IBCC - Bandung, trus... gak sengaja nemu cat Hi-Temp cuman lupa lagi namanya, itu cat bisa tahan ampe 1200F dan yang menariknya itu di kalengnya ada tulisan 'No Rust' maksudnya anti karat kali yah....

tadinya mo coba beli tapi gak jadi karena harganya gak kuku... :lol: sekitar 90 ribu... dan.. itu cat utamanya di pake untuk grill panggang BBQ.

Ada yg pernah coba gak :?: :?: :?:
wah boleh juga tuh infonya....ntar coba hunting deh...btw harganya lumayan juga nih....

PRANANDA
06-06-2007, 02:00 PM
kang emil... saya sudah coba cat yang kaleng putih kan?
kelihatannya lumayan bagus tuh.

tinggal ikutin intruksi pemakaian saja... harganya sekitar 60rb,ya...

kalo emang awet sampe 2 th, tinggal dibagi sama harga aja kan? itung-itung nabung..

heheheee...

wahwi
06-06-2007, 02:27 PM
Beberapa hari yang lalu main ke Ace hardware yg ada di IBCC - Bandung, trus... gak sengaja nemu cat Hi-Temp cuman lupa lagi namanya, itu cat bisa tahan ampe 1200F dan yang menariknya itu di kalengnya ada tulisan 'No Rust' maksudnya anti karat kali yah....

tadinya mo coba beli tapi gak jadi karena harganya gak kuku... :lol: sekitar 90 ribu... dan.. itu cat utamanya di pake untuk grill panggang BBQ.

Ada yg pernah coba gak :?: :?: :?:

90 RIBU kalo bisa untuk 3 knalpot kymco kan jadi murah?.......patungan aja itung2 nabung knalpot daripada beli knalpot lebih mahal lagi......kan itung2 biaya maintenance..

citomail
06-06-2007, 02:28 PM
kang emil... saya sudah coba cat yang kaleng putih kan?
kelihatannya lumayan bagus tuh.

tinggal ikutin intruksi pemakaian saja... harganya sekitar 60rb,ya...

kalo emang awet sampe 2 th, tinggal dibagi sama harga aja kan? itung-itung nabung..

heheheee...
wah mantap nih knalpotnya udah hitam kinclong donk...nyusul deh...

wahwi
06-06-2007, 03:02 PM
Beberapa hari yang lalu main ke Ace hardware yg ada di IBCC - Bandung, trus... gak sengaja nemu cat Hi-Temp cuman lupa lagi namanya, itu cat bisa tahan ampe 1200F dan yang menariknya itu di kalengnya ada tulisan 'No Rust' maksudnya anti karat kali yah....

tadinya mo coba beli tapi gak jadi karena harganya gak kuku... :lol: sekitar 90 ribu... dan.. itu cat utamanya di pake untuk grill panggang BBQ.

Ada yg pernah coba gak :?: :?: :?:


hmmm di ace hardware jakarta ada gak yaaaa?

kangemil
06-06-2007, 09:23 PM
kang emil... saya sudah coba cat yang kaleng putih kan?
kelihatannya lumayan bagus tuh.

tinggal ikutin intruksi pemakaian saja... harganya sekitar 60rb,ya...

kalo emang awet sampe 2 th, tinggal dibagi sama harga aja kan? itung-itung nabung..

heheheee...

Klo gak salah ingat itu yg kaleng putih gak ada tulisan "No Rust" dan iya... klo gak salah harganya sekitar 60rb... Cuman untuk yg ada tulisan 'No Rust' saya lupa warna kalengnya Hijau atau Hitam gitu... :roll: :roll: :roll:

Saya blon coba... maklum harganya masih diluar kemampuan... :lol: karena ada prioritas lain... ;)

90 RIBU kalo bisa untuk 3 knalpot kymco kan jadi murah?.......patungan aja itung2 nabung knalpot daripada beli knalpot lebih mahal lagi......kan itung2 biaya maintenance..

Sempet juga tuh kepikiran... patuang supaya lebih "ringan"... :idea: :wink:

kymcokulari
06-07-2007, 09:50 PM
Yang merk RJ London juga ada (itu yg kaleng putih), beda dengan Hi Temp biasa, yang ini hi temp plus anti rust...harga 45ribuan kalau gak salah dan lihatnya di Depo Bangunan.

Nusa Siaga
08-27-2007, 01:20 PM
Ayo Bro2 sekalian yang sudah nyobain ngecat knalpot pake cat anti panas, baik yg dari Ace Hardware atau yg dari Depo Bangunan, tolong kasih testimoninya donk....
gimana hasilnya? apakah knalpot kudu di amplas dulu? atau bisa cuma di bersihin saja tanpa di amplas?
mohon infonya donk...
Terimakasih.

PRANANDA
08-28-2007, 03:26 PM
Dari pengalaman saya,
Pilih cat yang sesuai dengan kondisi knalpot mis: temperatur, ketahanan, dll.

Pertama,Knalpot lebih baik di copot dulu dari motornya agar pengerjaan jadi lebih gampang dan baik hasilnya. jadi jangan di todong ya,...

Kedua, sebaiknya di amplas untuk menghilangkan karat dan bersihkan permukaan yang akan di cat. Untuk knalpot yang sudah tua harap hati-hati mungkin sudah menipis bahannya.

Ketiga, pengecetan silahkan ikuti instruksi yang ada di kemasan.

Keempat, jangan buru-buru di pasang.... tunggu sampai benar-benar kering (24 Jam) Lihat instruksi pemakaian lagi...

Kelima, pasang kembali knalpot.

silahkan tersenyum....

muke_gile
10-25-2007, 02:20 PM
Mohon infonya ...acehardware mana dijakarta yg jual catnya..udah coba di puri & di pluit..tapi ngga ada ya...baru 4 bulan SR gue udah mulai berkarat...emang dasar rumah di deket laut...cepet banget karatannya..untung orangnnya ngga karatan.. :D :D

ressanda
10-25-2007, 04:22 PM
Mohon infonya ...acehardware mana dijakarta yg jual catnya..udah coba di puri & di pluit..tapi ngga ada ya...baru 4 bulan SR gue udah mulai berkarat...emang dasar rumah di deket laut...cepet banget karatannya..untung orangnnya ngga karatan.. :D :D

harusnya di semua ace ada, karena merk cat nya sendiri ace (in house product) cari di bagian cat kaleng, ini utk ngecat grill (panggangan daging) yg notabene kan panas abis tuh...

Riza
10-25-2007, 05:33 PM
Temen Kymco Jogja, yg pakai LX, mengecat knalpotnya pakai tinta refill spidol marker, warnanya hitem banget.

muke_gile
10-25-2007, 06:18 PM
Mohon infonya ...acehardware mana dijakarta yg jual catnya..udah coba di puri & di pluit..tapi ngga ada ya...baru 4 bulan SR gue udah mulai berkarat...emang dasar rumah di deket laut...cepet banget karatannya..untung orangnnya ngga karatan.. :D :D

harusnya di semua ace ada, karena merk cat nya sendiri ace (in house product) cari di bagian cat kaleng, ini utk ngecat grill (panggangan daging) yg notabene kan panas abis tuh...
Oh...bagian cat kaleng ya...gue carinya dibagian cat semprot..pantes ngga ada..trims bro...

muke_gile
10-25-2007, 06:25 PM
Temen Kymco Jogja, yg pakai LX, mengecat knalpotnya pakai tinta refill spidol marker, warnanya hitem banget.
Tahan lama ngga bro...

kymcokulari
10-29-2007, 09:08 PM
Temen Kymco Jogja, yg pakai LX, mengecat knalpotnya pakai tinta refill spidol marker, warnanya hitem banget.
Tahan lama ngga bro...Hitamnya mengkilap atau dof? Kalau dof dan awet boleh juga tuch...karena dibandingkan cat semprot pastinya lebih tipis dan masuk ke pori2 besinya...

Riza
10-30-2007, 06:11 AM
karena dasarannya doff maka warnanya juga doff, tapi lebih hitam.
Bener masuk ke pori-pori.
Tapi kalau untuk leher yang nyambung ke mesin juga tidak sempurna banget, artinya tidak bisa tahan panas banget, kukira setara lah dengan cat tahan panas lainnya.

muke_gile
10-30-2007, 01:05 PM
fungsinya sama ya kaya cat yg tahan panas...

Riza
10-30-2007, 02:24 PM
Ya begitulah, ketimbang beli spidol banyak, cukup pakai refillnya saja.

kymcokulari
10-31-2007, 07:58 PM
Kalau mau iseng supaya tidak mudah kena karat sebelum di cat pakaikan dulu zinc chromat (biasa dijual di toko material bahan bangunan atau toko cat). Dijual di kaleng kecil, harga sekitar 5000-7500 perak. Penggunaan dikuaskan saja. Warnanya kehijauan...biasa kita lihat di pagar rumah atau tutup bak sampah. Fungsinya menutup pori pori supaya tidak mudah kena oksidasi (karat). Hanya masalahnya si zinc chromat ini tidak tahan panas...tapi lumayanlah untuk beberapa saat.

By You
02-21-2008, 09:56 AM
Gak sengaja nemu cat semprot untuk knalpot versi murah meriah, dah sebulan belum berubah warna, tetap hitam kelam.
Kalo untuk leher knalpot, gak kuat lama.
Tapi yang penting tabung knalpot jadi gak bule.
merk : star, rp.25k.
Salam

johanesbrain
12-15-2008, 10:34 AM
Pernah baca di M-Plus, ada cat kaleng semprot khusus untuk knalpot.namanya Aerox..harganya 80rb dan sudah teruji tahan panas... ada yang pernah coba?..

Aerox/Cargloss recomended kok! Walau Cargloss buat motor Merk Y tapi buat K juga gpp kan? Setuju kah kalian-kalian???

nu6i3s
12-15-2008, 12:05 PM
Ya begitulah, ketimbang beli spidol banyak, cukup pakai refillnya saja.

Klo refill spidol marker bisa beli dimana?

Riza
12-15-2008, 01:33 PM
Hahah... toko buku donks :cool:

susantoliu
12-24-2008, 10:05 AM
Solusi terbaik di Chrom aj.
-Lebih tahan panas dari cat.
-Anti karat.
-Di leher knalport jg tahan panas, paling cuma agak menguning, tp chromnya tidak lepas n tetap melindungi dari karat.

redface
12-24-2008, 10:50 AM
Solusi terbaik di Chrom aj.
-Lebih tahan panas dari cat.
-Anti karat.
-Di leher knalport jg tahan panas, paling cuma agak menguning, tp chromnya tidak lepas n tetap melindungi dari karat.

Cuma chrome ada side effect walau gak parah,..yakni pelepasan panas jadi kurang maksimal karena pori2 knalpot bener2 ketutup..CMIIW

Riza
12-24-2008, 11:46 AM
Menurut saya sih chrome justru perawatannya menyusahkan, motor sebelumnya full chrome dan dislep habis mesinnya (aselinya memang slepan mengkilap), tapi untuk mempertahankan jangka panjang capek deh, lama-lama kita diperbudak oleh tunggangan kita, kan jadi terbalik, makanya saya pilih Kymco Trend 2000, Dink karena hampir 100% tidak ada chromenya.
Buat saya yg penting semua berjalan properly dan efisien, masalah rupa itu nomor dua, bahkan sudah terkena virus tidak cuci motor :D
Karena dicuci memang bisa membersihkan, tetapi air bekas cuci motor kalau tidak dikeringkan akan mengundang karat, terutama karat yang menyerang rem.
Pastikan kalau habis dicuci dipakai motornya paling tidak sejauh 3 km lebih.

liberong
01-03-2009, 05:23 PM
dear seniors...

blok yg dibawah CVT libero saya ketetesan air aki, jadinya catnya mengelupas, jd agak kesal juga ngeliatnya, jd rencana saya mau tukar aki dgn aki kering supaya gak ketetesan lagi, menurut para seniors gmn?
dan saya mau cat ulang blok yg ketetesan air aki tsb, kira2 mahal gak ya?
kalo ada rekomendasi tempat ngesat yg bagus boleh juga tuh..

thank u sebelumnya.

kymcokulari
01-03-2009, 05:35 PM
Ganti aki kering sudah tepat tuh :D Harganya tidak jauh lebih mahal juga kok...
Yang ketetesan blok apa tepatnya? Blok mesin atau cover CVT (kiri samping belakang) atau bodi motornya?

liberong
01-06-2009, 01:40 PM
yg kena bawahnya blok CVT bro, warna abu2 (catnya ngelupas) jd jelek ngelihatnya, pengen cepet2 di cat ulang,cat di mana ya?, kira2 brp biayanya?

denmas
01-06-2009, 01:48 PM
beli aja HI-Temp Paint Spray yang di jual di ACE.........tinggal pilih mau warna apa.....sukur-sukur ada yang berfluoresence.........jadinya nyala............jreng

nu6i3s
01-06-2009, 04:05 PM
Ya begitulah, ketimbang beli spidol banyak, cukup pakai refillnya saja.
sudah tak praktekkan, dicat pk refill snowman marker hasilnya memang hitam-njanges- tapi ya itu klo mtr sdh jalan/panas, warna knalpot kembali spt semula:(, abu2.. hitamnya luntur
beli aja HI-Temp Paint Spray yang di jual di ACE.........tinggal pilih mau warna apa.....sukur-sukur ada yang berfluoresence.........jadinya nyala............jreng
Klo cat fluoresence memang ada juga yg warna abu2? Kirain cuma warna merah/pink

liberong
01-07-2009, 04:11 PM
blok itu bs dilepas sendiri kan?
terus terang saya awam bgt.

kymcokulari
01-07-2009, 11:47 PM
blok itu bs dilepas sendiri kan?
terus terang saya awam bgt.
Bisa kok...pakai kunci T dgn ukuran 8. Baik juga kalau mau dikoleksi, siapa tau iseng dirumah bersih2 daleman CVT dan belt.
Dari awam lama lama akan mahir kok :D

omjack
01-08-2009, 01:05 PM
Trend 2000 ane dah bulukan & pada ngelupas cat body bagian bawahnya maklum beli sekenan, tak kulitin aja sekalian rencana mo dicat ulang.
tanya : - sebaiknya ngulitinnya sampe abis epoxinya atw jangan, apakah bagus ngecat pada permukaan epoxi yg lama, bagusan mana ngecat pake kompresor n cat oplosan vs cat semprot kalengan macem RJ london, adakah perbedaan yg signifikan keawetan cat oplosan vs cat semprot kalengan tsb, warna glossy vs dof lebih awet mana? merk cat yg recomended ? mohon advisenya?

eazycomeneazygo
01-08-2009, 01:47 PM
^ waks ! apaan neh !? << Om Momod, yg ini sekalian di delete dong, tadi cuma kaget liat ada spam. biar nggak bingung sama posted diatasnya.

Untung siaga selalu yah, jadi spamnya udah ilang.

omjack
01-09-2009, 08:25 AM
Weleh dah sehari koq ga ada ya yg merespon:confused: lagi pada sibuk kali ye...., please mas bro semua mohon advisenya

omjack
01-09-2009, 04:31 PM
Mas riza kemana ya :confused:, atw den mase koq hari ini ga ada yg posting di thread ini:sad:

liberong
01-09-2009, 04:38 PM
Weleh dah sehari koq ga ada ya yg merespon:confused: lagi pada sibuk kali ye...., please mas bro semua mohon advisenya

gak lebih baik diserahkan sama ahlinya bro..., mksdnya di bawa ke tukang cat aja, biar lebih bagus hasilnya. tapi saya sendiri belum dapaet rekomendasi tempat dari para seniors nih..

omjack
01-09-2009, 04:48 PM
penginya gitu aja biar praktis ga repot repot tapi dana lagi cekak bro, maksud ane sih mo dikerjain sendiri aja biar irit n apapun hasilnya lebih puas klo dg hasil kerja sendiri. Peralatan tinggal pinjem temen cuman teknisnya aja nih yg masih belum tau

kymcokulari
01-09-2009, 06:26 PM
cat semprot kalengan kan cat dan vernis nya nyampur, sedangkan kalau pakai kompresor di cat dulu baru di vernis...jelas lebih kuat pakai kompresor karena lebih meresap ke permukaan yg di cat karena butiran yg disemprotnya lebih halus (asal campuran thinner vs cat tepat).

redface
01-09-2009, 11:24 PM
penginya gitu aja biar praktis ga repot repot tapi dana lagi cekak bro, maksud ane sih mo dikerjain sendiri aja biar irit n apapun hasilnya lebih puas klo dg hasil kerja sendiri. Peralatan tinggal pinjem temen cuman teknisnya aja nih yg masih belum tau

Di toko penjualan aksesoris motor dan di toko bangunan saya pernah liat cat HI-TEMP merek RJ London murah cuma 20 rb - an

tadi sore malah saya ada liat cat flourescent warna merah pula (nggak usah ke ace hardware lage neh) murah juga 15rb

silahkan mencoba,..good luck

omjack
01-10-2009, 10:39 AM
Thanks bro atas infonya, tapi menurut pengalaman mas bro qualitasnya gimana tuh cat ane belum pernah coba masalahnya nih? sayang kan dah capek ngamplas tapi catnya ga bertahan lama?:???:

redface
01-10-2009, 11:37 AM
Thanks bro atas infonya, tapi menurut pengalaman mas bro qualitasnya gimana tuh cat ane belum pernah coba masalahnya nih? sayang kan dah capek ngamplas tapi catnya ga bertahan lama?:???:

Wah maaf bgt nih sepanjang karier jd biker belum pernah sekalipun cat knalpot,jg sy nggak tau produk ini kualitas nya gmn ,...mungkin omjack bs coba dan share di forum,..namanya jg tujuan forum kan untuk sharing pengetahuan,.yg kebetulan tau ya silahkan berkontribusi..

omjack
01-10-2009, 12:50 PM
Maaf bro yang sedang ane tanyakan cat body bukan kenalpot, klo kenalpot memang agak sulit karena panas, ni trend 2000 ane dah siap utk dicat dah diamplas sampe alus tinggal action aja tapi masih kurang info nih mengenai cat:???: mohon sharing pengetahuannya

redface
01-10-2009, 04:06 PM
Maaf bro yang sedang ane tanyakan cat body bukan kenalpot, klo kenalpot memang agak sulit karena panas, ni trend 2000 ane dah siap utk dicat dah diamplas sampe alus tinggal action aja tapi masih kurang info nih mengenai cat:???: mohon sharing pengetahuannya

Oh maaf saya kurang teliti,..ini thread mengecat knalpot saya kira masih 1 topik,..setelah baca lebih lanjut memang nanyanya cat body,..

kalau cat body ada harga ada kualitas menurut saya,..biasanya denger2 Spies hecker untuk kualitas cat bagus banyak yang rekomendasi,..cuma katanya harganya lumayan,..

nggak tau harga terakhir berapa,..

kalau mau puas jangan tanggung2 deh..