PDA

View Full Version : Oli mesin mobil 10rb km ganti mengapa tidak boleh


Riza
04-12-2007, 07:46 AM
Menurut jawaban Honda Prospect Motor melalui milis tetangga:

Terima kasih atas kesetiaan Bapak telah menggunakan HONDA dan melakukan service rutin di dealer resmi kami.

Sehubungan dengan complaint yang disampaikan oleh Bapak melalui email berkaitan dengan masalah pemakaian oli syntetic yang tiap 5000 km harus ganti oli, sementara produsen mobil lainnya (T******A) berani sampai dengan 10,000 km setiap ganti oli, padahal merek oli tersebut kalah dari Mobil 1 atau merek terkenal lainnya.



Perlu kami jelaskan disini bahwa penjelasan dari Honda Fatmawati sudah benar, yaitu bahwa :oli syntetic yang dipasarkan di Indonesia tentu sudah sesuai dengan spesifikasi internasional yang berlaku (Mobil 1, shell dsb).

Yang menjadi permasalahan adalah kualitas bahan bakar yang digunakan di Indonesia, kualitas air & kualitas udara sangat berpengaruh terhadap durability / kemampuan dari oli tersebut.



Seperti kita ketahui kualitas udara di Indonesia memiliki kelembaban yang tinggi, kualitas air yang keasamannya tinggi sehingga bisa menimbulkan karat

dan bahan bakar yang masih mengandung timbal.Sehingga dapat berdampak pada ketahanan oli pada saat digunakan pada pelumasan engine.



Peraturan warranty masih menggunakan 5000 KM atau 3 bulan mana yang tercapai terlebih dahulu, sehingga perawatan berkala juga harus sesuai dengan peraturan garansi HPM.



Demikian informasi yang kami sampaikan. Atas perhatian dan kerjasamanya, Kami ucapkan terima kasih.



Hormat kami


Customer Relation Department
Marketing Div.
PT. Honda Prospect Motor
Indonesia

ai_zeus
04-12-2007, 10:16 AM
Baca artikel ini:
http://neptune.spacebears.com/cars/stories/mobil1.html
http://neptune.spacebears.com/cars/stories/amsoil.html

fachrevi
04-12-2007, 02:18 PM
Walaupun gak ganti tapi menurut aku sih setiap 1000-2000 km mesti ditambah olinya akibat penguapan. Jangan sampai nunggu 10.000 km baru dicek, ternyata sisanya kurang dari 300 ml gimana ?

Sama halnya dengan aki kering, banyak yang bilang kurang cocok dengan iklim tropis yang ekstrim di Indonesia contohnya, jakarta.
Memang keuntungannya kita gak mesti repot untuk tambah air aki secara berkala, tapi ingat setiap penguapan yang keluar dari katup aki kering membuat kotak aki "menciut atau mengerut atau kempot" pokoknya kayak gitu deh, dan ini berdampak pada umur aki tersebut. Sorry OOT...

TheBlackDevil
04-12-2007, 06:37 PM
Walaupun gak ganti tapi menurut aku sih setiap 1000-2000 km mesti ditambah olinya akibat penguapan. Jangan sampai nunggu 10.000 km baru dicek, ternyata sisanya kurang dari 300 ml gimana ?


Saya rasa oli yang berkualitas (mahal?) sudah memikirkan mengenai penguapan, saya pakai Mobil1 ganti di kilometer ke 5500 tidak kentara penguapannya alias sedikit sekali, hingga tidak pelu nambahin oli... kecuali mesinnya sudah ada masalah ya ?

Riza
04-13-2007, 07:45 AM
Menurut pengetahuanku jika kompresi mesin masih bagus, oli berkurang bisa juga karena cara pemakaian.
Pemakaian oli mesin di Indonesia sebaiknya tidak terlalu panjang tripnya, selain kondisi cuaca, juga kondisi lalulintas sudah terlalu padat, perlu rapid style.
Kukira untuk motor beroli kurang dari 1 liter baiknya paling lambat diganti oli 3000 km saja apapun olinya. Mungkin 5000 km ganti sih bisa jadi utk jangka pendek tidak apa-apa, tapi untuk jangka panjang masih aku ragukan.
Terus terang Binter Merzy yang udah aku pakai selama 23 tahun blm pernah skir klep sekalipun, 1500 km ganti oli, tentu dengan oli kualitas pada jaman itu.

TheBlackDevil
04-13-2007, 08:23 AM
Menurut pengetahuanku jika kompresi mesin masih bagus, oli berkurang bisa juga karena cara pemakaian.
Pemakaian oli mesin di Indonesia sebaiknya tidak terlalu panjang tripnya, selain kondisi cuaca, juga kondisi lalulintas sudah terlalu padat, perlu rapid style.
Kukira untuk motor beroli kurang dari 1 liter baiknya paling lambat diganti oli 3000 km saja apapun olinya. Mungkin 5000 km ganti sih bisa jadi utk jangka pendek tidak apa-apa, tapi untuk jangka panjang masih aku ragukan.
Terus terang Binter Merzy yang udah aku pakai selama 23 tahun blm pernah skir klep sekalipun, 1500 km ganti oli, tentu dengan oli kualitas pada jaman itu.Mas Riza, maksud "Mungkin 5000 km ganti sih bisa jadi utk jangka pendek tidak apa-apa" apa ya? mohon pencerahan...

huda
04-13-2007, 08:40 AM
Menurut pengetahuanku jika kompresi mesin masih bagus, oli berkurang bisa juga karena cara pemakaian.
Pemakaian oli mesin di Indonesia sebaiknya tidak terlalu panjang tripnya, selain kondisi cuaca, juga kondisi lalulintas sudah terlalu padat, perlu rapid style.
Kukira untuk motor beroli kurang dari 1 liter baiknya paling lambat diganti oli 3000 km saja apapun olinya. Mungkin 5000 km ganti sih bisa jadi utk jangka pendek tidak apa-apa, tapi untuk jangka panjang masih aku ragukan.
Terus terang Binter Merzy yang udah aku pakai selama 23 tahun blm pernah skir klep sekalipun, 1500 km ganti oli, tentu dengan oli kualitas pada jaman itu.

Mas Riza, untuk informasi saja kalo vario standar ganti olinya itu di kelipatan 4000 km lho .. btw, kalo kymco or matic lainnya standarnya di brp yah?


:?

TheBlackDevil
04-13-2007, 08:54 AM
maksimal 2000 kilometer mas, atau ketika indikator oli menjadi warna merah

aria
04-13-2007, 09:18 AM
masalahnya di vario indikator olinya gak nyala2 tuh. lebih tepatnya... gak ada display indikator oli di panel speedo maupun di batang pengukur kadar oli.

huda
04-13-2007, 09:41 AM
masalahnya di vario indikator olinya gak nyala2 tuh. lebih tepatnya... gak ada display indikator oli di panel speedo maupun di batang pengukur kadar oli.

kang Aria, kalo di kymco ada .. bisa gak ya 'ditempel' ke vario? :?

aria
04-13-2007, 09:43 AM
yah itu ntar dulu, brur. saya jg kepingin, tapi harus lebih cermat sama dompet nih. jadi mending kita hunting aja dulu barangnya yg kira2 efektif dan efisien (ga kemahalan maksudnya).

ranggasantika
04-13-2007, 09:54 AM
masalahnya di vario indikator olinya gak nyala2 tuh. lebih tepatnya... gak ada display indikator oli di panel speedo maupun di batang pengukur kadar oli.

kang Aria, kalo di kymco ada .. bisa gak ya 'ditempel' ke vario? :?

saya rasa bisa aja deh, soalnya indikator tersebut hanya berdasarkan jarak tempuh...
dari hijau ke kuning itu 1000 km,
dari kuning ke merah itu 1000 km...

so 2000 km setelah penggantian oli maka indikator pun akan berubah jadi merah,
kecuali bila ada masalah dengan speedo/kabel speedo-nya..

Riza
04-13-2007, 10:07 AM
Kalau aku sih sepedamotor max 2000 km, apapun merk olinya.
Kalau lebih saya belum berani lebih dari 2000 km.
Kalau ada yang punya testimoni mohon infonya, supaya saya berani ga ganti oli sampai lebih dari 2000 km.
Cuaca di Indonesia lebih jelek daripada cuaca di negeri pembikin Kymco. Kelembaban dan suhu udaranya itu lho. Mungkin di tempat yang lebih dingin dan kering, misalnya Bandung bisa tuh berani lebih dari 2000 km baru ganti oli.

Riza
04-13-2007, 10:14 AM
Saya punya testimoni temen dari Belanda kelahiran Suriname, dia pakai Opel ganti oli tiap 20rb km. Maklum jalannya keluar rumah langsung highway, jalannya pun max 110 km/jam, traffic tidak rapid spt di Indonesia, tentu lebih banyak pakai gigi overdrive (gigi 5) daripada gigi rendah lainnya, ngerempun bisa dihitung dengan jari ketika berangkat dari rumah ke kantornya, aku yakin kalau kondisi itu ada di Indonesia ganti oli 20rb km sekali is okay. Mobilnya Opel bikinan tahun 1993, sekarang masih dipakai.
Dia kerja di KLM (eh bukan KLMI lho :-P ) bagian perawatan pesawat terbang, dia pakai oli ambil (beli?) dari kantornya, tentu oli buat pesawat-pesawat jet.

ranggasantika
04-13-2007, 10:40 AM
ada sedikit pertanyaan yang ingin saya utarakan,
kita asumsikan posisi penggantian oli per 2000 km saja dengan penggunaan oli yang sama (mis: oli ijo kymco) agar lebih mudah...

bagaimana perbandingan motor yang pemakaiannya hanya untuk aktivitas sehari-hari ( rumah-kantor; + sedikit jalan2 dalam kota dengan keluarga di akhir pekan ) dengan motor yang pemakaiannya sering touring ataupun jarak jauh ?

dalam hal ini tentu saja yang jarak jauh akan lebih cepat mengalami pergantian oli karena 2000 km akan digapai dalam jangka waktu yang tidak terlalu lama di bandingkan yang untuk harian.

yang ingin saya tanyakan;
1. apakah kualitas/kuantitas oli di akhir ( di km 2000 ) pada kedua motor tersebut akan sama?
2. kalo berbeda, apakah sebaiknya yang mengalami penurunan kualitas/kuantitas oli di akhir lebih baik diganti oli-nya di km sebelum 2000 ?
3. bagaimana halnya dengan "penguapan" ? apakah cukup hanya dengan menambahkan saja ?

maaf bila banyak sekali pertanyaan...
mohon pencerahannya...

salam

Riza
04-13-2007, 03:29 PM
Kalau yg sering jarak jauh tentu akan lebih hitam dan tentu pula kuantitasnya berkurang karena penguapan juga akibat sering redline.
Kukira 2000 km is the best time to change, baik untuk motor sering jarak jauh maupun jarak dekat. Kendaraan yang selalu jarak dekat dalam literatur Toyota = medan berat, karena mungkin sudah lebih dari 6 bulan belum mencapai 2000 km.
Medan ideal spt testimoni temenku di Belanda di atas. Lebih ideal lagi kendaraan begitu start langsung jalan, akselerasi sekali dan sekali deselerasi kemudian berhenti sekali, tanpa maju mundur untuk parkir. Mungkin ini bisa tercapai kalau bisa bikin jalan pribadi, tidah traffic sharing dg orang lain. Spt iklannya Fortuner :mrgreen:
Untuk mesin-mesin traktor, bego, dll mesin berat mrk tidak menghiraukan jarak tempuh, tapi waktu berapa lama mesin itu hidup, biasanya dalam satuan jam.
Kalau oli di bawah garis maksimal tentu baiknya ditambahin supaya sampai garis max, kalau udah mendekati 2000 km, ganti oli.. Pastikan juga jangan terlalu banyak, melebihi garis max. Untuk Trend 2000 ganti oli cukup 800cc.

fachrevi
04-13-2007, 05:40 PM
Berikut referensi tentang memilih pelumas yang baik dan benar. http://www.mail-archive.com/jamaah@arroyyan.com/msg01987.html

kesimpulannya :
Jadi untuk mesin yang diproduksi tahun 2001 keatas disarankan sudah
menggunakan oli yang bertipe synthetic baik semi synthetic (campuran dengan
mineral oil) atau fully-synthetic.

Note: Kalau untuk pemakaian sehari-hari cukup yang semi synthetic.

Pada intinya milih oli hampir sama dengan milih bini (cocok2an) tapi ada
garis besarnya yang bisa di-ikuti :
Disarankan jangan menggunakan oli untuk mobil ke motor anda sebab ada
bahan di-oli mobil yang harus dikurangi bahkan dihilangkan tetapi di motor
harus agak banyak untuk meredam gesekan karena putaran mesin motor lebih
tinggi dan lebih berat kerjanya.
Motor tahun 2001 keatas disarankan menggunakan Oli API SG keatas misal API
SH/SJ atau SL. SAE bisa 20w50 atau 10w40. Usahakan yang Semi Sintetik karena
lebih licin sehingga bisa masuk kecelah2 metal mesin yang sempit dan tahan
oksidasi sehingga kualitas oli tidak gampang rusak dan mesin jadi lebih
bersih dan tentunya tarikan jadi lebih mantap.

Nusa Siaga
08-26-2007, 05:34 PM
Bro Fachrevi,
di motor Kymco bukannya pada pakai oli mobil?
kalau baca2 di forum ini, oli2 bagus yang disarankan untuk dipakai di Kymco kita adalah oli mobil semua.
Gimana menurut bro Fachrevi?

Riza
08-26-2007, 06:20 PM
Menurut saya oli motor oli yang ada formula khusus supaya kopling tidak slip, karena motor pada umumnya koplingnya terbasahi oli mesin, beda dengan skutik yang pakai kopling kering, tentu teknologi itu akan mengurangi daya lumasnya.
CMIIW.

Nusa Siaga
08-26-2007, 06:35 PM
Oooo begitu Mas Riza,
jadi saran temen2 yang sudah pakai oli untuk mobil dan di aplikasikan di Kymco kita malah bikin motor kita jadi lebih bagus....

Riza
08-26-2007, 07:07 PM
Yups begitulah, kalau oli mesin yang mutakhir buat motor biasa memang bisa slip kampas koplingnya, jadi kurang bagus. Buat skutik tuang oli terbaik menurut yang Anda ketahui dan sesuai budget :mrgreen:
Tapi saya pribadi tidak setuju diganti oli mahal lantas memaksakan harus ganti oli tiap 10rb km :roll:

Nusa Siaga
08-26-2007, 07:20 PM
Setujuh, sembilan, sepuluh, sebelas (Maksudnya lebih dari setuju...)
iya betul Mas Riza, pakai oli bagus tetep aja harus ganti olinya tiap 2.000 km, kalau menurut saya sih karena kondisi jalanan Jakarta yang SELALU Stop&Go, jadi gak tega kalau musti lebih dari 2.000 km.
Tapi ada juga yg berpendapat kalau pakai oli bagus, bisa ganti setelah 5.000 km, bisa ngirit buka pasang tutup oli, jadi ulirnya gak cepet kemakan/dol.
Gimana menurut temens?
(temens= temen-temen)

ade76
08-27-2007, 09:08 AM
itulah untungnya pake motor matic...karena kopling nya kering, kita bisa mengisi oli mesin dengan oli yang paten punya mulai dari yng SAE nya rendah, karena ngk takut akan selip tuh kopling.......
dan kalau pergantian oli menurut saya mending sesuai petunjuk buku aja karena biarpun dari olinya menjamin bisa lebih dari 2000, tapi daya lumasnya pasti dah berkurang....kalau ganti sesuai petunjuk buku kan mesin jadi seperti baru...

mPy
08-27-2007, 12:07 PM
Tapi ada juga yg berpendapat kalau pakai oli bagus, bisa ganti setelah 5.000 km, bisa ngirit buka pasang tutup oli, jadi ulirnya gak cepet kemakan/dol.
Gimana menurut temens?
(temens= temen-temen)
asal nutup-nya pake aturan gak bakalan bikin drat jebol......kecuali ngencenginnya di tendang pake kaki...... :D

Nusa Siaga
08-27-2007, 01:48 PM
Yah betul Bro mPy,
kalau nutup nya bener (gak kekencengan) berarti drat nya sehat2 saja kan?
ok kalau begitu kayanya mendingan nyari oli bagus yg 50rb an perliter dan ganti tiap 2.000 km.